Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Ukuran TV 70 Inch Berapa Cm Panjang dan Lebarnya

Sebelum membeli TV ukuran 70 inch ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu ukuran TV 70 inch berapa cm, termasuk lebar dan tinggi layarnya dengan tujuan agar memudahkan Anda ketika ingin mengukur ruang yang tersedia untuk menyimpan TV 70 inch agar tidak kurang atau lebih.

Ukuran 70 inch untuk sebuah televisi bisa dikatakan cukup besar sehingga Anda harus mengatur jarak pandang sekitar 9,8 kaki dari layar TV. Kebanyakan ukuran TV 70 inch memiliki resolusi layar cukup tinggi mulai dari FHD, 4K bahkan 8K dengan aspek rasio 16:9.

Untuk menghitung ukuran TV 70 inch berapa cm bisa dilakukan dengan berbagai cara, baik itu menggunakan alat konversi satuan inch ke cm ataupun menghitungnya secara manual. Berikut penjelasan lengkap mengenai ukuran panjang, lebar dan diagonal TV ukuran 70 inch beserta gambarnya:

Cara Menghitung Ukuran TV 70 Inch Berapa Cm? (Rasio 16:9)


Perlu diketahui, TV LED berukuran besar umumnya menggunakan aspek rasio 16:9. Ukuran 70 inch tersebut mengacu pada diagonal layar TV. Jadi jika Anda bertanya ukuran TV 70 inch berapa cm, maka jawabannya adalah 177,8 cm.

Ukuran Panjang dan Lebar TV 70 Inch Dalam Cm


TV 70 inch memiliki ukuran yang cukup besar dengan panjang 155.0 cm dan tingginya 87,2 cm atau seperti pada gambar dibawah ini:

ukuran tv 70 inch berapa cm

Ukuran TV 70 Inch Berapa Cm? (Rasio 4:3)


Jika Anda memiliki monitor atau TV 70 inch dengan aspek rasio 4:3 maka ukuran lebar dan tingginya berbeda dengan TV 70 inch yang menggunakan rasio 16:9. Sedangkan ukuran diagonal layarnya tetap sama, yaitu 177.8 cm dengan panjang 142,2 cm dan tingginya 106,7 atau seperti gambar berikut:

ukuran tv 70 inch berapa cm

Berapa Resolusi Layar TV 70 Inch?


Ada banyak merk TV 70 inch dengan kualitas layar dan resolusi yang berbeda-beda. Tetapi kebanyakan TV berukuran besar hingga 70 inch sudah mendukung resolusi FHD, Ultra HD (4K) dan 8K. Ukuran TV 70 inch dengan resolusi FHD sudah cukup untuk menampilkan kualitas gambar yang jernih.

Tetapi jika Anda ingin mendapatkan pengalaman menonton yang lebih seru, disarankan untuk memilih TV 70 inch dengan resolusi minimal Ultra HD (4K). Alasannya karena gambar yang ditampilkan pasti lebih jernih, detail dan warna yang natural. Cocok untuk menonton film bahkan bermain game.


Pembahasan mengenai ukuran TV 70 inch berapa cm diatas berlaku untuk semua merk TV 70 inch, termasuk Samsung, Lg, Sharp, Polytron dan lainnya. Perlu dicatat, nilai cm diatas hanyalah ukuran layar LCDnya saja, tidak termasuk frame atau bezel yang mengelilingi layar TV.
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.