Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Frekuensi Siaran TV Digital Bandung dan Sekitarnya 2024

Pemerintah sudah resmi menonaktifkan siaran analog di kota Bandung dan sekitarnya, sehingga mengharuskan warga bandung untuk beralih ke sinyal digital dengan set top box bagi mereka yang belum mempunyai TV digital. Frekuensi siaran TV digital Bandung dibutuhkan agar Anda bisa mendapatkan channel digital secara lengkap.

Setiap channel TV digital di kota Bandung memiliki kode frekuensi yang berbeda, kode tersebut sangat berguna ketika ingin memindai ulang siaran TV digital secara manual dengan memasukan kode frekuensi yang tepat dari berbagai channel TV yang tersedia di kota Bandung, Jawa Barat.

Sebenarnya pengguna set top box bisa dengan mudah mendapatkan siaran TV digital secara maksimal dengan melakukan scanning otomatis, namun jika ada channel TV yang hilang atau tidak tertangkap maka perlu mencoba memindai manual dengan memasukan frekuensi siaran TV digital Bandung berikut ini:

Daftar Frekuensi Siaran TV Digital Bandung dan Sekitarnya


siaran tv digital bandung

Dibawah ini adalah kumpulan channel TV yang tersedia di kota Bandung, Jawa Barat lengkap dengan kode frekuensi terbaru:

ChannelDigital (UHF)DVB-T2 (MHz)
MNC Media, RCTI, GTV, MNCTV, iNews31 UHF554
Media Group News, Magna Channel, BNTV32 UHF562
LPP TVRI Jawa Barat, TVRI Nasional, TVRI Jawa Barat, Net TV35 UHF586
Surya Citra Media, SCTV, Indosiar, O Channel, Mentari TV, Rajawali TV39 UHF618
Trans Media, Trans TV, Trans 7, CNN Indonesia, CNBC Indonesia, Kompas TV45 UHF666
Visi Media Asia, TV One, ANTV47 UHF682

Cara Mendapatkan Banyak Channel TV Digital di Bandung


Semenjak analog switch off dijalankan, banyak keluhan dari pengguna set top box dari berbagai daerah termasuk Bandung, dimana set top box tidak bisa menangkap siaran TV digital atau bahkan tidak ada sinyal sama sekali.


Hal ini disebabkan karena banyak faktor, tetapi yang paling utama adalah memang lokasi pengguna STB tersebut biasanya jauh dari perkotaan atau masih sedikit pemancar sinyal yang tersedia di lokasi tersebut.

Jika Channel TV digital Bandung sedikit, cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memperhatikan posisi dan jenis antena yang digunakan. Ini adalah faktor utama yang paling berpengaruh dengan banyak atau tidaknya channel TV digital kota Bandung yang didapatkan.


Agar hasilnya maksimal, sangat disarankan menggunakan antena outdoor untuk set top box karena antena outdoor memiliki jangkauan sinyal yang lebih luas, sehingga memungkinkan set top box untuk menangkap lebih banyak siaran TV digital yang tersedia.

Selain faktor antena, ada beberapa penyebab lain kenapa channel TV digital sedikit di Bandung atau daerah lainnya. Anda bisa membaca artikel dibawah ini untuk mengatasi masalah TV digital tidak ada sinyal atau channelnya sedikit:


Kesimpulan


Diatas adalah daftar siaran TV digital Bandung, Cimahi dan area sekitarnya lengkap dengan kode frekuensi terbaru dari berbagai saluran TV lokal Indonesia. Sekarang warga Bandung harus beralih ke TV digital agar tetap bisa menonton siaran TV favorit masing-masing dengan kualitas gambar lebih jernih.

Lihat juga:
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.