Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Penyebab Kenapa Set top Box Tidak Ada Warna

Set top box (STB) adalah perangkat yang digunakan untuk menonton siaran TV digital. Namun, ada kalanya pengguna mengalami masalah pada STB mereka, seperti set top box tidak ada warna. Masalah ini dapat terjadi pada STB merk apa pun, dan dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang akan kami bahas secara lengkap mengenai penyebab dan cara mengatasinya disini.

Set top box sudah menjadi alat elektronik yang wajib dimiliki bagi mereka yang ingin mendapatkan siaran digital di TV LED atau tabung yang belum mendukung teknologi DVB-T2. Namun ada saja masalah yang sering kali terjadi pada set top box, seperti salah satunya adalah tidak ada warna yang tentunya tidak nyaman digunakan untuk menonton TV digital dalam keadaan warna hitam putih saja.

Masalah ini dialami oleh beberapa pengguna set top box TV digital yang bisa disebabkan oleh banyak faktor. Seperti pengaturan set top box, kabel HDMI, RCA dan lain sebagainya. Pada artikel ini kami akan membahas penyebab kenapa set top box tidak ada warna lengkap dengan cara mengatasinya yang benar.

Penyebab dan Cara Mengatasi Set top Box Tidak ada Warna


set top box tidak ada warna

1. Periksa Kabel HDMI


Kabel HDMI adalah kabel yang menghubungkan STB dengan televisi. Jika kabel ini tidak terpasang dengan benar, maka tampilan pada layar televisi bisa menjadi hitam putih atau tidak berwarna. Pastikan bahwa kabel HDMI terhubung dengan kuat ke port HDMI pada STB dan televisi. Jika kabel HDMI terlihat rusak atau sobek, maka sebaiknya Anda menggantinya dengan kabel HDMI yang baru.

2. Periksa Pengaturan Warna pada STB


Pengaturan warna yang salah pada STB juga dapat menyebabkan gambar tidak ada warna. Pastikan bahwa pengaturan warna pada STB sudah benar dan sesuai dengan televisi Anda. Cobalah untuk mengatur ulang pengaturan warna pada STB dan lihat apakah hal ini memperbaiki masalah tampilan monokrom pada televisi Anda.

Setiap merk set top box memiliki tampilan dan posisi menu yang berbeda, tetapi umumnya pengaturan warna set top box bisa diakses dengan menekan tombol [Setting] pada remot STB lalu pilih menu yang menunjukan pengaturan  gambar atau tampilan set top box.

3. Periksa Koneksi Antena


Masalah pada koneksi antena juga bisa menyebabkan tampilan tidak berwarna pada STB. Pastikan bahwa antena sudah terhubung dengan benar ke STB. Jika antena Anda sudah tua atau rusak, maka sebaiknya Anda menggantinya dengan antena yang baru.

4. Restart STB


Cobalah untuk me-restart STB Anda dengan mencabut kabel daya selama beberapa detik dan kemudian menyambungkannya kembali. Hal ini dapat membantu memperbaiki masalah gambar hitam putih pada set top box DVB-T2 digital Anda.

5. Periksa Pengaturan Warna pada TV


Terkadang masalah pada televisi juga bisa menyebabkan gambar tidak berwarna pada STB. Jika Anda mengalami masalah ini, pastikan bahwa televisi Anda sudah diatur untuk menerima sinyal digital dari STB. Pastikan juga bahwa televisi Anda sudah terhubung dengan benar ke STB menggunakan kabel HDMI.

Bisa juga karena pengaturan warna pada TV yang salah. Untuk lebih jelasnya Anda harus memeriksa pengaturan warna pada televisi dan pastikan pengaturan warna tersebut sudah benar. Tetapi bagaimana jika gambar set top box tetap hitam putih?

6. Periksa Kabel RCA


Penyebab kenapa set top box hitam putih adalah karena pemasangan kabel RCA yang kurang tepat. Kabel ini terdiri dari 3 warna berbeda yang harus dicolokkan ke port RCA yang ada di TV Anda. Biasanya setiap model TV memiliki lebih dari 3 port RCA.

Jika TV LED atau tabung Anda memiliki lebih dari 3 port RCA, cobalah untuk mencolokkan kabel RCA dari STB ke port yang lain, jika memang gambar sudah menjadi berwarna berarti penyebabnya adalah karena port RCA pada TV bermasalah.

7. Reset Set top Box


Set top box tidak ada warna juga bisa disebabkan karena adanya malfungsi pada sistem set top box Anda yang menyebabkan warna pada gambar set top box tidak keluar atau hanya hitam putih saja. Untuk mengatasi masalah ini tidak ada salahnya untuk mereset STB ke pengaturan pabrik.

Reset ulang STB ke pengaturan pabrik membuat semua pengaturan yang sebelumnya sudah Anda ubah akan kembali seperti semula sehingga Anda harus mengatur ulang set top box seperti memasukan kode pos atau memilih bahasa sebelum mulai memindai siaran TV digital.

8. Update Software Set top Box


Selain mereset ulang, ada pilihan lainnya yang bisa saja mengatasi masalah set top box tidak ada warna, yaitu dengan melakukan update software ke versi terbaru. Kebanyakan merk set top box saat ini akan memberikan informasi ketika sudah ada software versi terbaru selama STB terhubung ke internet.

Anda bisa langsung melakukan update software ke versi terbaru untuk mendapatkan performa maksimal dari set top box Anda dan mungkin saja software versi terbaru tersebut lebih optimal dan bisa mengatasi masalah STB yang tidak ada warna.

Kesimpulannya, set top box tidak ada warna bisa disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk masalah pada kabel RCA, HDMI, masalah pada STB, masalah pada TV, pengaturan warna yang salah pada STB, dan masalah pada koneksi antena. Untuk mengatasi masalah ini, pastikan bahwa semua koneksi sudah terhubung dengan benar dan coba atur ulang atau update software STB Anda.

Lihat juga:
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.