Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Simbol Kapasitor: Gambar dan Pengertiannya

Ada banyak simbol kapasitor yang sering digunakan dalam elektronika. Salah satunya lambang kapasitor polar dan kapasitor non polar. Kapasitor adalah komponen elektronik yang memiliki kapasitas uF (micro) untuk menyimpan muatan listrik. Kapasitor termasuk salah satu komponen elektronik pasif yang bisa menyimpan energi dalam medan listrik antara sepasang konduktor atau pelat.

Dengan kata lain, kapasitor adalah komponen yang digunakan untuk menyimpan dan mengalirkan listrik dengan reaksi kimia didalamnya. Kapasitor juga memiliki komponen lain didalamnya, yaitu cell penyimpanan, cell sekunder, kondensor atau akumulator.

Kapasitor juga termasuk salah satu elemen yang digunakan untuk mengontrol aliran muatan dalam suatu rangkaian. Kapasitor dilengkapi dengan dua permukaan konduktor yang dipisahkan oleh isolator atau sebuah kabel kecil. Berikut gambar simbol kapasitor terlengkap:

Gambar Simbol Kapasitor dan Pengertiannya



simbol kapasitor

1. Lambang Kapasitor Polar Elekrolit (Elco)


simbol kapasitor

Kapasitor polar jenis ini memiliki elektrolit yang berfungsi sebagai elektrodanya sehingga bisa terpolarisasi. Simbol bagian atas merupakan kutub positif dan bagian bawah adalah kutub negatif (lihat simbol diatas).

Kapasitor ini sering ditemukan pada mesin TV, amplifier dan lain-lain khususnya yang membutuhkan kapasitas besar. Anoda dari kapasitor elekrolit terbuat dari sebuah logam yang ditutup oleh lapisan teroksidasi sebagai dielektrik.

Kapasitor elektronit termasuk dalam kapasitor polar yang berarti memiliki polaritas kutub negatif dan positif sehingga pada saat pemasangan tidak boleh terbalik. Jika tidak, maka kapasitor akan terbakar. Kapasitor elekrolit atau elco ini dibagi lagi menjadi 3 kelompok sebagai berikut:
  • Kapasitor elekrolit tantalum
  • Kapasitor elekrolit alumunium
  • Kapasitor elekrolit Niobium
Dua simbol pertama dari kapasitor polar diatas biasanya digunakan di inggris, sedangkan dua simbol setelahnya digunakan di AS dan simbol ke 5 seringkali digunakan di jepang.

2. Lambang Kapasitor Bipolar (Non Polar)


simbol kapasitor

Kapasitor yang tidak memiliki kutub positif dan negatif disebut kapasitor bipolar atau non-polar. Kedua kaki kapasitor bipolar bisa langsung disambungkan ke PCB atau rangkaian elektronik secara acak tanpa khawatir terbakar atau bocor. Diatas adalah contoh simbol kapasitor bipolar.

Kapasitor jenis ini cukup jarang ditemukan pada rangkaian elektronik karena memiliki kapasitas yang kecil dibandingkan kapasitor polar. Tetatpi walaupun begitu, kapasitor bipolar memiliki keunggulan dalam arah tegangan, jadi bisa saja menjadi pengganti dari kapasitor polar selama kapasitas dan spesifikasinya terpenuhi.

Selain itu, walaupun kapasitasnya lebih kecil dibandingkan kapasitor polar, kapasitor bipolar memiliki keunggulan lainnya dan cocok untuk digunakan pada beberapa projek elektronik. Harganya lebih murah, tidak perlu khawatir terbalik saat pemasangan dan cenderung lebih bertahan lama.

Ada beberapa jenis dari kapasitor bipolar, diantara adalah:
  • Kapasitor Keramik
  • Kapasitor Polyester
  • Kapasitor Polycarbonate
  • Kapasitor Kaca
  • Kapasitor Teflon

3. Lambang Kapasitor Keramik


gambar lambang kapasitor

Kapasitor keramik sangat sering ditemukan pada sebuah rangkaian elektronika. Selain desainnya yang sederhana, ini juga dijual dengan harga murah. Kapasitor keramik hanya mampu memasok muatan listrik yang rendah, diatas adalah contoh simbolnya.

Ini termasuk jenis kapasitor non-polar (bipolar) yang terbuat dari beberapa lapisan logam dan keramik. Material keramik berperan sebagai dielekrik, sedangkan logam sebagai elekroda.

