Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ukuran TV 16 Inch Berapa Cm? Simak Penjelasannya!

Jendelatv.com - Untuk menghitung ukuran TV 16 inch berapa cm, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan seperti memastikan rasio layar TV 16 inch yang digunakan. Apakah menggunakan aspek rasio 16:9 atau 4:3 yang masing-masing memiliki perbedaan pada ukuran panjang dan lebarnya.

Sekarang ini monitor atau TV ukuran 16 inch masih banyak ditemukan dipasaran. Walaupun ukuran 16 inch untuk saat ini terlalu kecil, namun masih cocok digunakan untuk menonton film atau bermain game. Apabila ingin mengukur tempat TV 16 inch, maka Anda harus mengetahui berapa ukuran TV 16 inch dalam cm.

Ini tentunya memudahkan Anda untuk mengukur tempat atau meja yang nantinya digunakan untuk menyimpan TV 16 inch tersebut. Pada artikel ini kami akan memberikan jawaban ukuran TV 16 inch berapa cm beserta gambar ilustrasinya:

Ukuran TV 16 Inch Berapa Cm? (Rasio 16:9)


16:9 adalah aspek rasio layar TV yang paling umum digunakan karena ukurannya yang sangat ideal untuk berbagai kebutuhan seperti bermain game, menonton film atau lainnya. Aspek rasio 16:9 pada TV 16 inch adalah mengacu pada ukuran diagonalnya.

Jadi, dengan aspek rasio 16:9 maka ukuran TV 16 inch dalam cm adalah 40.6 cm dengan lebar 35.4 cm dan tinggi 19.9 cm atau seperti pada gambar dibawah ini:

ukuran tv 16 inch berapa cm

Berapa Ukuran TV 16 Inch Dalam Cm? (Rasio 4:3)


Walaupun TV ukuran 16 inch dengan rasio 4:3 sangat jarang ditemukan, tetapi tidak ada salahnya untuk mengetahui berapa ukurannya dalam cm. Dengan aspek rasio layar 4:3, maka ukuran TV 32 inch dalam cm adalah 40.6 cm dengan lebar 32.5 cm dan tinggi 24.4 cm atau seperti gambar berikut:

ukuran tv 16 inch dalam cm

Kesimpulannya adalah jika Anda bertanya ukuran TV 16 inch berapa cm, maka jawabannya adalah 40.6 cm yang merupakan ukuran diagonal layar TV tersebut. Yang membedakan antara rasio 16:9 dan 4:3 adalah pada bagian lebar serta tinggi layar TV 16 inch dalam cm. Semoga bermanfaat.

Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.