Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencari Siaran Trans 7 di Set top Box TV Digital yang Hilang

Sekarang semua saluran TV lokal sudah beralih ke sinyal digital dengan kualitas gambar yang lebih jernih dibandingkan analog. Salah satunya adalah channel digital Trans 7 yang sekarang tersedia di set top box DVB-TW. Lalu bagaimana cara mencari siaran Trans 7 di set top box TV digital yang hilang?

Semenjak pemerintah menyuntik mati siaran analog, banyak pengguna set top box yang mengeluhkan ada beberapa channel TV digital yang tidak tersedia, salah satunya adalah Trans 7 digital yang pada beberapa daerah di Indonesia masih sulit ditangkap oleh set top box DVB-TW.

Penyebab utamanya adalah kualitas, posisi antena serta lokasi yang memang belum dijangkau sinyal digital sepenuhnya. Untuk mengatasi masalah ini, kami sudah membuatkan artikel tentang cara mencari siaran Trans 7 di set top box TV digital yang hilang, berikut langkah-langkah lengkapnya:

Cara Mencari Siaran Trans 7 di Set top Box TV Digital yang Hilang


cara mencari siaran trans 7 di set top box

Jangan panik apabila siaran Trans 7 tiba-tiba hilang atau bahkan set top box Anda belum pernah mendapatkan siaran Trans 7 digital sama sekali. Ikuti metode berikut ini yang mungkin bisa mengatasi masalah Trans 7 hilang di set top box:

1. Scan Ulang Siaran Trans 7


Memindai ulang siaran TV digital adalah langkah yang tepat untuk mengatasi channel TV digital yang sulit didapatkan pada set top box. Setiap model set top box umumnya memiliki dua opsi untuk melakukan scanning siaran digital, yaitu secara otomatis atau manual.

Untuk opsi yang lebih praktis, Anda bisa langkah scan ulang siaran TV digital secara otomatis di set top box yang biasanya menu scan ulang ada pada bagian [Pengaturan/Program] di set top box DVB-T2 Anda.

Setelah melakukan scan ulang, tidak jarang siaran TV yang tadinya tidak ada menjadi lebih lengkap. Kenapa bisa begitu? tidak menutup kemungkinan channel TV digital sedikit disebabkan karena adanya malfungsi sistem pada set top box Anda, sehingga cara paling efektik untuk mengatasinya adalah dengan scan ulang.

BACA JUGA: Cara Mencari Channel SCTV di Set top Box

2. Pakai Antena Outdoor


Antena outdoor sangat direkomendasikan untuk pengguna set top box agar bisa mendapatkan lebih banyak siaran TV digital dengan kekuatan sinyal yang maksimal dibandingkan dengan antena indoor yang memiliki jangkauan lebih kecil.

Sudah banyak merk dan model antena outdoor (luar ruangan) dengan harga bervariasi yang bisa dibeli di marketplace online atau toko elektronik disekitar rumah Anda. Dengan menggunakan antena outdoor kemungkinan set top box akan mendapatkan kembali channel Trans 7 digital yang hilang.

BACA JUGA: Cara Mencari Siaran ANTV yang Hilang

3. Perhatikan Letak dan Posisi Antena


Mengganti antena outdoor saja belum cukup, Anda juga harus memperhatikan posisi dan letak antena secara akurat agar sinyal digital yang ditangkap bisa lebih maksimal. Atur posisi antena ke arah pemancar sinyal terdekat dari lokasi Anda.

Untuk mengetahui posisi pemancari sinyal terdekat, cobalah gunakan aplikasi SinyalTV Digital yang bisa menunjukan posisi pemancar sinyal terdekat yang ada di lokasi Anda saat ini. Atau agar lebih praktis, ikuti saja arah antena orang lain yang mendapatkan channel digital lengkap, termasuk Trans 7.

BACA JUGA: Kenapa Indosiar dan SCTV Hilang di TV Digital

4. Update Software Set top Box


Setelah melakukan ketiga langkah diatas namun belum berhasil juga, ada cara mencari siaran Trans 7 di set top box lainnya yang bisa Anda coba. Yaitu dengan update software set top box ke versi terbaru. Biasanya software juga berpengaruh dengan kemampuan set top box dalam menangkap sinyal digital.

Apalagi jika memang Anda sudah lama tidak upgrade software terbaru, kemungkinan terdapat bug-bug yang menyebabkan channel Trans 7 digital hilang di se top box Anda. Kebanyakan model set top box umumnya update software langsung via flashdisk.

BACA JUGA: Penyebab MNC Group Hilang di TV Digital

5. Reset Ulang Set top Box


Setelah melakukan update software ke versi terbaru namun siaran Trans 7 masih hilang, ada cara lain yang bisa Anda coba, yaitu dengan melakukan reset ulang set top box ke pengaturan pabrik yang berarti mengembalikan semua pengaturan set top box seperti awal lagi.

Tidak jarang dengan melakukan factory reset bisa mengatasi permasalahan pada set top box TV digital, seperti channel sedikit, tidak ada sinyal sama sekali dan juga bisa menjadi solusi untuk cara mencari siaran Trans 7 di set top box TV digital yang hilang.

Setiap merk set top box DVB-T2 memiliki cara berbeda untuk melakukan reset ke pengaturan pabrik. Tetapi umumnya menu ini dapat diakses pada bagian [Pengaturan] di set top box Anda. Setelah reset ulang selesai, Anda harus mengatur set top box seperti awal lagi.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Set top Box Tidak ada Sinyal

Kesimpulan


Itulah cara mencari siaran Trans 7 di set top box TV digital yang hilang. Kesimpulannya masalah channel set top box sedikit atau Trans 7 digital hilang di STB bisa disebabkan oleh banyak hal. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan scan ulang siaran TV digital di set top box Anda. Semoga bermanfaat.Kenapa Indosiar dan SCTV Hilang di TV Digital
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.

3 komentar untuk "Cara Mencari Siaran Trans 7 di Set top Box TV Digital yang Hilang"

  1. Saya tinggal di malang. Sdh bbrp bulan ini siaran digital trans group menghilang. Padhal pakai smart tv. Channel yg lain tak masalah. Kira2 ada solusi mendapatkan kembali channel2 tsb?

    BalasHapus

close