Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Fungsi HDMI Pada Set top Box? Simak Penjelasannya!

Banyak yang belum tahu apa fungsi HDMI pada set top box, mengingat saat ini kebanyakan set top box DVB-T2 sudah dilengkapi dengan kabel HDMI dalam paket pembeliannya. Anda bisa menggunakan kabel HDMI jika tersedia port HDMI di TV Anda.

Apa Fungsi HDMI Pada Set top Box?


fungsi hdmi pada set top box

HDMI adalah singkatan dari High Definition Multimedia Interface. Jika digunakan pada STB, berarti kabel HDMI berfungsi untuk mentransfer semua data dari STB ke TV, sehingga tampilan STB bisa tampil dilayar TV, komputer, laptop ataupun perangkat lainnya yang memiliki port HDMI.

Umumnya fungsi kabel HDMI pada set top box digunakan khusus untuk TV LCD, LED atau Smart TV yang sudah dilengkapi dengan port HDMI. Sedangkan pada TV tabung, Anda harus menggunakan kabel RCA, karena di TV tabung tidak ada port HDMI.

Kabel HDMI standar memiliki kemampuan untuk menampilkan kualitas gambar dengan resolusi 720p hingga 1080p. Jadi jika ingin mendapatkan kualitas gambar yang jernih, disarankan untuk menghubungkan set top box ke TV menggunakan kabel HDMI, bukan kabel RCA.

Selain kualitas gambar yang lebih bagus, fungsi kabel HDMI pada set top box adalah kecepatan transfer bandwidth yang lebih baik. Jadi, menggunakan kabel HDMI bisa menambah kenyamanan ketika menonton TV digital menggunakan set top box.

Kenapa Kabel HDMI Penting untuk Set top Box?


Menghubungkan STB ke TV menggunakan kabel HDMI hanya bisa dilakukan untuk TV LED, LCD atau Smart TV yang sudah dilengkapi dengan port HDMI.

Pemilihan kabel HDMI adalah langkah yang tepat karena Anda akan mendapatkan kualitas gambar yang jauh lebih jernih dibandingkan dengan kabel RCA.

Selain kualitas gambar yang bagus, penggunakan kabel HDMI untuk set top box juga dapat membuat suara yang dihasilkan jauh lebih jernih dan tajam.

Cara Menghubungkan Set top Box ke TV dengan Kabel HDMI


Sebelum mengikuti tutorial ini, pastikan TV Anda memiliki setidaknya 1 port HDMI kososng. Biasanya port HDMI ini ada dibagikan belakang atau samping televisi.
  • Siapkan Set top Box.
  • Colokan kabel HDMI ke port HDMI yang ada di set top box.
  • Kemudian, colokan ujung kabel HDMI lainnya ke port HDMI yang ada di TV.
  • Nyalakan STB dan TV Anda.
  • Lalu ubah input TV ke mode [HDMI] dengan cara tekan tombol [Input/Source] diremot TV, lalu pilih [HDMI]. Setiap merk TV memiliki cara yang berbeda untuk beralih ke mode input HDMI.

Itulah fungsi HDMI pada set top box beserta cara menghubungkan STB ke TV menggunakan kabel HDMI. Kesimpulannya, kabel HDMI bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menghubungkan STB ke TV LED, LCD atau Smart TV yang sudah tersedia port HDMI.

Lihat juga:
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.