Biasanya ada kode 3 digit yang dicetak pada badan kapasitor keramik, kode tersebut adalah jumlah kapasitansinya dalam satuan pico-farad. Dua digit pertama adalah nilai kapasitor.

4. Lambang Kapasitor Variabel Varco


gambar simbol kapasitor

Kapasitor variabel varco memiliki kapasitas yang bisa diatur dalam kisaran tertentu. Ketika tangkai pengaturnya diputar, maka kapasitasnya akan berubah. Biasanya kapasitor varibel diaplikasikan untuk rangkaian audio, amplifier, frekuensi dan sebagainya.

5. Simbol Kapasitor Variabel Trimmer


gambar simbol kapasitor

Kapasitor variabel trimmer bisa digunakan untuk menyesuaikan nilai latensi atau frekuensi pada sebuah rangkaian. Jika sudah lama digunakan biasanya tangkai pengatur kapasitor ini akan rusak sehingga perlu diganti atau dikalibrasi ulang jika masih memungkinkan.

Kapasitor variabel trimmer dibagi menjadi dua jenis, yaitu kapasitor trimmer biasa dan kapasitor trimmer keramik.

Diatas adalah simbol kapasitor trimmer yang masih termasuk dalam kapasitor variabel dengan kapasitasnya yang bisa diatur, tetapi Anda mungkin memerlukan obeng jika ingin memutar tangkai pengatur kapasitasnya.

Prinsip kerja dari kapasitor trimmer cukup sederhana, ketika sekrup logam pada kapasitor diputar untuk menyesuaikan kapasitansinya, maka kedua pelat logam yang ada didalamnya akan saling tumpang tindih sehingga nilainya akan berubah.

Kapasitor trimmer ini sering di aplikasikan untuk menyesuaikan nilai frekuensi osilator dan variabel lainnya pada suara rangkaian elektronik. Selain itu, sering juga digunakan untuk rangkaian dengan frekuensi tinggi seperti RF, Microwave dan sebagai filter gelombang mikro. Kelebihan dari kapasitor jenis ini diantaranya adalah:
  • Harganya murah.
  • Berukuran kecil.
  • Tersedia banyak ditoko elektronik.
  • Mampu memasok kapasitas hingga 40pF.

6. Lambang Kapasitor Variabel Dual Ganged


arti simbol pada kapasitor

Kapasitor variabel dual ganged adalah kombinasi antara dua kapasitor variabel, sehingga simbol kapasitor dual ganged seperti pada gambar diatas. Walaupun gabungan dari dua kapasitor variabel, kapasitor dual ganged ini tetap diatur menggunakan tangkai pengatur tunggal.

7. Lambang Kapasitor Split Stator


arti simbol kapasitor

Ini termasuk jenis kapasitor variabel yang dipasang dua kapasitor variabel pada poros yang sama. Kapasitor split-stator biasanya menggunakan dua kapasitor yang bernilai sama dan diatur oleh poros yang sama juga, diatas adalah contoh gambar simbol dari kapasitor ini.

8. Lambang Kapasitor Generik


gambar simbol kapasitor

Kapasitor generik termasuk dalam jenis kapasitor polar yang memiliki kapasitansi tetap dan bisa menyimpan muatan listrik didalamnya. Diatas adalah contoh gambar simbol dari kapasitor generik, gambar kedua adalah simbol kapasitor non polar atau bipolar model lama.

Apa Fungsi Simbol Kapasitor?


Simbol-simbol kapasitor pada papan PCB dicetak bukan tanpa alasan, tentu itu memiliki fungsi diantaranya adalah untuk memudahkan pada saat pemasangan kapasitor, khususnya kapasitor polar yang memiliki kutub positif dan negatif sehingga tidak boleh terbalik.

Selain itu, simbol pada kapasitor juga berguna untuk mengetahui jenis kapasitor apa yang perlu dipasang pada papan PCB tersebut. Misalkan jika terlihat ada lambang kapasitor trimmer, maka Anda perlu memasang kapasitor trimmer sesuai dengan lambangnya.

Itulah beberapa arti gambar simbol kapasitor elco, non polar, keramik dan jenis kapasitor lainnya. Mengetahui arti lambang kapasitor sangatlah penting agar tidak terjadi kesalahan ketika pemasangan kapasitor pada rangkaian elekronik.
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.