Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Trans TV Digital Hilang Tidak Ada Sinyal

Trans TV adalah salah satu channel lokal yang sudah migrasi dari siaran analog ke digital dengan kualitas gambar HD lebih jernih dibandingkan sebelumnya. Setelah beralih ke set top box, muncul kasus baru dimana sinyal Trans TV digital hilang di set top box padahal sebelumnya sudah tersimpan.

Kasus ini bukan hanya terjadi pada siaran Trans TV saja, tetapi ada beberapa channel TV digital lainnya yang seringkali hilang timbul semenjak siaran analog dimatikan. Tentu ini adalah masalah serius bagi mereka yang menyukai berbagai tayangan di Trans TV.

Masalah channel Trans TV hilang bisa terjadi pada set top box merk apapun, biasanya disebabkan karena ada perubahan frekuensi dari saluran TV ini ataupun masalah tekni vs lainnya yang menyebabkan set top box tidak bisa menangkap semua channel TV digital. Berikut cara mengatasi sinyal Trans TV digital hilang di set top box:

Cara Mengatasi Sinyal Trans TV Digital Hilang di Semua Merk Set top Box



sinyal trans tv digital hilang

Pengguna set top box berharap dengan membeli alat tersebut mereka tetap bisa menyaksikan acara favorit di channel Trans TV atau saluran lokal lainnya, tetapi nyatanya sinyal digital belum stabil sehingga tidak jarang ada siaran TV yang hilang timbul.

1. Scan Ulang Siaran Trans TV


Cara pertama untuk mengembalikan channel Trans TV yang hilang  di set top box adalah memindai ulang semua siaran sampai benar-benar mendapatkan channel TV digital yang lengkap. Metode ini terbukti ampuh untuk mengatasi masalah channel TV digital sedikit di STB.

Setiap model set top box memiliki cara berbeda untuk melakukan scan ulang channel TV, tetapi umumnya menu ini bisa diakses pada bagian [Pencarian]. Sebagai contoh, kami menggunakan set top box Matrix Apple HD untuk memindai ulang siaran TV digital, berikut langkah-langkahnya:
  • Hubungkan STB ke TV.
  • Colokkan antena ke STB.
  • Nyalaka TV dan STB.
  • Tekan tombol [Menu] pada remote STB lalu pilih [Search].
  • Pada bagian Search Mode pilih [DVB-T2], Search Type [All], Country/Region [Indonesia], Antena Power [On].
  • Setelah itu pilih [Auto Search] lalu tekan [OK] diremote STB.
  • Tunggu sampai scan ulang siaran TV digital selesai.

2. Periksa Kabel dan Jack Antena


Salah satu faktor paling berpengaruh dengan banyaknya siaran yang didapatkan adalah antena TV. Jika ada yang bermasalah dengan antena TV Anda, maka biasanya set top box tidak akan mendapatkan channel digital atau sinyal digital menjadi tidak stabil.

Jika siaran Trans TV atau lainnya hilang di STB, cobalah untuk memeriksa kondisi jack antena apakah sudah terhubung dengan baik ke STB atau belum. Pastikan pemasangan jack antena sudah benar dan tidak longgar sehingga set top box bisa mendapatkan channel TV digital.

3. Gunakan Antena Luar (Outdoor)


Penggunaan antena outdoor adalah langkah paling tepat jika ingin mendapatkan channel TV digital secara maksimal. Antena outdoor memiliki jangkauan sinyal yang lebih jauh sehingga memungkinkan set top box menangkap lebih banyak siaran.

Sedangkan antena indoor (dalam ruangan) tidak disarankan untuk set top box, karena biasanya penggunaan antena indoor menyebabkan channel TV digital yang tersimpan sedikit atau bahkan tidak ada satupun channel yang ditangkap.

4. Atur Posisi Antena dengan Benar


Posisi antena juga berpengaruh dengan kuatnya sinyal digital yang didapatkan, Anda harus menyesuaikan tinggi dan arah antena dengan benar. Cobalah ikuti arah antena orang lain yang bisa mendapatkan siaran Trans TV dan lainnya di set top box mereka.

Pastikan antena tepat ke arah pemancar sinyal terdekat dari lokasi Anda. Agar lebih mudah, Anda bisa menggunakan aplikasi SinyalTVdigital di Google Play Store untuk mengetahui arah pemancar sinyal terdekat dari lokasi Anda saat ini.

5. Update Firmware Set top Box


Masalah channel Trans TV digital tidak ada sinyal bisa saja disebabkan karena malfungsi pada software STB Anda. Jika memang tersedia software versi terbaru, disarankan untuk segera upgrade ke software terbaru agar sistem STB Anda minim dari error dan bug lainnya.

Beberapa model set top box biasanya akan memberikan notifikasi jika tersedia versi software terbaru selama set top box terhubung ke internet. Atau Anda juga bisa upgrade software STB secara manual melalui flashdisk. Berikut link upgrade software untuk beberapa merk set top box:

6. Reset Ulang STB


Kami pernah mendapatkan kasus dimana set top box tidak mendapatkan siaran sama sekali, setelah dicoba berbagai cara, ternyata bisa teratasi setelah melakukan reset ulang set top box ke pengaturan pabrik.

Setiap model set top box memiliki cara yang berbeda untuk melakukan reset ulang, disarankan untuk membaca buku panduan (jika ada) atau mencari tutorialnya langsung di internet sesuai dengan merk dan model set top box yang Anda gunakan.

Jika ketika mereset ulang STB disuruh memasukan password sistem, coba masukan angka "00000" yang merupakan password default untuk kebanyakan model set top box ketika ingin direset ulang.

Itulah 6 cara mengatasi sinyal Trans TV digital hilang (tidak ada sinyal) di set top box. Kesimpulannya, ini adalah masalah yang sering terjadi semenjak siaran analog dimatikan, salah satu penyebabnya adalah karena sinyal TV digital yang belum stabil pada beberapa wilayah di Indonesia.

Lihat juga:
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.

1 komentar untuk "Cara Mengatasi Trans TV Digital Hilang Tidak Ada Sinyal"

  1. Trans TV di daerah bojong pondok terong kota Depok tidak ada signal

    BalasHapus

close