Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Fungsi Dongle Wifi di Set top Box? Berikut Penjelasannya

Selain digunakan untuk menonton channel TV digital, fungsi lain dari set top box adalah untuk menonton streaming film, IPTV dan aplikasi online lainnya dengan menghubungkan STB ke dongle Wifi. Lalu apa fungsi dongle wifi di set top box dan bagaimana cara kerjanya?

Sebenarnya dongle wifi pada set top box tidaklah wajib, tetapi dibutuhkan ketika Anda ingin mencoba semua aplikasi online yang biasanya sudah terpasang secara default di berbagai model STB saat ini. Sebut saja seperti Youtube, TikTok, WeTV atau Vidio yang membutuhkan akses internet.

Tanpa dongle wifi, set top box hanya bisa digunakan untuk menonton siaran TV digital saja. Pada artikel kali ini, kami akan membahas apa fungsi dongle Wifi di set top box sehingga Anda bisa mempertimbangkan apakah harus membeli alat ini atau tidak.

Apa itu Dongle WiFi Pada Set top Box?



fungsi dongle wifi di set top box

Dongle Wifi adalah perangkat berukuran kecil yang bisa terhubung ke set top box, laptop atau TV yang memungkinkan Anda untuk mengakses internet pada perangkat tersebut.

Ukurannya yang kecil membuat dongle wifi mudah dibawa, nyaman digunakan dan tentunya bisa menjadi solusi jika set top box Anda belum memiliki receiver wifi bawaan.

Kebanyakan dongle wifi menggunakan port USB, sehingga bisa dengan mudah digunakan pada set top box. Anda hanya perlu mencolokan dongle wifi pada port USB yang biasanya ada didepan atau belakang STB.

Fungsi Dongle Wifi di Set top Box TV Digital


Dongle Wifi pada dasarnya adalah alat plug and play praktis yang memungkinkan Anda untuk menghubungkan set top box ke Wifi atau internet sehingga bisa digunakan untuk menonton Youtube atau aplikasi streamig online lainnya.

Kebanyakan model set top box sekarang kompatibel dengan dongle Wifi MT7601 yang memiliki kecepatan hingga 150Mbps. Tetapi, tetap disarankan untuk mencari tahu dongle wifi yang cocok untuk STB Anda sebelum membelinya.

Apakah Dongle Wifi Penting untuk Set top Box?


Jika Anda sudah terbiasanya menonton film online, dongle wifi adalah alat yang wajib untuk set top box. Alasannya karena sebagian besar model set top box sekarang memang tidak bisa terhubung ke internet tanpa dongle wifi.

BACA JUGA: Fungsi HDMI Pada Set top Box

Kelebihan dan Kekurangan Dongle Wifi Set top Box


Ada beberapa kelebihan dan kekurangan dongle wifi set top box yang perlu diketahui. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Kelebihan Dongle Wifi Set top Box

  • Ukuran kecil, sehingga mudah dibawa kemana-mana.
  • Memungkinkan untuk mengakses internet pada set top box.
  • Harganya murah.
  • Mudah ditemukan di marketplace atau toko offline.
  • Menggunakan USB, sehingga kompatibel dengan banyak perangkat.

Kekurangan Dongle Wifi Set top Box

  • Kecepatan internet biasa saja.
  • Jangkauan yang kurang luas.

Itulah penjelasan singkat mengenai fungsi dongle wifi di set top box, cara kerja, serta kekurangan dan kelebihan dongle wifi pada set top box. Sekarang Anda bisa mempertimbangkan apakah perlu membeli dongle wifi untuk set top box atau tidak.

Belum tahu bagaimana cara setting set top box yang benar? Kami sarankan baca langkah setting STB dari berbagai merk berikut ini:
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.