Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Scan Ulang TV Digital LG Tanpa Set top Box

Beberapa waktu lalu siaran analog resmi digantikan dengan siaran TV digital yang memiliki kualitas gambar lebih stabil. Hal ini membuat banyak orang perlu membeli set top box atau bisa langsung ikuti cara scan ulang TV digital LG dan merk lainnya yang sudah mendukung fitur DVB-T2.

Ada beberapa model TV LED sudah dilengkapi dengan fitur DVB-T2 yang berfungsi sebagai penerima sinyal digital, itu berarti Anda tidak perlu membeli set top box atau perangkat eksternal lainnya jika memang TV LG yang Anda miliki sudah bisa mendapatkan channel TV digital tanpa STB.

Cara scan ulang TV digital LG bisa dilakukan dengan mudah, tetapi biasanya untuk setiap model TV LED LG memiliki tampilan yang berbeda untuk mengakses menu scan ulang TV digital tersebut. Pada artikel kali ini, kami akan memberikan langkah-langkah memindai siaran TV digital di TV LG tanpa set top box:

Cara Scan Ulang TV Digital LG Tanpa Set top Box


cara scan ulang tv digital LG

Sebelum mengikuti metode ini, pastikan terlebih dahulu apakah TV LG Anda sudah digital atau belum. Cara paling mudah untuk memastikannya adalah melihat spesifikasi lengkap dari model TV LG Anda.

Jika dalam spesifikasi terlihat didukung oleh fitur DVB-T2 maka bisa dipastikan TV LG tersebut sudah digital, sehingga Anda hanya perlu scan ulang siaran saja jika ingin mendapatkan channel TV digital tanpa STB. Berikut langkah-langkahnya:
  • Colokkan kabel antena ke port antena yang ada di TV.
  • Hidupkan TV LED LG Anda.
  • Tekan tombol [Settings] pada remot TV.
  • Lalu arahkan ke menu [Atur] menggunakan tombol navigasi di remot.
  • Kemudian pilih opsi [Pencarian Program Otomatis].
  • Tunggu proses pencarian siaran TV digital sampai selesai.

Untuk tutorial lengkap beserta gambarnya, langsung saja baca disini > Cara Setting TV Digital LG Tanpa STB.

Kenapa TV Digital LG Tidak Ada Sinyal?


Masih banyak yang mengeluhkan masalah dimana televisi LG mereka tidak ada sinyal atau siaran. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan bahwa TV LG Anda sudah benar-benar digital atau didukung oleh teknologi DVB-T2.

Setelah itu, pastikan pemasangan antena sudah benar. Jangan lupa untuk mengatur posisi dan arah antena ke arah yang tepat. Setelah itu lakukan scan ulang TV digital LG dengan mengikuti langkah-langkah diatas,

Cara Pasang Set top Box ke TV LG


Jika ternyata TV LG Anda belum digital DVB-T2, maka harus menggunakan set top box apabila tetap ingin menonton siaran TV digital tanpa perlu membeli TV baru. Langkah dibawah ini bisa dicoba pada TV LG LED, LCD ataupun tabung:
  • Pertama, siapkan set top box DVB-T2.
  • Hubungkan set top box ke TV dengan kabel HDMI atau RCA.
  • Kemudian colokkan jack antena ke port antena yang ada pada STB.
  • Hidupkan STB dan TV.
  • Tekan tombol [Input/Source] pada TV, lalu pilih opsi HDMI atau RCA sesuai kabel yang digunakan untuk menghubungkan STB ke TV.
  • Setelah muncul tampilan awal STB di layar TV, Anda harus mengatur jenis bahasa, kode pos dan lainnya.
  • Setelah itu, mulai proses pemindaian siaran TV digital dan tunggu sampai selesai.
  • Jika berhasil, maka sekarang TV LG Anda sudah bisa digunakan untuk menonton channel TV digital.

Kesimpulan


Jadi tidak semua TV LG perlu menggunakan set top box ketika ingin menonton siaran TV digital, karena banyak model TV LG LED bahkan keluaran lama tetapi sudah didukung oleh DVB-T2 sehingga Anda bisa mengikuti cara scan ulang TV digital LG tanpa set top box diatas.

Lihat juga:
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.