Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Setting TV Digital Sharp Aquos Tanpa STB

Cara setting TV digital Sharp Aquos bisa dilakukan tanpa set top box selama model TV Sharp Anda sudah didukung oleh DVB-T2 yang merupakan fitur untuk menangkap sinyal digital. Scan ulang siaran TV digital di TV Sharp juga bisa dilakukan secara otomatis dan manual sesuai kebutuhan.

Banyaknya siaran TV Digital yang ditangkap tergantung pada lokasinya, karena migrasi dari sinyal TV Analog ke digital belum sempurna, sehingga ada beberapa wilayah yang mungkin belum terjangkau sinyal digital. Namun walaupun begitu, Anda bisa dengan mudah mencari channel TV Digital di TV Sharp Aquos dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Cara Setting TV Digital Sharp Aquos


cara setting tv digital sharp aquos

Pada artikel kali ini, kami menggunakan Android TV Sharp Aquos tipe 2T-C42BG1I sebagai contoh, jadi Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan tipe TV Sharp Aquos yang Anda miliki. Berikut cara setting TV Digital Sharp Aquos yang benar:
  • Nyalakan TV Digital Sharp Aquos Anda.
  • Arahkan remot ke TV, kemudian tekan tombol [Input] diremot.
  • Pilih opsi [DTV] dengan menekan tombol [OK] atau [Enter] diremot.
  • Lalu tekan tombol [Tools] dan arahkan kebagian kanan sampai menu [Setelan/Setting].
  • Setelah masuk Setelan, pilih opsi [Saluran > Saluran > Pemindaian Saluran].
  • TV Sharp Aquos akan memulai pencarian channel TV Digital.
  • Tunggu hingga proses pencarian siaran TV Digital selesai.

Langkah diatas hanya bisa diterapkan pada TV Sharp Aquos yang sudah mendukung sinyal TV Digital yang biasanya tertera tulisan DVB-T2, sedangkan jika TV Sharp Aquos LED atau LCD Anda belum mendukung fitur DVB-T2, maka perlu membeli Set top Box agar bisa menikmati siaran TV Digital.

Mungkin Anda akan menemukan sedikit perbedaan tampilan dan posisi menu, hal ini wajar karena biasanya setiap tipe TV Sharp memiliki tampilan yang berbeda. Dengan mengikuti cara setting TV Digital Sharp Aquos diatas Anda bisa mendapatkan siaran TV Digital yang tersedia di wilayah Anda.

Kenapa Siaran TV Digital Sharp Aquos Sedikit?


Sudah mengikuti cara diatas namun hanya mendapatkan sedikit siaran atau bahkan tidak dapat sama sekali? Masalah ini seringkali dialami oleh beberapa orang yang baru saja melakukan pemindaian siaran TV digital di televisi mereka.

Untuk mendapatkan banyak siaran dengan stabil, kami selalu menyarankan untuk melakukan pemasangan antena dengan benar dan memilih antena jenis outdoor dibandingkan indoor.

Alasannya karena antena outdoor memiliki jangkauan yang lebih luas dan bisa dipasang dengan ketinggian yang maksimal. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa antena tidak bermasalah. Baik itu kabel atau jacknya.

Setelah itu, lakukan scan ulang siaran TV digital di TV Sharp Anda dan tunggu prosesnya sampai selesai. Jika siaran yang didapatkan masih sedikit, cobalah untuk mengubah posisi antena atau gunakan booster antena TV digital.

Kapan Harus Scan Ulang Siaran TV Digital Sharp?


Semenjak siaran analog dimatikan, Anda tidak bisa lagi menonton saluran TV jika belum melakukan scan ulang siaran TV digital di televisi Anda. Scan ulang hanya bisa dilakukan pada TV Sharp yang sudah digital saja.

Jadi pastikan terlebih dahulu apakah TV Sharp Anda sudah DVB-T2 atau belum. Cara paling mudah untuk mengetahuinya adalah dengan memeriksa spesifikasi dari model TV Sharp yang Anda gunakan saat ini, jika terdapat fitur DVB-T2 maka kemungkinan besar bisa mendapatkan siaran TV digital tanpa set top box.

Lihat juga:
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.