Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Simbol Remote AC Samsung Paling Lengkap 2022

Arti Simbol Remote AC Samsung. Ada banyak lambang pada remote AC Samsung dengan fungsi yang berbeda-beda. Sebagian besar pengguna AC Samsung hanya mengetahui arti simbol on/off atau mode dry dan mode cool saja. Penting untuk mengetahui semua arti lambang pada remote AC Samsung yang Anda miliki.

Setiap model AC Samsung umumnya dilengkapi dengan remot yang tidak jauh berbeda, memiliki simbol yang sama dengan fungsi yang sama juga. Setiap simbol remote AC Samsung memungkinkan Anda untuk menyesuaikan AC tergantung pada kebutuhan.

Misalnya simbol salju yang berarti mode cool jika diaktifkan maka secara otomatis AC Samsung akan meningkatkan kinerjanya sehingga udara yang dikeluarkan menjadi lebih dingin maksimal. Selain itu, masih banyak fungsi dan arti simbol remote AC Samsung yang perlu diketahui. Berikut pembahasan lengkapnya:

Arti Simbol Remote AC Samsung Terlengkap



arti simbol remote ac samsung

1. Simbol Mode Comfort (Nyaman)


arti lambang pada remote ac samsung

Mode comfort atau nyaman pada remote AC Samsung ditandai dengan simbol seperti pada gambar diatas. Mode ini memungkinkan AC Samsung mencapai suhu yang diinginkan dengan mengaktifkan mode soft cool dan heat.

2. Simbol Mode Virus Doctor (Ionizer)


arti simbol remote ac samsung

Sama dengan mode ionizer udara, simbol mode virus doctor pada remote AC Samsung sangat berguna untuk membantu menghilangkan partikel dan bakteri berbahaya lainnya dengan cara melepaskan ion negatif ke udara untuk menangkap dan membasminya. Simbol remote AC Samsung mode Virus doctor ditandai seperti gambar diatas.

3. Simbol Mode Night (Mode Malam)



Arti simbol remote AC Samsung mode night jika diaktifkan maka AC akan otomatis menyala dalam mode sleep. Apa fungsinya? mode night pada AC Samsung bisa mengurangi suara bising yang biasanya bersumber dari kipas AC.

Selain itu, jika Anda mengaktifkan mode ini maka secara otomatis AC Samsung akan meningkatkan suhu dalam ruangan secara bertahap. Jadi cocok diaktifkan ketika malam hari. Untuk mencoba fitur ini, Anda hanya perlu mencari tombol [OFF] dengan simbol matahari dan bulan atau seperti gambar diatas.

4. Simbol Mode Fan (Kipas)


arti simbol pada remote ac samsung

Arti simbol remote AC Samsung selanjutnya ditandai dengan tulisan [Fan]. Ini adalah salah satu mode AC Samsung yang bisa dimanfaatkan untuk menghemat tagihan listrik rumah Anda.

Kenapa bisa begitu? alasannya sederhana, jika mode fan diaktifkan, maka tidak semua komponen AC Samsung akan menyala, melainkan hanya pada bagian kipasnya saja. Selain bisa menghemat tagihan listrik, mode fan juga cocok digunakan untuk memperpanjang umur AC Samsung dan menghilangkan bau didalam ruangan.

Cara mengaktifkan mode fan AC Samsung adalah: pastikan AC sudah menyala, kemudian tekan tombol [Mode] pada remote AC, lalu pilih [Fan].

Jika AC tidak akan digunakan untuk waktu yang lama, disarankan untuk mengatur mode fan selama 3 sampai 4 jam untuk mengeringkan komponen internal AC.

Perlu diketahui, ketika mode fan diaktifkan maka secara otomatis unit outdoor berhenti beroperasi dan akan normal kembali setelah mode fan dimatikan. Ini adalah kondisi normal, bukan karena adanya kerusakan pada AC Anda.

5. Simbol Mode Timer


arti lambang remote ac samsung

Mode timer atau pengatur waktu memudahkan Anda untuk mengatur waktu dimana Anda ingin menghidupkan atau mematikan AC Samsung secara otomatis. Arti lambang pada remote AC Samsung mode timer cocok diaktifkan ketika malam hari.

BACA JUGA: Cara Mematikan Timer AC untuk Semua Merk

6. Simbol Mode Eco


arti simbol remote ac samsung

Penting untuk mengetahui arti simbol remote AC Samsung mode Eco karena merupakan salah satu fitur berguna pada AC Samsung. Singkatnya, ketika mode eco diaktifkan, maka AC Samsung akan mengurangi kinerja komponen kompresor didalamnya dibandingkan dengan mode normal.

Ketika kinerja kompresor dikurangi maka otomatis suhu dingin yang dihasilkan AC juga akan berkurang. Selain bisa untuk menghemat tagihan listrik, mode Eco AC Samsung juga cocok diaktifkan ketika cuaca tidak terlalu panas.

7. Lambang Mode Ai (Otomatis)


arti simbol remote ac samsung

Mode Ai atau otomatis ditandai dengan simbol seperti gambar diatas. Ketika Anda mengaktifkan mode ini, maka AC Samsung akan secara otomatis mengatur kecepatan kipas dan suhu tergantung pada suhu ruangan yang terdeteksi oleh sensor suhu AC Samsung.

