Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencari Channel Trans TV Digital Bandung dan Sekitarnya

Setelah migrasi dari siaran analog ke digital, channel Trans TV digital Bandung banyak dicari para pengguna set top box yang baru memindai ulang channel TV digital. Pasalnya ada beberapa warga Bandung yang kesulitan mendapatkan channel Trans TV di set top box DVB-T2 dan televisi digital mereka.

Padahal ini adalah salah satu saluran TV lokal favorit dengan berbagai acara yang menarik. Kode frekuensi siaran Trans TV digital daerah Bandung bisa digunakan untuk memindai ulang channel TV secara manual di set top box, TV digital atau perangkat sejenis lainnya.

Jika Anda baru saja membeli set top box dan tidak mendapatkan channel Trans TV TV digital, maka langkah pertama yang perlu dicoba adalah melalukan scan ulang secara manual dengan memasukan kode frekuensi channel Trans TV digital Bandung yang benar. Berikut informasi lengkapnya:

Frekuensi Channel Trans TV Digital Bandung DVB-T2 Terbaru


channel trans tv digital bandung

Dibawah ini adalah kode frekuensi Trans TV digital terbaru di Bandung, Jawa Barat dan sekitarnya yang berguna untuk memindai siaran TV secara manual:
  • 45 UHF (666 Mhz) - Trans Media, Trans TV, Trans 7, CNN Indonesia, CNBC Indonesia, Kompas TV.



Kenapa Siaran Trans TV Digital Hilang di Bandung?


Sulitnya mendapatkan channel TV lengkap bukan hanya dialami oleh warga Bandung saja, tetapi rata-rata pengguna set top box banyak mengeluhkan dimana perangkat STB mereka tidak bisa menangkap banyak siaran TV, sehingga channel yang tersimpan sedikit atau tidak lengkap.


Masalah ini tentu harus segera diatas, apalagi channel yang hilang merupakan saluran TV favorit Anda. Untuk kasus Trans TV digital atau siaran lainnya yang hilang di Bandung bisa diatasi dengan cara memindai ulang siaran TV secara manual ataupun otomatis.

Jika sudah melakukan langkah tersebut namun channel Trans TV digita Bandung masih belum tersedia, disarankan untuk beralih ke antena outdoor yang memiliki jangkauan lebih luas dibandingkan antena indoor (dalam ruangan). Selain itu, posisi dan tinggi antena juga berpengaruh dengan kekuatan sinyal digital yang didapat.


Selain karena jenis dan posisi antena, masih ada beberapa faktor lain yang menyebabkan channel Trans TV digital tidak ada di kota Bandung, kami sudah membuat artikel mengenai penyebab dan cara mengatasi siaran TV digital tidak ada sinyal, baca selengkapnya disini:



Cara Scan Channel Trans TV Digital Bandung di Set top Box DVB-T2


Ada beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan apabila Anda ingin scan ulang siaran Trans TV digital Bandung yang tiba-tiba menghilang dari daftar siaran di set top box Anda. Sebagai contoh, tutorial dibawah ini menggunakan set top box Matrix Apple HD:
  • Sambungkan Set Top Box (STB) dengan televisi Anda.
  • Pasang kabel antena ke dalam port STB.
  • Hidupkan STB dan televisi Anda.
  • Gunakan remote STB Anda untuk menekan tombol [Menu], kemudian pilih opsi [Cari].
  • Di menu Pencarian, pilih [DVB-T2] sebagai Mode Pencarian, [Semua] sebagai Jenis Pencarian, [Indonesia] sebagai Negara/Region, dan aktifkan [Daya Antena].
  • Setelah itu, lanjutkan dengan memilih [Pencarian Otomatis] dan tekan [OK] pada remote STB.
  • Tunggu hingga proses pemindaian saluran TV digital selesai.

Jadi cara mencari channel Trans TV digital Bandung, Jawa Barat dan lokasi sekitarnya bisa dilakukan dengan cara scan ulang siaran secara otomatis atau manual dengan memasukan kode frekuensi siaran Trans TV DVB-T2 yang benar sesuai lokasi masing-masing. Semoga bermanfaat.
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.