Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

LCN TV Digital On atau Off? Ini Fungsi LCN Pada Set top Box DVB-T2

Semenjak beralih dari siaran analog ke digital, banyak para pengguna set top box yang masih kebingungan mengenai cara memprogram STB DVB-T2. Ketika pertama kali menyalakan set top box pengguna harus mengisi beberapa opsi. Lalu pada bagian LCN TV digital on atau off?

Setiap model set top box saat ini kebanyakan hampir memiliki tampilan dan sistem yang sama, seperti terdapat opsi untuk memasukan kode pos, daya antena dan juga pilihan LCN yang biasanya muncul ketika ingin memindai siaran TV digital di set top box.

Fungsi LCN Pada Set top Box TV Digital


lcn tv digital on atau off
Sumber: Merdeka.com

LCN pada TV digital adalah singkatan dari Logical Channel Number yang merupakan saluran virtual berbasis DVB (Digital Video Broadcasting) pada program atau channel TV digital. Ketika ingin scan siaran TV digital di set top box, Anda harus mengatur STB untuk menonaktifkan atau mengaktifkan LCN ini.

LCN TV Digital On atau Off?


Pada set top box Nextron, Matrix, Advance, Luby dan lainnya opsi LCN ini selalu ada ketika pertama kali mengatur set top box atau jika ingin memindai ulang siaran secara manual ataupun otomatis.

Ketika Anda bingung apakah harus mengaktifkan atau mematikan LCN pada STB, maka Anda bisa mengatur LCN pada set top box menjadi [OFF] saja. Ini tidak berpengaruh dengan banyak atau tidaknya siaran yang didapatkan oleh set top box.

Jadi secara singkat LCN pada DVB-T2 berperan untuk mengatur nomor setiap channel TV dalam rentang 1 hingga 999 dengan tujuan agar tidak ada duplikasi kanal pada set top box yang menyebabkan perangkat tidak bisa menerima siaran secara utuh.

Kesimpulannya, jika Anda bertanya apakah LCN TV digital on atau off? maka bisa memilih untuk off kan saja opsi LCN tersebut. Ini berlaku untuk semua merk set top box DVB-T2 dan tidak berpengaruh dengan kinerja set top box Anda. Semoga bermanfaat.

Lihat juga:
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.