Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Frekuensi TV Digital Medan dan Sekitarnya, Daftar Channel Lengkap

Frekuensi TV digital Medan diperlukan ketika ingin memindai siaran TV digital Medan secara manual di set top box DVB-T2 atau perangkat sejenis lainnya. Tanggal 10 Januari 2023 lalu pemerintah resmi mematikan siaran analog secara total di wilayah Medan, Sumatera Utara dan sekitarnya.

Hal ini membuat warga Medan yang belum memiliki TV digital mau tidak mau harus membeli set top box atau receiver DVB-T2 agar tetap bisa menyaksikan channel TV digital Medan favorit masing-masing. Setiap channel TV digital di Medan memiliki kode frekuensi berbeda-beda dan terkadang berubah.

Daftar frekuensi TV digial Medan ini berguna apabila Anda ingin scan ulang TV digital secara manual di set top box DVB-T2 dengan memasukan kode frekuensi dari masing-masing saluran TV digital Medan. Termasuk Trans TV, Trans 7, MNC TV, Indosiar, RCTI dan siaran TV digital Medan lainnya.

Daftar Frekuensi TV Digital Medan dan Sekitarnya untuk Set top Box


frekuensi tv digital medan

Dibawah ini adalah daftar kode frekuensi dari berbagai channel TV digital yang tersedia di kota Medan, Sumatera Utara dan sekitarnya yang bisa dimasukan pada set top box ketika ingin scan TV digital secara manual:

ChannelDigital (UHF)DVB-T2 (MHz)
TVRI Nasional, TVRI Sumatra Utara, TVRI kanal 3, Nusantara TV, TVRI Sport HD, My TV dan Rajawali Televisi.28 UHF530
Trans7, Trans TV, CNN Indonesia, Kompas TV, CNBN Indonesia, dan DAAITV.30 UHF546
Indosiar, SCTV, Mentari TV dan O Channel34 UHF578
Magna Channel, Metro tv dan BNTV36 UHF594
ANTV dan TV One40 UHF626
iNews, RCTI, MNCTV dan GTV42 UHF642

Kenapa Channel TV Digital Medan Sedikit?


Semenjak siaran analog dimatikan, banyak orang yang mengeluhkan siaran TV digital sedikit bahkan tidak ada sama sekali, padahal mereka sudah membeli set top box yang merupakan anjuran dari Kominfo. Masalah ini juga bisa terjadi di Medan ketika siaran analog resmi dimatikan.

Jika memang Anda mengalami masalah ini, cobalah untuk memastikan bahwa set top box berfungsi dengan baik, antena sudah terhubung dengan benar dan sangat disarankan untuk menggunakan antena outdoor agar sinyal digital bisa diterima secara maksimal.

Selengkapnya: Penyebab Kenapa Set top Box Tidak ada Sinyal

Selain itu, lokasi yang jauh dari pemancari sinyal juga bisa menyebabkan kenapa channel TV digital Medan sedikit. Cobalah untuk scan ulang siaran secara otomatis atau manual dengan memasukan daftar frekuensi TV digital Medan terbaru 2024 yang sudah kami cantumkan diatas.

Cara Scan Siaran TV Digital Medan Secara Otomatis


Apabila memasukan kode frekuensi satu persatu dapat memakan waktu yang cukup lama, maka disarankan untuk scan secara otomatis saja agar set top box bisa memindai semua siaran yang dijangkau dari lokasi Anda.

Setiap model set top box memiliki tampilan menu yang berbeda-beda, tetapi umumnya sama-sama dilengkapi dengan pilihan scan otomatis dan manual. Dibawah ini adalah cara scan siaran TV digital di set top box Matrix Apple HD:
  • Pertama-tama, pastikan Anda telah menghubungkan Set Top Box (STB) dengan televisi Anda secara yang rapi dan sesuai.
  • Selanjutnya, dengan hati-hati, sambungkan kabel antena ke dalam port STB yang telah disediakan.
  • Nyalakan STB dan televisi Anda untuk memulai proses.
  • Ambil remote STB Anda, dan dengan perlahan, tekan tombol [Menu]. Kemudian, pilih opsi [Cari].
  • Ketika Anda telah memasuki menu Pencarian, pilih [DVB-T2] sebagai Mode Pencarian, [Semua] sebagai Jenis Pencarian, [Indonesia] sebagai Negara/Region, dan jangan lupa untuk mengaktifkan opsi [Daya Antena].
  • Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah di atas, lanjutkan dengan menekan tombol [Pencarian Otomatis] dan perlahan tekan [OK] pada remote STB.
  • Terakhir, bersabarlah dan tunggu hingga proses pemindaian saluran TV digital selesai dengan baik.

Lihat juga:
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.