Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Kode Area TV Digital Banjarmasin dan Sekitarnya 2024

Pemerintah akan resmi memulai ASO (analog switch off) pada 20 Maret 2023 ditiga wilayah Indonesia, salah satunya adalah Banjarmasin. Mendengar kabar ini, warga Banjarmasin yang tidak memiliki TV digital harus menyiapkan set top box DVB-T2 dan memasukan kode area TV digital Banjarmasin yang benar agar bisa menonton channel TV digital.

Setiap model set top box baik itu yang beli sendiri atau bantuan dari pemerintah memerlukan kode pos TV digital yang terdiri dari 5 digit angka. Untuk itu, agar set top box DVB-T2 bisa mulai memindai siaran TV digital maka Anda perlu memasukan kode lokasi TV digital Banjarmasin dan daerah sekitarnya di Kalimantan Selatan.

Kode lokasi tersebut diminta ketika pertama kali menghidupkan set top box dan mengaturnya sebelum memindai siaran TV digital. Pada artikel kali ini, kami akan membagikan daftar kode area TV digital Banjarmasin, Kalimantan Selatan dan sekitarnya terbaru 2024 untuk set top box DVB-T2 dan TV digital.

Daftar Kode Area TV Digital Banjarmasin


Masukan 5 digit kode pos Banjarmasin dibawah ini ketika set top box Anda meminta kode area agar bisa menonton siaran TV digital dengan lancar:

kode area tv digital banjarmasin

Selengkapnya: Lihat daftar lengkap kode pos Banjarmasin untuk set top box TV digital [DISINI].

Fungsi Memasukan Kode Pos Area TV Digital Banjarmasin


Selain agar dapat menerima channel TV digital yang tersedia di Banjarmasin, Kalimantan Selatan dan wilayah sekitarnya, kode lokasi itu juga memiliki peran lain, yaitu agar salah satu fitur wajib pada set top box bisa berfungsi dengan normal. Fitur tersebut dinamakan AWS (early warning system).

BACA JUGA: Cara Setting Set top Box Matrix

Yang mana merupakan fitur yang sudah disematkan pada kebanyakan merk set top box dengan fungsi untuk memberikan informasi kebencanaan secara real-time tergantung dengan kode lokasi yang dimasukan oleh pengguna STB tersebut.

Misalkan, Anda sudah memasukan kode area TV digital Banjarmasin maka jika ada bencana didekat lokasi Anda secara otomatis akan ada notifikasi atau pemberitahuan di set top box melalui sinyal radio. Jadi jangan lewatkan kode lokasi ketika mengatur set top box.

Kenapa Siaran TV Digital Banjarmasin Sedikit?


Pernahkah Anda mengalami masalah dimana channel TV yang ditangkap set top box hanya sedikit saja? Ini adalah masalah umum yang sering terjadi semenjak siaran analog dialihkan ke sinyal digital. Bukan hanya di Banjarmasin, kasus STB tidak ada sinyal juga dialami oleh banyak orang di daerah lainnya.


Biasanya kendala ini disebabkan karena lokasi yang jauh dari pemancar sinyal, sehingga antena tidak bisa menerima sinyal digital secara maksimal yang membuat saluran TV pada set top box Anda hanya tersimpan sedikit saja.

Untuk mengatasinya, kami selalu menyarankan agar menggunakan antena outdoor dan mengatur posisi antena ke arah pemancar sinyal terdekat, atau Anda bisa mengikuti arah antena orang lain yang mendapatkan banyak siaran TV digital.


Setelah itu jangan lupa untuk memindai ulang siaran TV digital di set top box atau televisi Anda, baik itu secara otomatis atau manual dengan cara memasukan kode lokasi TV digital Banjarmasin dan lokasi sekitarnya di Kalimantan Selatan yang sudah kami bagikan diatas.
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.