Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih TV LED yang Bagus dan Awet di Tahun 2023

Saat ini sudah banyak jenis TV LED dengan berbagai fitur menarik yang terkadang membuat bingung bagaimana cara memilih TV LED yang bagus dan awet, apalagi jika Anda sudah lama tidak mengikuti perkembangan teknologi pada televisi jaman sekarang.

Sebagian besar TV LED keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan sistem yang cerdas atau dikenal dengan sebutan Smart TV LED yang memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai aktivitas selain menonton TV, seperti bermain game, streaming youtube dan browsing.

Cara memilih TV LED yang bagus dan tahan lama perlu mempertimbangkan beberapa hal seperti jenis layarnya, fitur yang disediakan dan juga masa garansi. Dilansir dari laman ceklist.id, berikut hal-hal penting yang harus diperhatikan sebelum membeli TV LED baru ataupun bekas:

Cara Memilih TV LED yang Bagus dengan Fitur Terbaik



cara memilih tv led yang bagus

1. Ukuran Layar


Sebelum mempertimbangkan hal lain, faktor paling penting untuk mendapatkan merk TV LED terbaik adalah dengan memilih ukuran layar yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pertimbangkan seberapa besar ruangan atau seberapa banyak orang dirumah Anda.

Apabila ruang yang tersedia dirumah atau kamar Anda cukup besar, setidaknya Anda bisa memilih TV LED dengan ukuran layar minimal 43 inch agar lebih sesuai dengan ruangan dan juga lebih nyaman ketika digunakan untuk menonton TV bersama anggota keluarga.


2. Resolusi Layar


TV LED keluaran terbaru saat ini kebanyakan menggunakan resolusi layar 1080p dan 4K. Semakin tinggi resolusi layar TV LED maka gambar yang dihasilkan akan jernih dan detail, sehingga cocok digunakan untuk mendapatkan pengalaman menonton terbaik.

Perlu dicatat, semakin tinggi resolusi pada sebuah layar TV LED maka harganya juga akan semakin mahal. Untuk kebutuhan menonton biasa, kami rasa layar 1080p (FHD) sudah cukup digunakan untuk menonton TV.

Tetapi jika Anda ingin mendapatkan kualitas gambar lebih jernih, maka disarankan untuk memilih TV LED dengan resolusi minimal Ultra HD (4K) yang tentunya lebih nyaman digunakan untuk menonton TV dengan jarak pandang yang lebih dekat.

3. Refresh Rate


Semakin tinggi refresh rate maka gambar yang dihasilkan per detik akan semakin banyak, artinya video yang ditampilkan menjadi lebih smooth. Tingkatan refresh rate standar saat ini adalah 60 Hz yang sudah cukup digunakan untuk menonton TV biasa.

Tetapi jika Anda ingin mendapatkan pengalaman yang lebih baik, disarankan untuk memilih TV LED dengan refresh rate layar 120 hingga 240 Hz yang tentunya sudah sangat nyaman digunakan untuk menonton video dengan gerakan objek yang cepat dan bermain game.

Beberapa model TV LED sekarang sudah ada yang mendukung fitur HFR (High-Frame Rate) yang memiliki kemampuan memproduksi banyak gambar per detik. Sehingga cocok digunakan untuk menonton acara sport, bermain game atau apapun yang gerakan objeknya cepat.


4. Audio


Kualitas audio pada TV LED perlu dipertimbangkan jika Anda menggunakannya untuk karaoke, mendengarkan musik atau kebutuhan audio lainnya. Tidak sedikit TV LED yang menawarkan banyak fitur canggih namun memiliki kualitas audio yang buruk.

Tetapi Anda bisa membeli sound bar jika ingin mendapatkan kualitas audio yang lebih bagus lagi. Beberapa TV LED mungkin menyediakan paket pembelian beserta sound system sehingga Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

5. Ketersediaan Port


Port yang paling berguna untuk saat ini adalah HDMI dan USB. Memperhatikan ketersediaan port adalah salah satu cara memilih TV LED yang bagus sehingga memudahkan Anda ketika ingin menghubungkan perangkat eksternal ke televisi.

Contohnya saja port HDMI sangat berguna untuk menghubungkan set top box, Chomecast, laptop, konsol game, Android TV box dan perangkat lainnya yang saat ini kebanyakan menggunakan port HDMI.

Jadi pastikan sebelum membeli TV LED Anda sudah mengetahui port apa saja yang tersedia di televisi tersebut, sesuaikan dengan kebutuhan karena biasanya TV LED dengan port yang lengkap mungkin harganya akan sedikit mahal.


6. Garansi


Salah satu cara memilih TV LED terbaik adalah dilihat dari masa garansinya. Semakin lama garansi yang ditawarkan maka akan semakin bagus, karena selama masa garansi masih aktif Anda tidak perlu khawatir jika ada kerusakan pada TV tersebut, kecuali kerusakan yang disebabkan oleh kesalahan pengguna itu sendiri.

Umumnya kebanyakan TV LED dipasaran menawarkan garansi 2 - 3 tahun, tetapi masih ada juga yang hanya memiliki garansi 1 tahun. Jadi pastikan Anda mempertimbangkan masa garansi yang ditawarkan sebelum membeli TV LED baru.


Kesimpulan


Itulah cara memilih TV LED yang bagus, awet dan terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika sudah mendapatkan model TV incaran Anda, jangan lupa untuk membandingkannya dengan model TV lain agar mendapatkan pilihan yang tepat.
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.