Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencari Channel Indosiar di Set top Box TV Digital

Setelah siaran analog dimatikan, muncul kasus baru dimana siaran Indosiar hilang di set top box TV digital atau bahkan ada yang belum pernah sama sekali mendapatkan channel Indosiar semenjak membeli set top box. Lalu bagaimana cara mencari channel Indosiar di set top box?

Indosiar adalah salah satu siaran TV favorit yang sudah migrasi dari analog ke sinyal digital. Cukup banyak pengguna set top box yang mengeluhkan channel Indosiar hilang di TV digital padahal sebelumnya sudah tersimpan, tentu ini adalah masalah yang harus segera diatasi apalagi bagi penggemar siaran Indosiar.

Penyebab Siaran Indosiar Hilang di TV Digital


cara mencari channel indosiar di set top box

Ada beberapa penyebab yang membuat siaran Indosiar tidak ada di TV digital, tetapi alasan paling umum adalah karena kualitas antena atau lokasi pengguna yang jauh dari pemancar sinyal, sehingga frekuensi TV digital yang didapatkan tidak maksimal.

Set top box yang tidak ada siaran Indosiar bisa disebabkan karena kualitas antena yang digunakan kurang baik, model antena juga sangat berpengaruh dengan banyaknya channel TV digital yang didapatkan. Disarankan untuk menggunakan antena outdoor untuk hasil yang maksimal.

Cara Mencari Channel Indosiar di Set top Box



Siaran Indosiar hilang di TV digital? Jangan khawatir, coba beberapa cara berikut ini untuk mengembalikannya:

1. Atur Posisi Antena


Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk mengembalikan siaran Indosiar yang hilang di set top box adalah mengubah posisi antena dengan benar. Posisi antena yang tepat bisa berpengaruh dengan jangkauan sinyal digital yang didapat.

Ubahlah posisi antena ke arah pemancar sinyal terdekat dari lokasi Anda, gunakan aplikasi SinyalTV Digital untuk mengetahui dimana saja lokasi pemancar sinyal yang ada didekat lokasi Anda. Atau ikuti arah antena orang lain yang mendapatkan siaran Indosiar di set top boxnya.

Selain itu, cobalah untuk menaikkan posisi antena lebih tinggi dengan tujuan untuk meminimalisir dari segala penghalang sinyal digital, seperti tembok atau pohon yang ada didekat antena.

2. Scan Ulang Siaran TV Digital


Setelah mengubah posisi antena tetapi tidak ada perubahan apapun, disarankan untuk melakukan pemindaian ulang channel TV digital. Kemungkinan masalah siaran Indosiar hilang di TV digital disebabkan karena adanya perubahan frekuensi dari saluran TV ini.

Perubahan frekuensi bisa saja terjadi pada semua saluran TV digital, cobalah untuk memindai ulang siaran agar set top box Anda bisa mendapatkan frekuensi terbaru dari semua channel yang ada. Sebagai contoh, kami menggunakan set top box Matrix Apple HD untuk scan ulang channel TV. Berikut tutorialnya:
  • Hubungkan TV dan Set top Box.
  • Colokkan jack antena ke STB.
  • Hidupkan TV dan STB Anda.
  • Tekan tombol [Menu] diremote STB lalu pilih [Search].
  • Pada bagian Search Mode pilih [DVB-T2], Search Type [All], Country/Region [Indonesia], Antena Power [On].
  • Terakhir, pilih [Auto Search] lalu tekan tombol [OK] diremote STB.
  • Tunggu proses scan ulang siaran TV digital sampai selesai.

3. Pakai Antena Outdoor


Pemasangan antena outdoor memang sedikit ribet, tetapi inilah cara terbaik untuk mendapatkan banyak siaran TV digital di set top box Anda. Antena outdoor / luar ruangan memiliki jangkauan sinyal yang lebih luas, sehingga channel yang terpindai bisa lebih banyak.

Jika Anda masih menggunakan antena indoor, disarankan untuk ganti ke antena outdoor dan mengatur ketinggian serta posisi antena dengan benar. Sudah banyak merk dan model antena outdoor yang bisa ditemukan di marketplace atau toko elektronik offline.

4. Reset Ulang Set top Box


Mereset ulang berarti mengembalikan semua pengaturan STB seperti semula. Ini adalah salah satu cara efektif untuk mengatasi malfungsi pada sistem set top box yang mungkin saja menjadi penyebab kenapa channel Indosiar tidak ada di set top box Anda.

Setiap merk set top box memiliki cara berbeda untuk mengakses menu pengaturan ulang, tetapi biasanya menu ini bisa diakses melalui [Pengaturan] di set top box. Setelah reset ulang selesai, Anda harus mengisi formulir instalasi seperti pertama kali menyalakan set top box.

5. Update Software Set top Box


Tidak bisa mencari channel Indosiar di set top box? Bisa software set top box sudah terlalu lawas sehingga perlu diupdate. Software juga berpengaruh dengan kinerja set top box, jika sudah lama tidak diupdate kemungkinan sudah banyak bug di software tersebut.

Umumnya kebanyakan set top box akan memberi informasi kepada penggunanya jika sudah ada versi software terbaru, dengan syarat set top box tetap terhubung ke jaringan wifi atau internet. Anda juga bisa upgrade software secara manual via flashdisk. Berikut firmware update untuk beberapa merk set top box:

Itulah 5 cara mencari channel Indosiar di set top box TV digital, kesimpulannya siaran Indosiar yang hilang di TV digital bisa disebabkan karena banyak hal, tetapi yang paling berpengaruh adalah jenis antena serta lokasi pengguna set top box.

Lihat juga: 
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.