Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kode Warna Resistor 100 Ohm dan Cara Menghitungnya

Resistor 100 Ohm adalah salah satu ukuran resistor yang sering ditemukan pada rangkaian elektronik. Resistor 100 Ohm ada yang memiliki 4 gelang warna sampai 6 gelang warna. Setiap warna resistor 100 Ohm memiliki nilai resistansi, toleransi dan koefisien suhu.

Lalu bagaimana cara membaca kode warna resistor 100 Ohm? Kenapa ada beberapa resistor yang memiliki jumlah gelang warna berbeda? Pada artikel ini, kami akan membahas bagaimana cara menghitung nilai resistor 100 Ohm dengan 4 hingga 6 gelang warna.

Fungsi Gelang Warna Resistor 100 Ohm


warna resistor 100 ohm

Perlu diketahui bahwa tidak semua gelang warna menunjukan nilai resistansi. Pada resistor 4 gelang, dua pita pertama menunjukan nilai resistansi, pita ketiga sebagai pengali, sedangkan pita warna  terakhir adalah nilai toleransi.

Semua resistor 100 Ohm memiliki toleransi yang berarti nilai sebenarnya mungkin tidak sepenuhnya 100 Ohm. Warna resistor 100 Ohm yang berkualitas biasanya memiliki nilai toleransi yang lebih baik.

Cara Membaca Kode Warna Resistor 100 Ohm


Setiap gelang warna pada resistor selalu memiliki nilai, diikuti dengan gelang pengali dan toleransi. Sedangkan resistor 100 Ohm dengan 6 gelang warna memiliki tambahan yaitu koefisien suhu.

Agar lebih mudah, disarankan untuk mempelajari cara mengetahui nilai resistor 4 gelang terlebih dahulu. Setelah memaham bagaimana cara menghitungnya, Anda akan lebih mudah untuk mencari nilai resistor 5 atau 6 gelang warna.

1. Resistor 100 Ohm 4 Gelang Warna


Nomor Fungsi Warna Nilai
1 Gelang Signifikan 1 Coklat 1
2 Gelang Signifikan 2 Hitam 0
3 PengaliCoklat x 10
4 Toleransi Emas (atau Silver) ± 5% (± 10% Silver)
Total Nilai:
100 ± 5% Ω

Setiap gelang atau pita resistor memiliki peran tertentu, yaitu sebagai berikut:

Gelang Satu: Ini adalah warna pertama dari nilai resistansi. Resistor 100 Ohm 4 gelang, warna pertamanya adalah coklat yang memiliki nilai 1.

Gelang Kedua: Gelang kedua juga masih dari nilai resistansi. Warnanya adalah hitam atau sama dengan nilai 0.

Jadi, nilai resistansi dari gelang pertama dan gelang kedua adalah: 10.

Gelang Ketiga: Warna ketiga pada resistor 4 gelang berfungsi sebagai pengali. Disini, gelang ketiga adalah berwarna coklat atau bernilai 1. Jadi, pengalinya adalah 10 x 1 = 10.

Jadi total nilai resistansi dari gelang pertama, kedua dan ketiga (pengali) adalah 10 (dari gelang pertama dan kedua) x 10x1 (dari gelang ketiga / pengali) = 100Ω.

Gelang Keempat: Warna resistor 100 Ohm yang keempat adalah sebagai toleransi. Umumnya nilai toleransi dari resistor 100 Ohm adalah 5% (warna emas) dan 10% (warna silver). Sebagai contoh, gelang keempat adalah warna emas yang berarti toleransinya 5%.

Oleh karena itu, nilai resistansi dan toleransinya adalah: 100Ω ± 5%. Dengan toleransi 5%, berarti nilai resistansi sebenarnya berkisar antara 95 hingga 105Ω.

Tetapi, jika gelang keempat berwarna silver atau 10%, maka nilai resistansi sebenarnya harus berkisar antara 90 dan 100Ω.

