Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Boot di Set top Box TV Digital Semua Merk yang Perlu Diketahui

Pemerintah mematikan siaran analog secara bertahap dan sudah rampung pada beberapa daerah di Indonesia. Hal ini membuat masyarakat yang belum memiliki TV digital harus membeli set top box DVB-T2 agar tetap bisa menonton siaran TV favorit. Belakangan ini banyak yang bertanya apa arti boot di set top box TV digital.

Tepatnya semenjak siaran analog dimatikan, banyak orang yang belum mengetahui fungsi sepenuhnya dari set top box, sehingga ada beberapa opsi atau tulisan pada display set top box yang belum dipahami apa artinya. Termasuk tulisan "boot" yang biasanya muncul pada display set top box.

Apa Arti Boot di Set top Box TV Digital?


arti boot di set top box

Mungkin Anda pernah bertanya kenapa ada tulisan boot di set top box, ternyata tulisan boot atau booting menandakan bahwa set top box Anda sedang dalam proses loading dan memuat data serta memberikan instruksi pada berbagai komponen set top box sampai perangkat ini bisa menyala.

Umumnya tulisan boot di set top box akan muncul pada display dibagian depan STB ketika tombol [Power] set top box ditekan. Setelah tulisan boot hilang seharusnya set top box Anda sudah menyala dan siap digunakan untuk menonton channel digital di TV tabung ataupun LED.


Cara Mengatasi Set top Box Tulisan Boot Terus (Gagal Booting)


Setelah mengetahui arti boot di set top box, ada informasi lain yang perlu Anda pelajari yaitu cara mengatasi set top box tulisan boot terus tetapi tidak menyala atau tidak tampil gambar sama sekali.

Masalah ini dialami oleh cukup banyak orang yang menggunakan set top box dari berbagai merk. Apabila tulisan boot pada set top box tidak hilang, kemungkinan disebabkan karena adanya malfungsi sistem pada perangkat STB Anda.

Setelah menekan tombol [Power] pada remot STB dan kemudian muncul tulisan boot terus (Stuck) maka langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah sebagai berikut:

1. Hidupkan Ulang Set top Box


Menghidupkan ulang atau mencabut kabel daya STB beberapa menit kemudian colokan kembali adalah salah satu cara untuk menyegarkan sistem set top box dengan harapan agar tidak stuck pada tulisan boot.

Restart set top box juga berguna untuk menghilangkan bug apapun yang mungkin terjadi pada STB Anda yang dapat menyebabkan tulisan boot terus tetapi set top box tidak bisa menampilkan gambar.

Biasanya setelah menyalakan ulang set top box, maka masalah gagal booting akan segera teratasi dan tidak lama setelah tulisan boot muncul set top box Anda akan menyala dan menampilkan gambar di TV LED atau tabung.

2. Flash Firmware Set top Box


Untuk mengatasi masalah set top box muncul tulisan boot terus adalah bisa dilakukan dengan cara flashing menggunakan firmware yang sesuai dengan model set top box Anda.

Kebanyakan set top box saat ini bisa dengan mudah diflashing menggunakan flashdisk yang sudah terisi firmware. Pastikan untuk melakukan flashing dengan langkah-langkah yang sesuai agar tidak terjadi masalah setelah proses flash berlangsung.

3. Reset Set top Box


Apabila setelah menyalakan ulang set top box tidak ada perubahan apapun, maka Anda harus coba untuk meresetnya ke pengaturan pabrik.

Ini adalah langkah terakhir jika metode sebelumnya tidak ada yang berhasil. Setiap model set top box memiliki cara berbeda untuk melakukan factory reset, jadi Anda bisa mencari tutorialnya sesuai dengan model set top box DVB-T2 yang Anda gunakan saat ini.

Jadi itulah arti boot di set top box DVB-T2 TV digital yang perlu Anda ketahui agar tidak salah ketika ingin mengatasi masalah set top box tulisan boot terus. Kesimpulannya tulisan boot pada set top box menandakan STB sedang loading sampai siap menampilkan siaran TV digital.

Lihat juga:
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.