Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengembalikan Siaran MNC Group Hilang di TV Digital

Setelah tahapan migrasi siaran analog ke digital sudah mulai rampung, timbul masalah baru dimana ada beberapa stasiun televisi yang tiba-tiba hilang. Sebagian orang mengeluhkan siaran MNC Group hilang di TV digital padahal sebelumnya sudah tersimpan.

Masalah ini biasa terjadi pada pengguna set top box ataupun TV digital. MNC Group adalah salah satu siaran TV favorit yang cukup memiliki banyak penonton, sehingga tidak heran banyak yang merasa kurang jika tidak ada channel MNC Group di STB atau TV digital mereka.

Lalu kenapa siaran MNC Group hilang di TV digital? biasanya masalah ini disebabkan karena adanya perubahan frekuensi dari channel TV ini, sehingga channel yang sebelumnya sudah tersimpan tiba-tiba hilang. Anda bisa mencoba beberapa cara berikut untuk mengembalikan siaran MNC TV yang hilang:

Cara Mengembalikan Siaran MNC Group Hilang di TV Digital



siaran mnc group hilang di tv digital


1. Scan Ulang Siaran TV Digital


Cara pertama yang perlu dilakukan ketika channel MNC hilang adalah dengan memindai ulang siaran TV digital di perangkat STB atau TV Anda. Memindai ulang adalah langkah yang paling ampuh untuk mengembalikan channel TV digital yang hilang.

Setiap merk STB dan TV digital memiliki cara yang berbeda untuk melakukan pemindaian ulang siaran TV digital. Tetapi umumnya, opsi ini ada dibagian menu [Pengaturan] di set top box atau TV digital Anda.

Selain untuk mengembalikan siaran MNC Group yang hilang, scan ulang juga bisa menjadi cara efektif untuk mendapatkan channel TV digital baru yang sebelumnya tidak ada di TV Anda.

2. MNC Group Tidak ada di TV Digital? Coba Pakai Antena Outdoor


Banyak model antena dengan spesifikasi berbeda-beda. Tetapi yang paling direkomendasikan untuk menangkap sinyal digital adalah antena outdoor (luar ruangan) dengan kelebihan bisa menerima frekuensi sinyal TV digital lebih baik dibandingkan antena outdoor.

Bisa jadi masalah channel MNC Group hilang di TV digital Anda disebabkan karena daya tangkap antena kurang maksimal, banyaknya halangan yang membuat sinyal digital sulit dijangkau oleh antena Anda.

3. Gunakan Booster Antena TV


Jika sudah melakukan kedua cara diatas namun siaran MNC Group masih hilang, Anda bisa mencoba menggunakan booster TV agar jangkauan antena lebih luas lagi. Karena, ada kasus dimana siaran TV hilang timbul disebabkan karena jangkauan antena yang lemah.

4. Reset Set top Box


Apabila Anda menggunakan STB untuk menonton channel TV digital, cara untuk mengatasi siaran TV digital yang hilang adalah dengan mereset ulang set top box ke setelan pabrik. Selain karena adanya perubahan frekuensi, bisa jadi channel MNC TV hilang di TV digital adalah karena malfungsi pada sistem STB.

Tetapi sebelum melakukan reset STB, pastikan Anda sudah menctvoba ketiga langkah sebelumnya, terutama melakukan pemindaian ulang siaran TV digital. Kami harap cara diatas bisa membantu Anda untuk mengembalikan siaran MNC Group hilang di TV digital.

Lihat juga:
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.