Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Frekuensi TV Digital Sukabumi dan Sekitarnya Terbaru 2024

Sukabumi adalah salah satu kota di Jawa Barat yang sudah beralih secara penuh dari sinyal analog ke digital, sehingga warga Sukabumi agar tetap bisa menonton siaran TV digital perlu membeli set top box dan memasukan kode frekuensi TV digital Sukabumi ketika ingin scan ulang siaran TV digital secara manual.

Kode frekuensi dibutuhkan setiap kali pengguna set top box atau TV digital ingin melakukan scan channel TV digital secara manual dengan memasukan kode frekuensi dari saluran TV yang ingin dipindai. Di Sukabumi, cukup banyak siaran TV digital yang didapatkan ketika Anda mencarinya menggunakan set top box dan TV digital.

Ini termasuk channel populer seperti Trans Media, MNC Group, RCTI, SCTV dan lain sebagainya. Tetapi tidak jarang saluran TV tersebut mengalami perubahan frekuensi sehingga Anda perlu memasukan frekuensi TV digital Sukabumi, Jawa Barat dan sekitarnya yang akan kami bagikan daftarnya dibawah ini untuk semua merk set top box DVB-T2 dan TV digital:

Daftar Kode Frekuensi TV Digital Sukabumi dan Sekitarnya


frekuensi tv digital sukabumi

Dibawah ini adalah berbagai kode frekuensi channel TV digital Sukabumi terbaru yang bisa langsung dimasukan ketika ingin scan ulang TV digital secara manual:

ChannelDigital (UHF)DVB-T2 (MHz)
TVRI Nasional, TVRI Jawa Barat, TVRI World, TVRI Sport31 UHF-
Metro TV, Magna Channel, BNTV, MGSTV32 UHF-
SCTV, Indosiar, MOJI, Mentari TV, Kompas TV33 UHF-
ANTV, tvOne, SportOne37 UHF-
MNCTV, GTV, iNews41 UHF-
Trans TV, Trans7, CNN Indonesia, CNBC Indonesia45 UHF-

Cara Memasukan Frekuensi TV Digital Sukabumi di Set top Box


Setelah mencatat daftar kode frekuensi dari berbagai channel TV digital yang tersedia di Sukabumi, sekarang saatnya untuk melakukan scan ulang siaran TV digital secara manual dengan memasukan kode frekuensi diatas.

Sebagai contoh, pada tutorial kali ini kami akan memasukan kode frekuensi TV digital Sukabumi di set top box Matrix Apple DVB-T2. Perlu dicatat, mungkin tutorial ini sedikit berbeda jika diterapkan pada set top box merk lain.
  • Pastikan antena sudah dicolokan ke STB.
  • Hubungkan STB ke TV menggunakan kabel HDMI atau RCA.
  • Nyalakan STB Matrix Apple dan televisi Anda.
  • Tekan tombol [Menu] pada remote STB, lalu pilih [Pencarian].
  • Lalu arahkan ke opsi [Cari Manual].
  • Lalu sesuaikan Frekuensi MHz sampai channel yang Anda cari ditemukan.
  • Tunggu proses scan ulang siaran TV digital sampai selesai.
  • Ulangi langkah ini ketika ingin scan channel TV digital yang lainnya.


Kenapa Channel TV Digital Sukabumi Sedikit?


Warga Sukabumi, Jawa Barat atau daerah lainnya seringkali mengalami masalah ketika ingin menonton siaran TV digital, dimana siaran yang didapat sangat sedikit bahkan tidak ada sinyal sama sekali. Padahal sebelumnya ketika masih menggunakan siaran analog channel yang didapatkan bisa dibilang lengkap.

Masalah seperti ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti jenis antena yang digunakan, set top box ataupun lokasi dari pengguna itu sendiri. Salah satu cara paling mudah untuk mengatasinya adalah dengan scan ulang TV digital secara otomatis atau manual denga frekuensi TV digital Sukabumi diatas.

Selain itu, pastikan posisi antena sudah ke arah yang tepat agar sinyal digital yang didapatkan bisa lebih kuat dan maksimal. Setiap kali melakukan perubahan arah antena, disarankan untuk memindai ulang siaran TV digital Sukabumi di set top box atau televisi Anda.

Itulah daftar frekuensi TV digital Sukabumi, Jawa Barat dan daerah sekitarnya terbaru 2024 yang bisa digunakan untuk scan ulang TV digital diberbagai merk set top box dengan memasukan kode frekuensi dari masing-masing channel TV digital Sukabumi sesuai tabel diatas. Semoga bermanfaat.

Lihat juga:
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.