Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Power Bank 10000Mah Tahan Berapa Lama? Ini Penjelasannya

Power Bank termasuk alat penting yang perlu dimiliki oleh pengguna smartphone. Power Bank sangat berguna untuk mengisi daya ponsel dimana pun dan kapanpun tanpa perlu charger. Pertanyaannya, Power Bank 10000mah tahan berapa lama? Berikut penjelasan lengkapnya.

Durasi power bank 10000mah tahan berapa jam tergantung pada seberapa banyak daya yang dikonsumsi oleh smartphone atau perangkat lainnya yang terhubung ke power bank tersebut.

Jika misalkan hp Anda memakan daya 1mA, maka power bank 10000mah mampu bertahan hingga 10 jam. Tetapi jika perangkat Anda memakan daya 10.000mA, maka power bank 10000mah hanya bertahan selama 1 jam saja. Mungkin ada sedikit perbedaan pada setiap merk power bank populer seperti Robot, Veger atau Jims Honey.



Penjelasan Power Bank 10000mah Tahan Berapa Lama


Pada kenyatannya power bank hanya memiliki sekitar 66% dari kapasitas yang diklaimnya. Itu sebabnya terkadang power bank 10000mah terasa lebih boros atau tidak sesuai dengan nilai Mah yang tercantum.

Kenapa bisa begitu? alasannya karena ada perbedaan tegangan. Kebanyakan hp membutuhkan charger 5v, tetapi mayoritas power bank memiliki daya 3.7v. Agar lebih mudah menghitungnya, kami menggunakan satuan mwh (watt hour) karena tidak mengacu pada tegangan, sehingga hasilnya lebih akurat.
  • Power bank 10000mah 3.7v memiliki 37000 mwh (10000 x 3,7 = 37000)
Tetapi karena hp menggunakan tegangan 5v, maka Anda harus membagi mwh dengan 5v, jadi:
  • 37000mah / 5v = 7400mah
Belum selesai, Anda juga harus memperhitungkan kemungkinan 10% power bank kehilangan daya dikabel-kabel. Anggap saja power bank kehilangan daya 10% ketika digunakan untuk cas hp. Berarti sisanya adalah 90%, jadi:
  • 7400mah x .90 = 6660mah
Itulah kira-kira nilai MAH sebenarnya dari power bank 10000mah.

Power Bank 10000Mah Bisa Berapa Kali Cas?


power bank 10000mah tahan berapa lama

Anggap saja hp Anda memiliki kapasitas baterai 2000mah, maka power bank 10000mah mampu melakukan 5 kali pengisian daya sebelum power bank dicas lagi.

Setiap power bank memiliki kinerja yang berbeda-beda. Ada banyak faktor faktor yang menentukan seberapa cepat atau lambatnya powerbank 10000mah cas hp sampai penuh. Baterai hp yang cepat habis juga bukan berarti disebabkan karena power banknya yang jelek, bisa jadi memang baterai HP Anda bocor atau sudah lama tidak diganti.

Berapa Lama Power Bank 10000mah Cas HP Sampai Penuh?


Power bank standar bisa mengisi ulang daya iPhone mulai dari 0% hingga 80% dengan waktu sekitar 35 menit atau kurang. Tetapi pada kasus tertentu power bank bisa memakan waktu lebih lama untuk mengisi baterai hp sampai penuh tergantung pada faktor-faktor dibawah ini:

Kebanyakan smartphone sekarang menggunakan USB type-C atau QuickCharge 3.0 yang mampu cas baterai hp lebih cepat dibanding mikro USB. Jika power bank 10000mah Anda sudah mendukung QuickCharger, maka akan lebih cepat untuk cas baterai hp sampai penuh.

Biasanya jika hp dan power bank sudah mendukung Quickcharger, waktu yang dibutuhkan untuk cas baterai hp mulai dari 0% hingga 80% adalah sekitar 35 menit atau lebih. Walaupun lebih cepat, teknologi QuickCharger ini membutuhkan arus yang lebih banyak sehingga bisa mengurangi umur baterai power bank.

Tips Merawat Power Bank 10000mah Agar Tahan Lebih Lama


Biasanya produsen power bank memberikan garansi cukup lama hingga 5 tahun. Tetapi walaupun begitu, bukan berarti Anda sembarangan menggunakan power bank tersebut. Selain mengetahui power bank 10000mah tahan berapa lama, Anda juga harus tahu tips merawat power bank berikut ini:

1. Pilih Powerbank Berkualitas


Tips merawat powerbank 10000mah biar lebih tahan lama adalah membeli powerbank berkualitas tinggi. Tidak masalah harganya lebih mahal yang penting dirancang untuk jangka panjang sehingga memiliki kualitas terbaik dan tahan lama.

2. Gunakan Kabel USB Pendek


Ketika cas hp menggunakan powerbank 10000mah. Menggunakan kabel USB yang lebih pendek dapat membuat pengisian daya baterai menjadi lebih cepat dan ini berlaku pada power bank 10000mah. Selain itu, kabel USB yang pendek juga lebih nyaman digunakan.

3. Gunakan Port QuickCharger Seperlunya


Beberapa merk Power bank sudah dilengkapi port QuickCharger agar bisa cas baterai HP lebih cepat. Tetapi jika Anda tidak terburu-buru, jangan gunakan port QuickCharger tersebut.

Alasannya karena jika Anda terlalu sering menggunakan QuickCharger untuk cas hp dengan power bank 10000mah itu akan mengurangi umur power bank dan menyebabkan baterai power bank cepat habis.

4. Baca Buku Petunjuk Penggunaan Powerbank


Walaupun seringkali diabaikan, buku petunjuk yang biasanya ada pada paket pembelian memberikan Anda tips bagaimana agar power bank tersebut tahan lama. Ikuti saja pentunjuk dan larangan penggunaan power bank pada perangkat tertentu. Didalam buku panduan juga bisa jadi sudah dijelaskan perkiraan power bank 10000mah tahan berapa jam.

Kesimpulan


Kesimpulannya, jawaban untuk pertanyaan power bank 10000mah tahan berapa lama, yaitu sekitar 10 jam. Tetapi perlu dicatat, ketahanan power bank sangat berpengaruh pada perangkat yang digunakannya. Mungkin saja pada hp Anda bisa tahan lebih lama atau malah sebaliknya.
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.