Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencari Siaran RCTI di Set top Box TV Digital yang Hilang

Penghentian siaran analog membuat warga Indonesia perlu membeli set top box atau perangkat sejenis lainnya, alih-alih bisa menonton siaran TV digital tetapi pada kenyatannya channel TV digital masih sulit didapatkan pada beberapa daerah tertentu. Inilah alasannya kenapa cara mencari siaran RCTI di set top box banyak dicari orang.

Karena RCTI adalah salah satu channel TV lokal yang memiliki cukup banyak penggemar dan acara yang ditayangkan memang menarik. Channel RCTI sudah resmi beralih ke sinyal TV digital sehingga kualitas gambar yang ditampilkan menjadi lebih jernih. Tetapi kenapa channel RCTI hilang di set top box TV digital?

Masalah ini seringkali dikeluhkan oleh pengguna set top box DVB-T2 pada beberapa wilayah di Indonesia yang memang penyebaran sinyal digitalnya belum stabil, sehingga masih ada beberapa channel TV digital yang sulit ditangkap. Berikut ini adalah cara mencari siaran RCTI di set top box dan TV digital yang hilang:

Penyebab Kenapa Siaran RCTI Hilang di TV Digital


cara mencari siaran rcti di set top box

Ada beberapa penyebab kenapa channel RCTI hilang di set top box, salah satunya adalah karena daerah tersebut belum dijangkau sepenuhnya oleh sinyal digital. Selain itu posisi dan jenis antena yang digunakan juga sangat berpengaruh dengan banyak atau tidaknya siaran TV digital yang didapatkan.

Bagi pengguna set top box disarankan untuk menggunakan antena outdoor karena memiliki daya tangkap sinyal yang lebih kuat. Apalagi jika Anda tinggal di daerah terpencil susah sinyal maka sangat disarankan untuk memakai antena outdoor. Lihat rekomendasinya disini:

Cara Mencari Siaran RCTI di Set top Box TV Digital



Setelah mengetahui penyebabnya, sekarang Anda bisa mencoba beberapa metode dibawah ini untuk mengembalikan channel RCTI yang hilang di set top box TV digital:

1. Scan Ulang Siaran RCTI


Metode pertama yang paling ampuh untuk mengatasi channel RCTI hilang adalah dengan melakukan scan ulang set top box atau TV digital Anda. Biasanya kebanyakan perangkat set top box dilengkapi dengan fitur scan secara otomatis dan manual.

Untuk pemula disarankan melakukan scan otomatis saja karena tidak membutuhkan langkah-langkah yang ribet. Setiap model set top box memiliki cara berbeda untuk melakukan scan ulang. Sebagai contoh, kami menggunakan set top box Matrix Apple HD untuk scan ulang siaran RCTI digital dan yang lainnya:
  • Hubungkan STB ke TV.
  • Colokkan antena ke STB.
  • Nyalakan set top box dan TV Anda.
  • Tekan tombol [Menu] pada remote STB lalu pilih [Search].
  • Pada bagian Search Mode pilih [DVB-T2], Search Type [All], Country/Region [Indonesia], Antena Power [On].
  • Setelah itu pilih [Auto Search] lalu tekan [OK] diremote STB.
  • Tunggu proses pemindaian ulang siaran TV digital sampai selesai.


2. Gunakan Antena Outdoor


Seperti yang sudah dikatakan, jenis antena sangat berpengaruh dengan kekuatan sinyal yang ditangkap oleh set top box. Sebagus apapun model STB yang dimiliki, apabila model antenanya tidak tepat maka akan sedikit channel TV digital yang didapatkan.

Ini juga bisa menjadi penyebab kenapa siaran RCTI tidak ada si set top box Anda. Jadi untuk hasil yang maksimal, sangat disarankan untuk beralih ke antena outdoor (luar ruangan) yang sekarang ini sudah tersedia banyak di marketplace online atau toko elektronik offline.

3. Perhatikan Posisi Antena


Menggunakan antena outdoor saja tidak cukup, Anda juga harus mengetahui posisi antena yang tepat agar sinyal digital yang didapatkan bisa lebih maksimal. Untuk antena outdoor, pastikan posisinya tidak terlalu rendah dan tidak banyak halangan disekitar antena.

Selain itu, atur arah antena yang tepat sesuai dengan arah pemancar sinyal terdekat di lokasi Anda. Untuk lebih mudahnya, gunakan aplikasi SinyalTV Digital di Google Play Store untuk mengetahui dimana posisi pemancar sinyal terdekat dilokasi Anda.

Atau gunakan cara lain seperti mengikuti posisi antena tetangga yang mendapatkan siaran RCTI atau channel TV digital lainnya secara lengkap. Ini adalah cara praktis selain mencari tahu posisi pemancar sinyal terdekat.

BACA JUGA: Cara Mencari Siaran ANTV yang Hilang di TV Digital

4. Update Software Set top Box

Umumnya kebanyakan model set top box DVB-T2 saat ini dilengkapi dengan menu Upgrade Software yang bisa digunakan untuk memperbarui software STB tersebut setelah versi software terbaru tersedia. Pada beberapa model set top box, pengguna akan mendapatkan notifikasi apabila software versi baru sudah tersedia selama STB terhubung ke internet.

Tetapi ada juga yang mengharuskan pengguannya upgrade software secara manual via USB yang biasanya file upgrade tersebut berformat .bin. Jadi untuk mencari siaran RCTI di set top box yang hilang, cobalah perbarui software STB Anda ke versi paling terbaru. Berikut link download software untuk beberapa merk set top box:

5. Reset Ulang Set top Box


Masalah siaran RCTI yang hilang di TV digital bisa jadi disebabkan karena adanya malfungsi pada sistem set top box. Apabila reset ulang tidak membuahkan hasil apa-apa, maka solusi lain yang perlu dicoba adalah melakukan reset ulang STB ke pengaturan pabrik.


Reset ulang berarti mengembalikan semua pengaturan set top box seperti baru lagi, jadi setelah proses reset selesai Anda perlu mengatur set top box seperti pertama kali menyalakannya. Seperti mengatur bahasa, LCN dan memasukan kode lokasi TV digital.

Itulah 5 cara mencari siaran RCTI di set top box TV digital yang hilang. Jadi kesimpulannya ada banyak penyebab kenapa channel RCTI hilang di TV digital, salah satunya karena adanya perubahan frekuensi, jenis antena yang kurang tepat dan juga masalah pada perangkat set top box atau TV digital Anda.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.

1 komentar untuk "Cara Mencari Siaran RCTI di Set top Box TV Digital yang Hilang"

  1. Sinyal RCTI grup gak stabil, setting ulang arah antena pas dpt, besoknya hilang lg, begitu seterusnya (masa mau nonton RCTI hrs rubah2 lg arah antena!?!!)

    BalasHapus

close