Agar lebih akurat, Anda bisa menggunakan alat multimeter dan mengukur langsung resistor untuk mengetahui nilai resistansi yang lebih praktis dan akurat. Menggunakan multimeter digital atau analog adalah solusi yang tepat jika Anda tidak yakin dengan nilai resistansi dari resistor yang dihitung manual.

2. Resistor 100 Ohm 5 Gelang Warna


Pada resistor 100 0hm dengan 5 warna, gelang pertamanya berwarna coklat (1), gelang kedua hitam (0) dan gelang ketiga hitam (0). Sedangkan gelang keempat atau pengali berwarna hitam (x1) yang berarti nilainya adalah 100. Rinciannya ada pada tabel berikut:

Nomor Fungsi Warna Nilai
1 Gelang Signifikan 1 Coklat 1
2 Gelang Signifikan 2 Hitam 0
3 Gelang Signifikan 3Hitam 0
4 Pengali Hitam x1
5 Toleransi Emas (atau Silver) ± 5% (± 10% Silver)
Total Nilai:
100 ± 5% Ω

3. Resistor 100 Ohm 6 Gelang Warna


Sama seperti resistor 100 Ohm 5 gelang, resistor 6 gelang hanya memiliki tambahan 1 warna yang menunjukan nilai koefisien suhu atau seberapa besar resistansi akan berpengaruh dengan perubahan suhunya.

Jadi, pada resistor 100 Ohm 6 gelang, gelang pertama hingga ketiga menunjukan nilai resistansi, gelang keempat sebagai pengali, gelang kelima menunjukan nilai toleransi dan gelang keenam adalah koefisien suhu.

Nomor Fungsi Warna Nilai
1 Gelang Signifikan 1 Coklat 1
2 Gelang Signifikan 2 Hitam 0
3 Gelang Signifikan 3Hitam 0
4 Pengali Hitam x1
5 Toleransi Emas (atau Silver) ± 5% (± 10% Silver)
6 Koefisien Suhu Lihat tabel berikutnya Lihat tabel berikutnya
Total Nilai:
100 ± 5% Ω

Tabel Kode Warna Koefisien Suhu Resistor 100 Ohm


Setiap warna gelang keenam pada resistor 6 gelang warna memiliki nilai koefisien suhu yang berbeda-beda. Berikut ini adalah tabel nilai dan kode warna koefisien suhu resistor:

WarnaNilai Koefisien Suhu
HitamN/A
Coklat100 ppm/ºC
Merah50 ppm/ºC
Oren15 ppm/ºC
Kuning25 ppm/ºC
HijauN/A
Biru10 ppm/ºC
Ungu5 ppm/ºC
Abu-abuN/A
PutihN/A

Tips Menghitung Warna Resistor 100 Ohm 4 Gelang:


Ada beberapa tips bermanfaat yang bisa mempermudah Anda ketika menghitung nilai resistansi dan toleransi dari resistor 100 Ohm 4 gelang warna. Yaitu sebagai berikut:
  1. Hitunglah nilai dari gelang terakhir (keempat) terlebih dahulu. Gelang terakhir biasanya berwarna silver atau emas, jadi sangat mudah untuk dikenali. Gelang terakhir ini adalah menunjukan nilai toleransi.
  2. Setelah menghitung gelang keempat, carilah nilai dari dua warna pertama diresistor. Dua gelang warna pertama menunjukan nilai resistansi dasar yang kemudian harus dikalikan dengan pengali untuk mengetahui nilai resistansi penuh.
  3. Gelang ketiga adalah sebagai pengali. Kalikan nilai pada dua gelang warna pertama untuk menemukan nilai resistansi penuh.

Untuk tutorial lebih lengkap mengenai kode warna dan cara menghitungnya, disarankan untuk membaca artikel yang sebelumnya sudah kami publikasikan. Langsung saja cek disini > Kode Warna Resistor dan Cara Menghitungnya yang benar.
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.