Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Satelit TV Gratis Terbaru 2024 dan Cara Mendapatkannya

Menonton siaran TV favorit berbayar terus menerus akan membuat tagihan bulanan Anda bertambah lebih banyak. Untuk menghemat pengeluaran tersebut, Anda bisa mencoba satelit TV parabola gratis yang juga menyediakan banyak channel menarik. Sebagai referensi, pada artikel ini akan diulas mengenai daftar satelit TV gratis berikut dengan cara mendapatkanya.

5 Daftar Satelit TV Gratis Saluran Indonesia 2024


Daftar isi


daftar satelit tv gratis

Terdapat dua jenis jalur frekuensi satelit yang bisa dinikmati secara cuma-cuma yaitu jalur frekuensi C band dan Ku band. C band merupakan jenis LNB parabola solid dan jaring yang memiliki ketahanan khusus ketika hujan deras sekalipun.

Sementara Ku band adalah jenis LNB yang mampu menangkap sinyal dengan jangkauan yang cukup sulit seperti sinyal pada frekuensi 10.7 Ghz sampai 12.75 Ghz. Jalur frekuensi C band dan Ku band bisa Anda pilih untuk mendapatkan siaran melalui satelit TV gratis berikut ini.

1. Satelit Telkom 4


Saluran televisi dari Satelit Telkom 4 atau dikenal juga dengan nama satelit merah putih dapat dinikmati tanpa biaya tambahan melalui parabola dengan jalur frekuensi C band. Setelah masa orbit satelit Palapa D berakhir, tidak sedikit saluran TV yang beralih ke satelit milik Pemerintah Indonesia ini.

BACA JUGA:

2. Satelit Measat 3a


Satelit Measat 3a menggunakan jalur frekuensi KU band yang dapat diterima secara maksimal dengan dekoder K Vision. Saluran gratis yang tersedia pada satelit ini diantaranya Trans TV, Trans 7, Kompas TV, ANTV, tvOne, Metro TV, TVRI, RTV, TV MU, JTV, daai TV, Quran TV dan TV 9 Nusantara.

3. Satelit Measat 3b


Daftar satelit TV gratis yang berikutnya adalah Measat 3b. Sama halnya seperti satelit Measat 3a, saluran TV Measat 3b juga menggunakan jalur frekuensi Ku band. Meski begitu jumlah saluran TV gratis di satelit Measat 3b lebih sedikit daripada satelit Measat 3a.

4. Satelit SES 9


Satelit SES 9 diberikan oleh provider Matrix Garuda lewat jalur frekuensi Ku Band. Sejumlah saluran TV yang bisa ditonton secara gratis pada satelit ini meliputi Net TV, Metro tv, Trans TV, Trans 7, Kompas TV, Indonesia Maju, Matrix TV, Matrix TV Mp4, Matrix Shop hingga TV 8.

5. Satelit Asiasat 9


Terakhir ada satelit Asiasat 9 yang berada pada frekuensi Ninmedia Ku band. Ninmedia menyediakan layanan lebih dari 50 jenis saluran TV yang bisa dinikmati secara gratis, diantaranya Trans TV, Trans 7, Net TV, ANTV, RTV, Metro TV, TVRI Nasional, NHK World Japan, Kompas TV, FTV, RRI Net, Spacetoon Indonesia, Arirang World, Al Jazeera English, Pop Musik, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA: Frekuensi Asiasat 9 Ninmedia

Cara Mudah Mendapatkan Satelit TV Parabola Gratis


Setidaknya dibutuhkan satu set parabola dan receiver parabola untuk menyaksikan saluran TV satelit gratis. Perangkat TV parabola ini memiliki harga yang lebih ekonomis jika dibandingkan dengan biaya layanan TV kabel berbayar yang harus Anda keluarkan setiap bulannya.

Untuk menangkap saluran TV satelit C band secara optimal, Anda bisa menggunakan parabola berukuran besar. Anda dapat memasang antena parabola C band dengan mengarahkannya ke satelit Telkom 4 yang menyediakan beragam frekuensi transponder TV nasional maupun lokal.

Sedangkan untuk jalur frekuensi Ku band Anda tidak harus menggunakan parabola dengan ukuran besar. Cukup dengan memakai parabola mini saja, Anda sudah bisa menangkap saluran TV kesukaan yang berkualitas.

BACA JUGA: Cara Memprogram TV Parabola yang Tidak ada Sinyal

Demikianlah ulasan mengenai daftar satelit TV gratis yang bisa dipertimbangkan. Dengan adanya informasi ini, Anda diharapkan bisa memilih satelit TV gratis sesuai keinginan, tetapi mungkin siaran yang didapatkan tidak sebanyak TV berbayar.
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.