Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Frekuensi TV Digital Semarang dan Sekitarnya Terbaru 2024

Belum lama ini siaran analog di Semarang resmi beralih ke sinyal digital, hal tersebut mengharuskan warga Semarang dan sekitarnya untuk memindai ulang siaran TV digital atau membeli set top box jika TV yang digunakan belum mendukung fitur DVB-T2. Frekuensi TV digital Semarang  juga dibutuhkan agar bisa mendapatkan channel TV digital secara maksimal.

Setiap siaran TV digital Semarang memiliki frekuensi yang berbeda-beda, tidak jarang kode frekuensi ini berubah yang menyebabkan TV digital tidak ada sinyal. Untuk kota Semarang. Jawa Tengah sudah dijangkau oleh cukup banyak siaran TV digital seperti TVRI, TVOne, SCTV, Indosiar, MNC dan lainnya.

Agar tetap bisa menonton acara favorit dari berbagai saluran TV lokal, maka Anda perlu memindai ulang siaran TV digital atau mengetahui informasi terbaru mengenai frekuensi TV digital Semarang dan sekitarnya agar bisa mendapatkan lebih banyak channel TV digital dengan sinyal dan kualitas gambar yang stabil.

Daftar Frekuensi TV Digital Semarang dan Lokasi Sekitarnya


frekuensi tv digital semarang

Dibawah ini adalah daftar kode frekuensi TV digital kota Semarang Jawa Tengah dan Sekitarnya yang bisa dicoba untuk mencari siaran TV digital secara manual:

ChannelDigital (UHF)DVB-T2 (MHz)
LPP TVRI Jawa Tengah, TVRI Nasional, TVRI Jawa Tengah, TVRI Kanal 3, TVRI Sport HD, TATV, TVKU, MJTV.28 UHF530
Surya Citra Media, SCTV, Indosiar, O Channel, Mentari TV.32 UHF562
Media Group News, Metro TV, Magna Channel, BNTV, Rajawali TV36 UHF594
Visi Media Asia, tvOne, ANTV40 UHF626
Trans Media, Trans TV, Trans7, CNN Indonesia, CNBC Indonesia, Kompas TV42 UHF642
MNC Media, RCTI, GTV, MNCTV, iNews46 UHF674

Bagaimana cara mendapatkan siaran TV digital secara lengkap tanpa harus memasukan kode frekuensi? Cara paling mudah adalah memindai ulang siaran TV digital secara otomatis saja. Biasanya ketika pertama kali mengatur STB, maka Anda akan diarahkan untuk scan TV digital secara otomatis.

Pencarian TV digital secara otomatis memungkinkan STB atau perangkat yang Anda pakai mendapatkan siaran TV digital lengkap sesuai dengan daerah masing-masing. Sedangkan kode frekuensi TV digital Semarang diatas bisa digunakan ketika ingin scan channel TV digital secara manual.

Fungsi Memasukan Frekuensi Channel TV Digital Semarang


Setiap saluran televisi memiliki kode frekuensi berbeda-beda tergantung pada wilayahnya. Frekuensi TV digital Semarang berfungsi untuk melakukan scan pada siaran TV digital tertentu saja, dengan cara memasukan frekuensi dari channel yang ingin dipindai.

Biasanya frekuensi siaran TV digital Semarang dibutuhkan ketika ingin melakukan scan ulang siaran TV digital secara manual di set top box atau televisi. Jadi hanya perlu memasukan frekuensi dari channel yang ingin dipindai saja.

Kenapa Siaran TV Digital di Semarang Sedikit?


Mungkin ada beberapa warga Semarang dan sekitarnya yang mengeluhkan masalah channel TV digital yang didapatkan sedikit atau bahkan tidak ada sinyal sama sekali. Ini biasanya disebabkan karena sinyal digital yang didapatkan tidak maksimal.

Untuk mendapatkan siaran TV digital secara maksimal, tetap disarankan untuk memakai antena outdoor dan mengatur posisi serta tingginya dengan benar. Setelah itu lakukan pemindaian ulang siaran TV digital setiap kali Anda mengubah arah atau posisi antena tersebut.

Ada Berapa Channel TV Digital yang Tersedia di Semarang?


Umumnya daerah yang sudah migrasi secara penuh dari analog ke sinyal digital bisa menjangkau lebih dari 40 channel lho! Tetapi pada beberapa daerah tertentu mungkin sinyal digital masih sulit dijangkau, sehingga hanya ada sedikit channel TV digital saja yang dipindai oleh set top box atau televisi digital.

Lihat juga:
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.