Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Setting TV Digital Polytron, Bisa Tanpa Set top Box!

Jendelatv.com - Cara setting TV digital Polytron harus dilakukan dengan langkah-langkah yang benar agar siaran TV digital yang didapatkan bisa lebih banyak dan stabil. Hal ini berlaku untuk TV Polytron yang sudah digital ataupun TV Polytron yang masih menggunakan set top box DVB-T2.

Sebagian besar TV LED Polytron sudah memiliki kemampuan untuk mendukung siaran TV digital DVB-T2 tanpa set top box. Namun jika memang tidak support, anda bisa menggunakan alat bantuan agar bisa menangkap sinyal TV digital, yaitu set top box DVB-T2 yang saat ini sudah tersedia banyak dipasaran.

Bagi Anda yang sudah memiliki TV digital Polytron, maka hanya perlu melakukan langkah sederhana untuk scan ulang TV digital Polytron tanpa set top box agar bisa mendapatkan siaran TV digital. Panduan dibawah ini bisa dicoba untuk semua model TV Polytron, khususnya yang sudah digital DVB-T2.

Cara Setting TV Digital Polytron Tanpa Set top Box



cara setting tv digital polytron

1. Pastikan TV Polytron Anda Mendukung Siaran Digital DVB-T2


Pertama-tama anda perlu memastikan perangkat TV anda mendukung Saluran Digital. Jika tidak, mau disetting bagaimanapun anda tetap tidak akan bisa mengakses Saluran digital jika tidak menggunakan perangkat pembantu yaitu DVB-T2.

Anda bisa mencari keterangannya di box tv anda sebelumnya dikemas, atau di buku manual yang biasanya dikemas bersama TV. Jika keduanya sudah tidak ada, anda bisa memeriksanya di internet sesuai dengan versi TV Digital Polytron yang anda miliki. Ini adalah cara pertama setting tv digital polytron.

2. Buka Menu Pengaturan TV


Setelah memahami spesifikasi Televisi yang anda miliki, langkah berikutnya adalah membuka menu [Pengaturan] yang ada di dalam Televisi anda. Masuk ke menu pengaturan dengan kontrol dari remote untuk memerintahkan TV mencari Sinyal TV Digital.

Pada umumnya, logo untuk pengaturan adalah gambar gerigi roda. Tekan menu tersebut, kemudian arahkan pada submenu [Program] atau Programs. Cara setting tv digital Polytron ini dimulai setelah anda bisa mengakses pengaturan di dalam Televisi Digital anda.

3. Perintahkan TV untuk Mencari Sinyal Digital


Langkah berikutnya adalah memerintahkan TV anda untuk mencari sinyal Televisi Digital dari dalam pengaturan anda. Disarankan untuk mencari secara [Otomatis] saja, sehingga hasil yang didapatkan bisa maksimal, dan tidak pusing untuk setting ini itu.

Selanjutnya anda bisa memilih [Antena TV] jika menggunakan penangkap TV berupa Antena. Namun jika anda menggunakan DVBT2, yang perlu anda pilih adalah menu [Cable]. Terakhir untuk set box tv digital polytron langkah ini, anda hanya perlu menekan [Start] sehingga proses pencarian bisa dilakukan.

4. Menunggu Televisi Menangkap Sinyal


Centang pada opsi [Digital Only Tuning] jika anda menghendaki untuk hanya mencari sinyal dari saluran TV Digital. Anda hanya perlu menunggu beberapa saat agar Televisi Polytron anda selesai mencari sinyal dan menangkap sinyal Saluran TV Digital.

Cara Setting tv digital Polytron yang langkah ini membutuhkan kesabaran. Karena anda hanya bisa menunggu tanpa bisa melakukan apapun sampai hasil dari pencarian Televisi anda ditampilkan.

Hasil pencarian yang dilakukan televisi polytron akan ditampilkan di layar televsi anda, dan anda bisa memilihnya. Simbol DTV yang ada di layar menunjukkan jumlah hasil yang ditemukan. Tunggu sampai proses pencarian benar-benar selesai, sehingga anda mendapatkan hasil pencarian yang maksimal.

5. Sambungkan TV Dengan Saluran Digital


Langkah Terakhir cara set TV Digital Polytron setelah TV Polytron menangkap saluran Digital, anda hanya perlu mengeksekusi untuk memerintahkan TV anda menyambungkan diri dengan saluran digital yang ditemukannya. 

Ini adalah langkah terakhir yang memerlukan perintah, dan anda bisa menunggu sampai proses pemasangan selesai. Ketika sudah selesai, anda bisa menikmati layanan TV Digital dari Televisi polytron yang baru saja anda miliki. 

Cara Setting TV Digital Polytron dengan Set top Box


Jika ternyata TV Polytron Anda belum mendukung siaran TV digital, maka harus memasang set top box DVB-T2. Untuk tutorial pemasangannya tidaklah rumit, ikuti saja langkah-langkah berikut ini:
  • Siapkan set top box DVB-T2.
  • Hubungkan set top box ke TV menggunakan kabel RCA atau HDMI.
  • Colokkan jack antena ke port antena yang ada di set top box.
  • Nyalakan TV.
  • Tekan tombol [Source/Input] diremote TV, lalu ubah mode TV menjadi AV atau HDMI sesuai dengan bagaimana cara Anda menghubungkan STB ke TV.
  • Setelah itu, nyalakan set top box.
  • Jika tampilan awal set top box sudah muncul dilayar TV, maka Anda harus memilih jenis bahasa, memasukkan kode pos, lalu mulai mencari siaran TV digital.
  • Tunggu proses scan siaran TV digital sampai selesai.

Penyebab TV Polytron Tidak Bisa Menangkap Siaran Digital


Namun terkadang terdapat beberapa kendala yang membuat Televisi tidak mampu menangkap sinyal Saluran TV Digital, di antaranya :
  • Antena memiliki masalah atau sudah rusak
  • Posisi dari Antena kurang tepat
  • Antena berada di dalam rumah atau ruangan
  • Lokasi Terpelosok yang tidak menerima sinyal
  • Kondisi cuaca tidak bersahabat
  • Kemungkinan kerusakan di kabel antena
  • Booster yang anda gunakan bisa jadi mengalami kerusakan.

Itulah ulasan tentang cara setting TV Digital Polytron untuk referensi anda ketika hendak menggunakan TV Digital Polytron untuk pertama kalinya.

Lihat juga:

Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.