Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ukuran TV 55 Inch Berapa Cm? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Menghitung ukuran TV 55 inch berapa cm diperlukan ketika Anda ingin mengetahui berapa ukuran TV 55 inch dalam cm sehingga bisa lebih mudah untuk memastikan apakah masih ada ruang yang cukup atau tidak. Namun sebelum itu, pastikan juga Anda sudah mengetahui aspek rasio layar TV 55 inch yang ingin diukur dalam cm.

Setiap merk TV ukuran 55 inch memiliki panjang dan tinggi yang sama selama aspek rasionya juga sama. Mungkin Anda pernah mengira bahwa TV 55 inch adalah ukuran lebar dari layar TV tersebut, tetapi ternyata bukan. Ukuran TV 55 inch ini adalah mengacu pada ukuran diagonal layarnya.

Kebanyakan TV 55 inch produksi sekarang sudah mendukung berbagai resolusi, mulai dari HD, Full HD, Ultra HD atau 4K sehingga aspek rasio yang digunakan umumnya adalah 16:9. Sedangkan beberapa tahun kebelakang, masih ada produsen TV yang menggunakan rasio layar 4:3. Kedua rasio ini memiliki ukuran panjang dan lebar yang berbeda. Berikut penjelasan ukuran TV 55 inch berapa cm:

Dimensi Ukuran TV 55 Inch Berapa Cm (Rasio 16:9)



16:9 adalah ukuran aspek rasio layar TV atau monitor yang paling banyak digunakan karena memiliki ukuran yang lebih lebar dan sesuai dengan format film atau video saat ini. Alasan lainnya adalah lebih nyaman untuk digunakan dalam segala aktivitas, termasuk menonton film ataupun bermain game.

Ukuran TV 55 inch mengacu pada diagonal layar. Oleh karena itu jika Anda bertanya ukuran TV 55 inch berapa cm, maka jawabannya adalah 139.7 cm. Ukuran ini berlaku untuk semua merk TV LED 55 inch, termasuk Samsung, TCL, Sharp, Polytron dan lain-lain.

Berapa Panjang dan Lebar TV 55 Inch Dalam Cm?


Dengan aspek rasio 16:9, ukuran TV 55 inch jika diubah dalam satuan cm maka lebarnya adalah 121,8 cm dengan tinggi 68,5 cm atau seperti gambar dibawah ini:

ukuran tv 55 inch berapa cm

Dimensi Ukuran TV 55 Inch Berapa Cm (Rasio 4:3)


Monitor atau TV 55 inch dengan aspek rasio 4:3 memiliki ukuran cm yang sama, yaitu 139,7 cm. Akan tetapi lebar dan tingginya berbeda. Aspek rasio 4:3 cenderung lebih tinggi dibandingkan rasio 16:9. Jadi ukuran TV 55 inch dengan rasio 4:3 memiliki lebar 111,8cm dengan tinggi 83,8 atau seperti gambar berikut:

ukuran tv 55 inch berapa cm

Lihat juga:

Perbandingan TV 55 Inch dengan Ukuran Lainnya


Ukuran TV 55 inch memiliki dimensi yang relatif besar dan mudah ditemukan dipasaran. Namun, penting untuk membandingkan ukuran TV 50 inch dengan ukuran TV lainnya untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas.

Misalnya, jika Anda membandingkan dengan TV 32 inch yang paling banyak dijumpai, ukuran TV 55 inch hampir dua kali lipat lebih besar. Dalam satuan cm, TV 32 inch memiliki panjang diagonal layar sekitar 81,3 cm. Perbandingan ini menunjukkan bahwa TV 55 inch memiliki tampilan yang lebih luas dan lebih ideal untuk ruang tamu dengan ukuran yang lebih besar.

Penempatan TV Ukuran 55 Inch


Sangat penting untuk mempertimbangkan faktor seperti penempatan serta jarak pandang ketika menempatkan TV 55 inch. Idealnya, TV 55 inch ditempatkan pada ketinggian mata yang nyaman dan sejajar dengan posisi duduk.

Jarak pandang yang disarankan untuk TV ukuran 55 inch adalah sekitar 2-3 meter. Selain itu, mempertimbangkan sudut pandang yang sesuai untuk mendapatkan pengalaman menonton terbaik juga penting, sehingga perlu disesuaikan dengan penempatan juga pencahayaan dalam ruangan.

Kesimpulan


Ukuran TV 55 inch berapa cm diatas adalah diagonal layarnya saja, tidak termasuk bingkai atau frame yang mengelilingi layar TV. Jadi jika dihitung dengan frame layar, maka ukurannya akan lebih besar. Setelah mengetahui ukuran TV 55 inch dalam cm, sekarang Anda bisa mulai mengukur tempat untuk menyimpan TV ini.
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.