Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ada 6,7 Juta Set Top Box Gratis Dari Kominfo Siap Dibagian, Begini Cara Mendapatkannya

Jendelatv.com - Kini masyarakat dapat dengan mudah menangkap siaran TV digital saat siaran TV analog dihilangkan,KOMINFO (Kementrian Komunikasi dan Informatika) akan menyalurkan perangkat Set Top Box (STB) gratis TV digital kepada masyarakat.

Estimasi 6,7 juta STB gratis akan dibagikan kepada warga yang tak mampu yang terbagi kedalam tiga tahap sesuai proses Migrasi Tv analog ke digital.

Sampai saat ini,sebanyak 3.203.854 (3,2 juta) STB telah disediakan dan akan disalurkan ke 166 kabupaten/kota yang terkena ASO (Analog Switch Off) tahap satu ini.

Waktu pembagian Set Top box gratis TV digital telah ditetapkan oleh Kominfo dan MUX (Multipleksing) yaitu pada tanggal 15 Maret sampai 30 April 2022.

Distribusi STB gratis tersebut dilakukan secara door to door (Dari pintu kr pintu) penerima bantuan disaat bersamaan dilakukan verifikasi dan validasi data"kata Ismail (Plt Dirjen Kementrian Kominfo).

"Kami merencanakan set top box ini langsung dibawa dan divalidasi.kalau divalidasi lalu dibawa itu costnya bisa dua kali"ujar pak ismail

Siaran TV analog yang dihentikan akan dilakukan dengan tiga tahap,dimulai dari tahap 1 pada 30 April 2022 meliputi 56 wilayah dan mencangkup 166 kabupaten/kota. 

Lalu ASO tahap 2 pada tanggal 25 Agustus 2022 di 31 wilayah/daerah yang mencangkup 110 kabupaten/kota.Dan ASO Tahap 3 pada 2 November 2022 di 25 Wilayah/daerah mencangkup 63 Kabupaten/kota.

Syarat untuk Mendapatkan Set Top Box TV Digital Secara Gratis Dari Kominfo


cara mendapatkan set top box gratis dari kominfo

1. Rumah tangga yang tidak mampu (miskin) dengan TV analog dirumahnya dan nantinya setelah di digitalisasi penyiaran,mereka dapat merasakan pengalaman dengan siaran TV digital

2.Telah Tervalidasi dan Terverifikasi

Proses ini dilakukan oleh petugas kemudian validasi serta verifikasi penerima bantuan sesuai dengan data dari pemerintah.proses itu akan dicocokkan dengan KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan KK(Kartu Keluarga).

BACA JUGA: Cara Setting TV Digital Polytron dengan Mudah dan Praktis

Jika tidak sesuai dengan kriteria penerima bantuan,maka set top box gratis tersebut akan dikembalikan ke gudang.

Tapi jika sesuai dengan kriteria,maka petugas akan menyerahkan bantuan set top box gtatis TV digital juga melakukan instalasi perangkat tersebut ke TV analog penerima bantuan sampai berfungsi dengan baik.

"Setiap set top box ketika dihubungkan pertama kali ke televisi,itu akan keluar QR Code,ini cara validasi untuk meyakinkan agar bantuan tersebut diterima oleh orang tepat"kata pak ismail.

Mekanisme Penyaluran Set Top Box TV Digital Gratis Dari Kominfo


  • Pengiriman akan masuk ke lokasi di kabupaten/kota.Lalu masuk gudang penyelenggara pos/logistik di 341 kabupaten/kota
  • Rumah tangga tidak mampu(miskin) sebagai penerima set top box grartis TV digital.
  • Dilakukan verifikasi dan validasi data penerima bantuan oleh petugas dengan disertakan KTP,KK dan kepemilikan TV dirumah. jika tidak sesuai,maka STB gratis ini akan dikembalikan ke gudang.
  • Dilakukan serah terima oleh petugas dan penerima bantuan set top box TV digital,juga dilakukan instalasi perangkat.sampai beroperasi dengan baik.
  • Pemindaian QR Code oleh petugas melalui Whatsapp dilayar TV yang sudah diinstalasi dengan STB,lalu petugas akan menginput nama,KK/NIK,alamat,foto penerima bantuan dan KTP melalui whatsapp.
  • Berita acara serah terima kepada detikers yang sah dan dapat dipertanggungjwabkan akan disiapkan oleh petugas.

Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.