Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Setting TV Digital Philips Tanpa Set top Box DVB-T2

Pengguna TV Philips jangan langsung membeli set top box dulu, karena ada beberapa model TV Philips yang sudah digital sehingga bisa mendapatkan siaran TV digital tanpa STB atau alat sejenis lainnya. Cara setting TV digital Philips cukup mudah tergantung dengan model TV Philips yang digunakan.

Di Indonesia siaran analog resmi disuntik mati dan semua saluran TV lokal sudah beralih ke sinyal digital dengan kualitas gambar yang lebih jernih. Pada model TV LED Philips tertentu, Anda bisa langsung memindai siaran TV digital secara otomatis ataupun manual tanpa set top box.

Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba cara setting TV digital Philips tanpa set top box disini. Namun yang perlu dicatat, tutorial berikut mungkin tidak berhasil pada model TV Philips lama yang hanya bisa siaran analog saja.

Cara Setting TV Digital Philips Tanpa Set top Box



cara setting tv digital philips


Cara Scan Saluran TV Digital di Smart TV Philips


Langkah-langkah berikut hanya bisa dipraktekan pada Smart TV Philips dan Anda hanya perlu menyambungkan Smart TV ke antena seperti biasanya tanpa perlu menyiapkan alat set top box. Cek tutorial lengkapnya dibawah ini:
  • Colokkan kabel antena ke TV.
  • Nyalakan Smart TV Philips Anda.
  • Tekan tombol [Setup] pada remote Smart TV.
  • Arahkan ke menu [Saluran] lalu pilih [Pencarian Saluran > Mulai]
  • Pada kolom "Kode Lokasi" masukan kode pos sesuai daerah masing-masing, lalu pilih [Simpan].
  • Selanjutnya pilih opsi [DTV] dan tunggu proses pencarian siaran TV digital sampai selesai.

Cara Mengetahui Apakah TV Philips Sudah Digital atau Belum


Cara paling mudah adalah langsung memeriksa spesifikasi dari model TV Philips yang digunakan. Jika dalam spesifikasi terdapat dukungan DVB-T2 atau DTV, berarti TV LED Philips tersebut sudah digital.

DVB-T2 adalah fitur pada TV yang berfungsi untuk menangkap sinyal digital, sehingga TV mampu memindai dua jenis siaran yaitu analog dan digital tanpa perlu membeli set top box. Selain itu, Anda bisa coba ikuti cara diatas terlebih dahulu, jika memang berhasil berarti TV Philips Anda sudah digital.

Tetapi semua model Smart TV Philips umumnya sudah dilengkapi dengan fitur DVB-T2 sehingga bisa menerima sinyal digital, jadi Anda hanya perlu memindai ulang siaran saja dengan mengikuti langkah yang sudah kami sediakan diatas.

Kesimpulan


Cara setting TV digital Philips diatas mungkin hanya berhasil pada model TV Philips tertentu saja, jadi Anda perlu membeli set top box jika memang TV Philips yang digunakan ternyata belum digital (DVB-T2). Jika ada pertanyaan terkait artikel ini, tinggalkan saja pada kolom komentar dibawah.

Lihat juga:
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.