Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Tips Memilih Set top Box Berkualitas Rekomendasi Kominfo

Set top box adalah perangkat yang digunakan untuk mengakses beragam konten televisi, seperti channel TV digital, Youtube, WeTV dan aplikasi streaming online lainnya. Tips memilih set top box yang tepat dapat membantu Anda menikmati pengalaman menonton televisi yang lebih baik dan meningkatkan fungsi televisi Anda. 

Memilih set top box dapat menjadi tugas yang menantang untuk sebagian orang, terutama jika mereka tidak memiliki banyak pengetahuan tentang bagaimana set top box yang bagus. Set top box saat ini digunakan sebagai perangkat untuk menonton siaran TV digital di TV tabung dan LED. Berikut beberapa tips memilih set top box yang bisa Anda ikuti:

Tips Memilih Set top Box TV Digital yang Bagus agar Tidak Salah Beli



tips memilih set top box

1. Pertimbangkan Sesuai Kebutuhan


Sebelum memilih set top box, pertimbangkan dulu apa yang Anda inginkan dari perangkat ini. Apakah Anda ingin menonton channel TV digital atau streaming film online seperti Youtube, Video dan WeTV? Pertimbangkan kebutuhan Anda terlebih dahulu agar Anda mengikuti tips memilih set top box yang benar.

Beberapa model set top box menawarkan fitur multifungsi sehingga bisa lebih cocok dengan kebutuhan Anda, tetapi tetap fungsi utamanya adalah untuk menerima sinyal digital sehingga TV Anda bisa menampilkan semua saluran TV lokal yang tersedia dilokasi masing-masing.

2. Lihat Fitur Set top Box


Setiap set top box memiliki fitur yang berbeda-beda. Beberapa di antaranya mungkin memiliki fitur pencarian yang lebih canggih, atau fitur pengaturan yang lebih mudah digunakan. Lihatlah fitur-fitur yang ditawarkan oleh set top box yang Anda pertimbangkan dan pastikan bahwa fitur-fitur tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kebanyakan merk set top box saat ini tidak hanya bisa digunakan untuk menonton channel digital saja, tetapi dilengkapi dengan aplikasi tambahan yang bisa digunakan untuk streaming film online atau membuka link IPTV dengan menghubungkan set top box ke wifi.

Tetapi ada juga yang khusus dibuat untuk menerima sinyal digital saja, dalam artian tidak bisa digunakan untuk kebutuhan lain sehingga tidak bisa terhubung ke internet layaknya seperti kebanyakan set top box sekarang. Tetapi ini bukan menjadi masalah apabila Anda hanya ingin menonton channel TV digital saja.

3. Bandingkan Harga Set top Box


Set top box bisa dibeli di berbagai toko elektronik atau di toko online seperti Amazon atau eBay. Harga set top box bervariasi tergantung pada fitur dan merek yang ditawarkan. Jangan tergiur oleh harga yang terlalu murah, karena perangkat tersebut mungkin tidak memiliki fitur yang Anda butuhkan. 

Bandingkan harga dari beberapa penjual yang berbeda dan pastikan bahwa Anda mendapatkan set top box dengan harga yang ideal sesuai dengan kualitas dan spesifikasi set top box tersebut. Karena ada beberapa STB dengan fitur minim namun harga jualnya masih cukup mahal.

4. Cek Spesifikasi Set top Box


Setelah menentukan kebutuhan Anda, selanjutnya cari tahu spesifikasi set top box yang akan dibeli. Pastikan bahwa calon set top box yang akan dibeli memiliki fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Misalnya, jika ingin streaming video Youtube, maka pastikan bahwa set top box yang Anda beli memiliki fungsi lain dan tersedia aplikasi Youtube sehingga bisa digunakan untuk streaming film online layaknya di smartphone.

5. Perhatikan Desain dan Ukuran Set top Box


Selain spesifikasi teknis, desain dan ukuran set top box juga penting untuk diperhatikan. Pastikan bahwa set top box yang Anda beli memiliki desain yang sesuai dengan keinginan Anda dan dapat dengan mudah disimpan di tempat yang tersedia di rumah Anda.

