Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Set top Box Tidak Ada Sinyal? Berikut Solusinya

Kebanyakan pengguna baru STB bingung kenapa set top box tidak ada sinyal sehingga tidak bisa menangkap siaran TV digital, padahal antena sudah terpasang dengan benar. Masalah ini bisa terjadi pada STB Matrix, Welhome, Luby, Evercoss dan merk STB lainnya.

Setiap set top box TV digital sudah mendukung antena outdoor dan indoor untuk menjangkau sinyal TV digital terdekat. Namun terkadang walaupun antena sudah terpasang dengan benar tetapi Set top Box tidak dapat sinyal. Untuk mengatasi masalah ini, coba ikuti tutorial berikut:

Penyebab Kenapa Set top Box Tidak Ada Sinyal dan Solusinya



set top box tidak ada sinyal

1. Pastikan Daerah Sudah Dijangkau Sinyal TV Digital


Syarat utama agar bisa menikmati siaran TV digital dengan set top box adalah daerah Anda sudah terjangkau sinyal TV digital. Mengingat saat ini perkembangan sinyal TV digital belum sepenuhnya rampung, jadi masih ada beberapa daerah yang memang belum terjangkau sinyal TV digital.

Untuk memastikan apakah daerah Anda sudah terjangkau sinyal TV digital atau belum, kami sarankan untuk mengeceknya menggunakan aplikasi Sinyal TV Digital yang bisa di download melalui playstore.

Dengan bantuan aplikasi tersebut, Anda bisa mengetahui jarak pemancar sinyal terdekat sehingga bisa memastikan apakah daerah Anda sudah tercover sinyal TV digital atau belum dan bisa menjadi pertimbangan sebelum beralih ke set top box.

2. Gunakan Antena Outdoor


Sangat disarankan untuk menggunakan antena outdoor agar STB bisa menangkap sinyal TV digital secara maksimal, khususnya pada set top box dengan label DVB-T2. Sebenarnya bisa saja menggunakan antena indoor, tetapi pastikan lokasi Anda dekat dengan pemancar sinyal.

Alasannya karena antena indoor hanya dirancang untuk lokasi yang memang dekat dengan pemancar sinyal sehingga tetap bisa menangkap siaran TV walaupun antena diletakan dalam ruangan. Berbeda jika Anda tinggal dilokasi yang susah sinyal.


3. Periksa Kabel HDMI atau RCA


Terkadang penyebab kenapa set top box tidak ada sinyal adalah karena kabel HDMI atau RCA, ada beberapa kasus dimana STB bisa menangkap sinyal TV digital ketika menggunakan kabel RCA, namun setelah diganti dengan kabel HDMI, STB tidak ada sinyal, begitupun sebaliknya.

Pastikan kabel HDMI atau RCA terhubung dengan benar ke port yang ada di STB dan TV. Selain itu, terkadang ada kotoran yang mengganjal didalam port HDMI atau RCA. Jadi cobalah untuk membersihkannya terlebih dahulu.

Setelah itu tekan tombol [Source] diremot TV dan pilih opsi HDMI jika Anda menghubungkan STB ke TV menggunakan kabel HDMI. Jika berhasil terhubung maka akan muncul tampilan awal STB dilayar TV. Cara ini bisa dicoba jika STB tidak terdeteksi di TV.

4. Periksa Kondisi Antena


Bagaimana jika set top box masih tidak dapat sinyal? Anda bisa mencoba untuk memeriksa kondisi antena yang digunakan, baik itu kabelnya ataupun jack antena yang mungkin berkarat. Antena luar yang sudah lama digunakan tentu kualitasnya akan menurun dan akan ada banyak korosi.

Selain itu bagian dalam kabel antena luar juga seringkali lembab sehingga penangkapan sinyal TV digital tidak stabil bahkan lemah yang menyebabkan Set top box susah menangkap siaran TV digital dan muncul peringatan tidak ada sinyal (no signal).

5. Nyalakan Ulang Set top Box


Menyalakan ulang set top box bisa dicoba untuk mengatasi masalah stb tidak ada sinyal. Bisa jadi masalah ini disebabkan karena adanya malfungsi pada software set top box sehingga Anda bisa restart terlebih dahulu sebelum mencoba metode lainnya.

6. Update Software Set top Box


Sudah lama tidak memeriksa pembaruan software? Mungkin ini salah satu penyebabnya kenapa set top box tidak ada sinyal. Pembaruan software pada stb bisa dibilang sangat penting, karena selain untuk mendapatkan fitur baru, ini juga bisa memperbaiki bug yang ada pada versi software sebelumnya.

Tidak jarang masalah pada STB bisa diatasi setelah memperbarui software. Namun sebelum itu pastikan untuk menghubungkan set top box ke internet atau wifi menggunakan dongle wifi yang cocok untuk STB Anda.

Setelah itu, tekan tombol [Menu] pada remot STB dan pilih bagian pembaruan software. Jika sudah tersedia software baru, maka Anda bisa langsung menginstallnya. Masukan kata sandi STB jika diperlukan, setelah itu tunggu hingga proses update software set top box selesai.

7. Reset Set top Box


Ini adalah metode terakhir untuk dicoba jika tidak ada satupun cara yang berhasil mengatasi set top box tidak ada sinyal. Perlu dicatat, reset ulang stb ke pengaturan pabrik berarti akan mengembalikan semua pengaturan STB seperti awal lagi.

Namun sebelum itu, pastikan Anda sudah mencoba semua metode diatas terlebih dahulu. Kesimpulannya, hal yang paling berpengaruh dan bisa menjadi penyebab kenapa stb tidak ada sinyal adalah lokasi yang belum tercover sinyal TV digital atau ada masalah pada antena yang digunakan.

Lihat juga:
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.

2 komentar untuk "Kenapa Set top Box Tidak Ada Sinyal? Berikut Solusinya"

  1. Kak di stb saya advance ga bisa tangkap rcti mnc inews pokoknya semua dr mnc grup,tp stb tetangga depan rumah,semua channel lengkap, pdgl sy selalu rajin scan otomatis, tapi tetap engga ketangkap juga, gmn solusinya kak, mohon bantuannya🙏 terima kasih

    BalasHapus

close