Jadi Anda tidak perlu ribet untuk menurunkan dan menaikkan tingkat suhu, karena hanya dengan mengaktifkan mode ini maka secara otomatis AC Samsung akan menyesuaikan suhu ruangan berkat adanya sensor suhu yang terpasang. Mungkin tidak semua model AC Samsung dilengkapi dengan fitur ini.

8. Lambang Mode Dry



Ini adalah salah satu fitur yang biasanya ada pada setiap merk AC. Anda bisa mengaktifkan mode dry khususnya ketika sedang hujan sehingga tingkat kelembaban ruangan bertambah. Jadi fungsi utama dari mode dry AC Samsung adalah untuk mengurangi kelembaban didalam ruangan.

Untuk mengaktifkan mode dry Anda hanya perlu menekan tombol [Mode] pada remote AC lalu pilih [Dry]. Kisaran suhu yang tepat untuk mode ini adalah sekiatar 24℃ - 26℃. Jika ruangan lembab disarankan untuk mengatur suhu menjadi lebih rendah.

Selengkapnya: Fungsi Mode Dry Pada AC dan Kapan Harus Digunakan.

9. Lambang Mode Cool


arti lambang remote ac samsung

Arti simbol remote AC Samsung mode cool (dingin) ketika diaktifkan akan secara otomatis meningkatkan suhu menjadi lebih dingin dibandingkan dengan mode normal. Mungkin suaranya akan lebih berisik karena kipas akan berputar lebih cepat.

Pastikan AC dalam sudah menyala sebelum mengaktifkan mode cool, lalu tekan tombol [Mode] pada remote AC dan pilih [Cool]. 

Setelah itu Anda bisa mengatur fungsi suhu dan kecepatan kipas sesuai keinginan. Agar dingin lebih cepat, atur suhu menjadi lebih rendah dan atur kecepatan kipas menjadi lebih tinggi. Untuk menghemat listrik disarankan atur suhu menjadi lebih tinggi dengan kecepatan kipas yang lebih lambat.

Jadi mode cool AC Samsung sangat cocok diaktifkan ketika udara luar sedang panas. Kecepatan penyebaran udara dingin kedalam ruangan ketika mode ini diaktifkan tergantung pada model AC Samsung yang Anda miliki.

10. Lambang Mode Quiet


arti simbol pada remote ac samsung

Mode Quiet atau senyap tidak jauh berbeda dengan mode comfort. Mode ini dapat mengurangi suara bising sehingga yang dihasilkan oleh kipas dan kompresor AC sehingga cocok diaktifkan ketika malam hari atau ketika ingin beristirahat.

11. Lambang Mode Swing


arti simbol ac samsung

Anda bisa dengan mudah menyesuaikan arah angin AC dengan mengaktifkan mode swing ini. Hanya perlu menekan tombol Airflow atau seperti pada gambar diatas maka arah angin bisa Anda atur. Selain itu, Anda juga dapat menjaga arah angin secara konstan dengan menghentikan pergerakan swing kipas menggunakan remote.

12. Lambang Mode Heat


arti simbol remote ac samsung

Gambar diatas adalah simbol remote AC Samsung mode heat (panas). Berkat adanya fitur ini, AC Samsung bisa membuat ruangan Anda menjadi hangat.

Jika Anda mengaktifkan mode heat selama 3 sampai 5 menit maka kipas akan berhenti sementara hingga AC memanas. Untuk mengaktifkan mode heat AC Samsung caranya adalah:
  • Tekan tombol [Power] untuk menyalakan AC
  • Kemudian tekan tombol [Mode] sampai muncul tulisan [Heat] pada display remote AC.
  • Setelah masuk mode heat, Anda bisa mengatur suhu panas yang diinginkan.
  • Jika perlu, Anda juga bisa mengatur kecepatan kipas dengan tombol remote AC.

Tips Menggunakan Remote AC Samsung yang Benar


arti lambang pada remote ac samsung

Selain arti simbol remote AC Samsung, Anda juga perlu mengetahui tips penting menggunakan remote AC Samsung yang benar, diantaranya adalah:
  • Disarankan untuk menjaga jarak sekitar 10 meter antara unit AC dan remote kontrol.
  • Agar remote berfungsi dengan baik, arahkan remote ke AC setiap kali Anda menekan tombolnya.
  • Ketika baterai remote hampir habis, maka akan tampil ikon baterai lemah di layar remote AC.
  • Remote AC Samsung menggunakan dua buah baterai AAA 1.5v.
  • Tidak boleh mengguncang, memukul atau membongkar remote tanpa pengetahuan yang cukup.
  • Disarankan untuk melepas baterai dari remote ketika remote tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Jika Anda mengganti baterai remote, maka semua mode akan diatur ulang.

Memahami arti simbol remote AC Samsung sangat penting bagi pengguna AC Samsung agar tidak sembarangan mengaktifkan setiap tombol yang ada pada remote AC. Selain itu, mengetahui arti lambang remote AC Samsung juga memudahkan pengguna untuk mendapatkan hasil yang maksimal dengan mengaktifkan berbagai fitur yang ada.

Lihat juga:
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.

Posting Komentar untuk "Arti Simbol Remote AC Samsung Paling Lengkap 2022"


close