Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Smart TV Perlu Set top Box untuk Nonton Siaran Digital?

Banyak orang yang bertanya apakah smart TV perlu set top box atau tidak untuk menonton siaran TV digital, mengingat Smart TV merupakan model TV terbaru yang dilengkapi dengan banyak fitur bahkan hampir mirip dengan kebanyakan smartphone saat ini.

Kehadiran Smart TV menjadi bukti nyata bahwa perkembangan teknologi semakin pesat. Semenjak siaran analog digantikan dengan TV digital, banyak orang yang bingung apakah perlu membeli set top box untuk Smart TV atau tidak.

Apakah Smart TV Perlu Set top Box?


apakah smart tv perlu set top box

Perlu diketahui, hampir semua model Smart TV sudah dilengkapi dengan fitur DTV (Digital TV) atau dikenal dengan sebutan DVB-T2. Fitur ini memungkinkan Smart TV untuk menerika sinyal TV digital secara langsung tanpa membutukan set top box dan alat sejenis lainnya.

Fitur bawaan DVB-T2 pada Smart TV biasanya lebih peka dalam menangkap sinyal digital dibandingkan dengan set top box, sehingga kualitas gambar yang ditampilkan lebih jernih dan stabil.

Fitur DVB-T2 ini seharusnya sudah disematkan pada semua merk Smart TV seperti Samsung, LG, Sharp, Polytron, Panasonic, Coocaa dan model Smart TV lainnya. Lalu bagaimana cara mencari siaran TV digital di Smart TV? Berikut ulasan lengkapnya:

Cara Mencari Siaran TV Digital di Smart TV


Setiap merk Smart TV memiliki tampilan menu yang berbeda, sehingga kemungkinan besar cara mencari channel TV digitalnya juga akan berbeda. Sebagai contoh, pada tutorial dibawah ini kami menggunakan Smart TV Samsung untuk memindai channel TV digital tanpa set top box:
  • Hidupkan Smart TV Anda.
  • Tekan tombol [Menu] diremot Smart TV.
  • Lalu arahkan ke opsi [Sumber > TV] menggunakan tombol navigasi pada remot.
  • Kemudian tekan tombol [Home] dan pilih menu [Pengaturan > Enter].
  • Arahkan ke opsi [Siaran > Pengaturan Penyetelan Otomatis > Penyetelan Otomatis > Mulai].
  • Ganti "Jenis Saluran" menjadi Digital lalu pilih [Pindai].
  • Tunggu hingga proses scan ulang TV digital di Smart TV Samsung sampai selesai.

Jika Anda menggunakan merk Smart TV lain, mungkin caranya akan berbeda tidak seperti tutorial diatas. Tetapi kesimpulannya, jika bertanya apakah Smart TV perlu set top box, jawabannya adalah tidak, Anda hanya perlu memindai ulang siaran di Smart TV untuk mendapatkan channel TV digital tanpa STB.

Lihat juga:
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.

Posting Komentar untuk "Apakah Smart TV Perlu Set top Box untuk Nonton Siaran Digital?"


close