6. Lihat Review dari Orang Lain


Setelah mengetahui spesifikasi dan desain set top box yang akan Anda beli, selanjutnya Anda dapat melihat review dari pengguna lain yang telah menggunakan set top box tersebut.

Dari review ini, Anda dapat mengetahui kualitas dan kepuasan pengguna lain terhadap set top box yang akan Anda beli, sehingga Anda dapat membuat keputusan yang tepat.


7. Dukungan Pelanggan Jelas


Pastikan bahwa set top box yang Anda pilih memiliki dukungan teknis yang baik jika Anda memiliki masalah atau pertanyaan selama menggunakannya. Kebanyakan orang tidak memperhatikan hal sepele ini, sehingga ketika software STB error mereka kebingungan dimana harus download file updatenya.

8. Pastikan Set top Box Bersertifikasi Kominfo


Set top box bersertifikasi Kominfo maksudnya adalah STB yang telah lulus uji kelayakan teknis oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika, sehingga memenuhi persyaratan teknis yang ditetapkan oleh pemerintah. Dengan memiliki sertifikat Kominfo, set top box tersebut dapat digunakan secara legal di Indonesia.

Sertifikasi Kominfo menjadi penting karena set top box merupakan perangkat yang terhubung ke jaringan internet dan sinyal digital. Dengan demikian, set top box tersebut dapat mempengaruhi kualitas jaringan dan keamanan informasi yang ditransmisikan.

Oleh karena itu, pemerintah melalui Kominfo memberlakukan persyaratan teknis untuk memilih set top box agar dapat memberikan kualitas yang baik bagi penggunanya. Untuk mendapatkan sertifikat Kominfo, set top box harus melewati serangkaian uji kelayakan teknis yang dilakukan oleh Kominfo.

Uji tersebut meliputi uji kelayakan teknis, uji interoperabilitas, dan uji keamanan informasi. Setelah melewati uji tersebut, set top box yang memenuhi persyaratan akan diberikan sertifikat Kominfo. Berikut beberapa rekomendasi set top box yang sudah bersertifikasi kominfo:


Daftar Set top Box Rekomendasi Kominfo yang Layak Dibeli


Jika Anda bingung ketika ingin membeli set top box yang aman, dibawah ini kami sudah memberikan tips memilih set top box terbaik dan daftar merk STB yang bagus rekomendasi dari Kominfo:

No Merk STB
1 Akari ADS-2230, Akari ADS-210, Akari ADS-186, Akari ADS-168, Akari ADS-525
2 Advan DVB-10KK
3 Aldo AB3
4 Aldo STB 03
5 CBM SEI130LN
6 CBM DTP2162
7 CBM CBM91T
8 CBM CBM91TH
9 CBM BSTB-2201
10 Crenova S-1807
11 Erza Genesis
12 Evercoss STB1
13 Evercoss STB Mini
14 Evercoss STB Pro
15 Evercoss STB Max
16 Evenix H-1Freebox H-1
17 Goldstat Sonic, Goldstat Revo
18 Ichiko 8000HD
19 Infico ITB-202
20 Inti 1407
21 Iota Omega
22 Kubik Arca DVB-T2
23 Luby Digitant
24 Matrix Apple DV21P
Matrix Apple DV-T2
Matrix Apple DVB-T2 Silver
Matrix Apple DVB-T2 Kuning
Matrix CH-77
25 Modibox PD-101
26 Matrix Garuda DV-T2
27 Myvo Star-01
28 Noise Diamond
29 Next TV G-1
30 Nexmedia NA1300/DVB-T2
31 Nextron
32 Polytron
33 Sharp
34 Super HD
35 Signal Viewer
36 Tanaka
37 Tennox HD
38 Unicom Apollo
39 Varwin T1
40 Venus Brio
41 Venus Cabai Rawit
42 Visio
43 Vitara
44 Winasat HD
45 Welhome Crown

Kesimpulan


Banyaknya merk set top box yang beredar dipasaran memang membuat Anda harus mengetahui tips memilih set top box TV digital yang berkualitas agar bisa digunakan dalam jangka waktu lama dan tidak ada penyesalan apapun setelah membeli set top box tersebut.

Lihat juga:
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.

Posting Komentar untuk "8 Tips Memilih Set top Box Berkualitas Rekomendasi Kominfo"


close