Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi USB Tidak Terbaca di TV LG dengan Mudah

USB Tidak Terbaca di TV LG. Smart TV atau TV LED LG dilengkapi dengan port USB yang memudahkan pengguna untuk menonton video, melihat foto atau mendengarkan musik langsung dari flashdisk. Port USB ini biasanya terletak dibagian samping atau belakang TV LG.

Walaupun sudah mendukung berbagai jenis drive USB, tetapi kadang USB tidak berfungsi di TV LG, sehingga flashdisk yang dicolokan tidak terbaca sama sekali. Masalah ini bisa disebabkan oleh banyak hal, baik itu bagian software ataupun hardware TV LG. Lalu bagaimana cara mengatasi flashdisk tidak terbaca di TV LG?

Penyebab USB Tidak Berfungsi di TV LG


usb tidak terbaca di tv lg

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memeriksa port USB untuk memastikan bahwa kondisinya baik-baik saja.

Dalam beberapa kasus, USB tidak terbaca di TV LG adalah disebabkan karena ada kotoran atau karat dibagian port USB sehingga flashdisk tidak terdeteksi, disarankan untuk membersihkan bagian lubang USB yang kotor menggunakan sikat kecil.

Cara Mengatasi USB Tidak Terbaca di TV LG


Jika membersihkan port USB belum bisa menyelesaikan masalah ini, maka kami sarankan untuk mencoba beberapa langkah mengatasi USB tidak terbaca di TV LG sebagai berikut:


1. Pastikan Flashdisk Befungsi


Sebelum mencoba metode lainnya, terlebih dahulu Anda perlu memastikan apakah masalah ini disebabkan karena kerusakan pada TV atau memang flashdisknya yang rusak. Jika flashdisknya bermasalah, maka tidak akan bisa terbaca di perangkat manapun.

Cara paling mudah untuk memastikan apakah flashdisk masih berfungsi dengan baik adalah mencobanya diperangkat lain, baik itu hp ataupun komputer. Jika ternyata flashdisk terbaca diperangkat lain, Anda bisa mencoba metode berikutnya, yaitu:


2. Ubah Format Flashdisk Menjadi FAT32/exFAT


usb tidak terdeteksi di tv lg

Jika sebelumnya Anda pernah mencolokan atau memformat flashdisk diperangkat lain, biasanya setelah itu flashdisk tidak bisa terdeteksi di TV LG. Untuk memperbaikinya, Anda perlu memformat ulang flashdisk dengan sistem FAT32 atau exFAT di laptop.

Alasannya karena kebanyakan TV LED LG hanya mendukung drive USB dengan tipe file FAT32 atau exFAT, selain dari dua format itu biasanya flashdisk tidak terbaca di TV LG walaupun terbaca di perangkat lainnya.

Jadi Anda harus memformat ulang untuk mengubah tipe flashdisk menjadi exFAT atau FAT32. Berikut langkah-langkahnya:

PENTING: Sebelum mengikuti tutorial ini, disarankan untuk mencadangkan semua data yang tersimpan di flashdisk Anda.
  • Colokan flashdisk pada port USB yang ada di laptop Anda
  • Pastikan flashdisk sudah terbaca. Cek dibagian File Manager > This PC.
  • Setelah itu, klik kanan pada nama flashdisk Anda, lalu pilih [Format].
  • Pada opsi [File System], ubah menjadi FAT32 (Default) atau seperti gambar diatas.
  • Lalu klik [Start] untuk memformat flashdisk.
  • Setelah proses format berhasil, cobalah isi flashdisk dengan file foto atau video.
  • Lalu coba colokan flashdisk ke TV LG untuk memastikan apakah sudah terbaca atau belum.

3. Update Software TV LG


Firmware TV LG yang sudah lama tidak diperbarui bisa menimbulkan berbagai masalah pada TV LG, termasuk sistem USB yang tidak bisa mendeteksi flashdisk atau perangkat USB lainnya. Software yang sudah lama tidak update biasanya akan muncul banyak bug sehingga seringkali terjadi malfungsi.

Setiap model TV LG LED, Smart TV memiliki cara yang berbeda untuk update softwarenya. Ada yang secara otomatis dan juga manual melalui pengaturan TV atau menggunakan alat flash khusus. Untuk melihat versi software TV LG, ikuti tutorial dibawah ini:
  • Tekan tombol [Menu] pada remote TV LG.
  • Tekan tombol usb tidak terbaca di tv lg (Customer Support) pada remote TV.
  • Lalu pilih opsi "Produce/Service Info".
  • Setelah itu pada layar TV akan muncul informasi mengenai versi software, nomor serial, used time dan model TV.
Jika sudah mengetahui versi firmwarenya, Anda harus memastikan apakah ada versi firmware yang lebih tinggi dari itu atau tidak. Jika ada, disarankan untuk menginstall versi software yang lebih tinggi untuk tipe TV LG Anda.


4. Reset TV LG ke Pengaturan Pabrik


Bagaimana jika tidak ada software versi terbaru? Solusi lain yang bisa dicoba untuk mengatasi USB tidak terbaca di TV LG adalah mereset ulang TV ke pengaturan pabrik. Ini adalah metode yang seringkali berhasil untuk mengatasi bug pada software TV LG.

Mereset TV LG ke pengaturan pabrik berarti akan mengembalikan semua pengaturan seperti semula lagi, termasuk pengaturan suara, gambar, kecerahan, warna atau pengaturan lain yang sebelumnya sudah Anda ubah akan kembali seperti pertama kali TV dinyalakan.

Setiap model TV LG memiliki cara yang berbeda untuk mengakses menu factory reset ini. Tapi umumnya menu factory reset TV LG ada dibagian Setting > Pilihan > Pengaturan Awal Pabrik. Silakan buka pengaturan TV LG Anda dan cari menu reset tersebut.

Cara Memastikan USB Sudah Terbaca atau Belum di TV LG


Ada berbagai model TV LG dipasaran dengan sistem yang berbeda, setiap model tersebut ada yang bisa mendeteksi flashdisk secara otomatis dan ada juga yang mengharuskan penggunan mengeceknya secara manual. 

Anda bisa memanfaatkan remot TV untuk memastikan apakah flashdisk sudah terbaca atau belum. Berikut langkah-langkahnya:
  • Colokan flashdisk ke port USB di TV.
  • Pada remot TV LG, tekan tombol [Input].
  • Kemudian akan muncul berbagai source, termasuk AV1, AV2, HDMI1, HDMI2 dan sebagainya.
  • Jika flashdisk terdeteksi, maka akan muncul source [USB] pada menu input tadi.
  • Anda hanya perlu mengarahkan ke source [USB] dan tekan tombol [OK] untuk membukanya.

Itulah 4 cara mengatasi USB tidak terbaca di TV LG. Perlu dicatat, mungkin tutorial diatas sedikit berbeda pada model TV LG Anda, karena memang setiap model TV LG memiliki letak menu dan tampilan yang berbeda-beda. Jika ada pertanyaan terkait topik ini, tinggalkan pada kolom komentar.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi USB Tidak Terbaca di TV LG dengan Mudah"


close