Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencari Siaran Digital Trans TV yang Hilang

Trans TV termasuk salah satu siaran yang sudah migrasi dari analog ke TV digital dan sudah memiliki banyak penonton sehingga tidak heran banyak orang yang ingin mencari ketika siaran digital Trans TV hilang di set top box, padahal sebelumnya sudah tersimpan.

Lalu kenapa channel Trans TV hilang di TV digital? alasan utamanya adalah karena perubahan frekuensi, sehingga penggunanya harus melakukan scan ulang siaran TV digital atau mengganti kode frekuensi Trans TV digital secara manual.

Masalah hilangnya siaran Trans TV di TV digital baru-baru ini dikeluhkan oleh banyak orang, khususnya pengguna set top box. Pada artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa solusi yang bisa Anda coba untuk mengembalikan siaran digital Trans TV hilang, berikut pembahasannya:

Cara Mencari Siaran Digital Trans TV Hilang di Set top Box



siaran digital trans tv hilang

1. Pindai Ulang Siaran TV Digital


Berubahnya frekuensi dari sebuah channel TV menyebabkan siaran hilang atau tidak ada sinyal, cara paling mudah untuk mengatasi ini adalah dengan melakukan pemindaian ulang siaran TV digital.

Secara otomatis set top box Anda akan mendapatkan frekuensi terbaru dari semua channel yang tertangkap. Cara untuk scan ulang siaran pada setiap merk set top box berbeda-beda, tetapi biasanya opsi ini ada pada bagian menu [Pengaturan] di set top box.

2. Lebih Baik Gunakan Antena Outdoor


Masih pakai antena indoor? itu bisa jadi penyebab kenapa channel TV digital sedikit atau banyak siaran yang tiba-tiba hilang. Bagi pengguna set top box, untuk hasil yang maksimal disarankan menggunakan antena outdoor.

Alasannya karena antena outdoor memiliki jangkauan sinyal yang lebih luas dibanding indoor, selain itu antena outdoor yang diletakan pada posisi tinggi akan minim dari halangan sinyal, sehingga penerimaan sinyal digitalnya lebih baik.

3. Atur Posisi Antena yang Benar


Posisi antena yang kurang tepat bisa menjadi penyebab kenapa siaran digital Trans TV hilang pada set top box. Pastikan posisi antena tidak terlalu rendah dan tidak ada halangan benda padat seperti pohon atau tembok yang bisa menjadi penghambat sinyal TV digital.

Selain itu Anda juga perlu memperhatikan posisi antena, arahkan antena ke pemancar sinyal terdekat atau ikuti posisi antena tetangga yang mendapatkan banyak siaran TV digital. Anda juga bisa menggunakan aplikasi SinyalTV digital untuk mengetahui posisi pemancar sinyal terdekat.

4. Reset Ulang Set top Box


Masalah siaran TV digital yang tiba-tiba hilang tidak selalu disebabkan karena adanya perubahan frekuensi saja, tetapi bisa jadi karena malfungsi pada sistem set top box sehingga tidak bisa memindai siaran TV digital secara maksimal.

Cara paling praktis agar bug pada set top box hilang adalah dengan mereset ulang ke pengaturan pabrik. Setiap merk set top box memiliki cara yang berbeda untuk reset ulang, tetapi biasanya Anda bisa mengakses menu ini di [Pengaturan].

Setelah mereset ulang STB, Anda harus mengatur set top box kembali seperti pertama kali dinyalakan. Seperti memilih lokasi, bahasa, jenis antena dan juga memasukan kode lokasi TV digital sesuai daerah masing-masing.

Kami harap keempat cara diatas bisa mengatasi siaran digital Trans TV hilang ataupun siaran lainnya yang mungkin belum tertangkap oleh set top box DVB-T2 Anda. Jika ada pertanyaan terkait topik ini, tinggalkan saja pada kolom komentar dibawah.

Lihat juga:
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.