Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Setting TV Digital LG Tanpa Set top Box DVB-T2

Untuk menonton siaran digital di TV LG tidak harus selalu memakai set top box, karena ada beberapa model TV LG lama ataupun baru yang sudah didukung oleh fitur DVB-T2 sehingga Anda hanya perlu setting TV digital LG tanpa set top box dengan mengikuti panduan dalam artikel ini.

Jika TV LG Anda sudah mendukung fitur DVB-T2, itu berarti Anda tidak perlu membeli set top box untuk memindai siaran TV digital. Kami tidak bisa memberikan informasi lebih detail model TV LG apa saja yang sudah sudah digital, Anda bisa langsung mengeceknya melalui menu pengaturan.

Perlu dicatat, tidak semua TV LED LG bisa menerima sinyal digital. Oleh karena itu, Anda bisa mamastikan terlebih dahulu spesifikasi dari model TV LG Anda sebelum mengikuti cara setting TV digital LG tanpa set top box dibawah ini:

Cara Setting TV Digital LG Tanpa Set top Box DVB-T2


cara setting tv digital lg


Sebagai contoh, pada tutorial kali ini kami menggunakan TV LED LG tipe 32LB263D untuk memindai siaran TV digital tanpa set top box. Berikut langkah-langkahnya:
  • Nyalakan TV LED LG Anda.
  • Pastikan TV sudah terhubung ke antena.
  • Tekan tombol [Settings] pada remot TV.
  • Kemudian arahkan ke menu [Atur] menggunakan tombol navigasi di remot.
  • Setelah itu, pilih opsi [Pencarian Program Otomatis].
  • Tunggu proses pencarian siaran TV digital sampai selesai.

car asetting tv digital lg tanpa set top box


Cara Edit Program Digital di TV LG


Jika semua channel TV digital sudah tersimpan, sekarang Anda bisa mengubah nomor program, memblokir siaran TV dan lain-lain. Langsung saja ikuti tutorial dibawah ini:
  • Tekan tombol [Settings] pada remot TV LG Anda.
  • Arahkan ke opsi [Edit Program] menggunakan tombol navigasi remot.
  • Pilih [DTV] dan cari channel TV digital yang ingin diedit.
  • Tekan [OK] untuk mulai mengedit nomor program, blokir program dan beberapa pilihan edit lainnya.


Penyebab Kenapa TV LG Tidak Mendapatkan Siaran TV Digital


Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah metode diatas hanya bisa berfungsi apabila TV LG Anda sudah memiliki fitur DVB-T2 yang mana merupakan fitur untuk menangkap dan menerima siaran TV digital tanpa set top box.

Apabila fitur tersebut belum tersedia di TV LG Anda, maka Anda harus menggunakan set top box agar tetap bisa mendapatkan siaran TV digital.

Lalu bagaimana jika sudah ada fitur DVB-T2 tetapi tetap tidak mendapatkan channel TV digital? Masalah ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya seperti:
  • Antena belum terpasang dengan benar.
  • Arah antena kurang tepat.
  • Sinyal digital lemah didaerah Anda.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus memperhatikan ketiga faktor diatas. Pastikan antena sudah terpasang dengan benar, atur juga posisi antena ke arah yang tepat dan lakukan scan ulang setiap kali melakukan perubahan pada posisi antena.

Akhir Kata


Jadi kesimpulannya, cara setting TV digital LG tanpa set top box adalah dengan memindai ulang siaran jika TV LG Anda memang sudah mendukung fitur DVB-T2 atau DTV (Digital TV). Jika proses pemindian channel telah selesai, secara otomatis TV LG Anda akan beralih ke mode DTV. Semoga bermanfaat.
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.