Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Penyebab Kenapa Remote TV Polytron Tidak Berfungsi

Remote TV merupakan perangkat yang sangat penting untuk mengoperasikan televisi. Namun, terkadang remote TV Polytron tidak merespon dan membuat penggunanya kesulitan untuk mengontrol TV Polytron tersebut. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kenapa remote TV Polytron tidak berfungsi yang akan kami bahas secara lengkap dalam artikel ini.

Penyebab dan Cara Mengatasi Remote TV Polytron Tidak Berfungsi


kenapa remote tv polytron tidak berfungsi

Dibawah ini kami sudah membahas mengenai 12 hal yang bisa menyebabkan kenapa remote TV Polytron tidak merespon lengkap dengan cara mengatasinya yang benar. Langsung saja simak pembahasannya berikut ini:

1. Jarak Remote ke TV Terlalu Jauh


Salah satu penyebab remote TV Polytron tidak berfungsi adalah jarak yang terlalu jauh. Terkadang, jarak antara remote dan televisi terlalu jauh sehingga sinyal tidak dapat diterima oleh televisi. Untuk mengatasi masalah ini, pastikan Anda mengarahkan remote langsung ke televisi dengan jarak yang cukup dekat.


2. Baterai Remote Sudah Habis


Baterai yang sudah habis bisa menjadi penyebab remote TV Polytron tidak berfungsi. Pastikan untuk memeriksa baterai pada remote TV Polytron dan ganti baterai yang sudah habis dengan yang baru.

Selain baterai yang sudah habis, baterai yang kurang tegangan juga bisa menjadi penyebab remote TV Polytron tidak berfungsi. Pastikan untuk memeriksa tegangan baterai pada remote TV Polytron dan ganti baterai yang kurang tegangan dengan yang baru.

3. Cek Koneksi Baterai


Cek kembali baterai remote TV Polytron Anda. Pastikan baterai masih dalam keadaan baik dan terhubung dengan benar. Jika baterai remote TV Polytron Anda sudah habis, ganti dengan baterai yang baru. Jangan lupa untuk memasang baterai dengan benar agar remote TV dapat berfungsi dengan baik.

4. Remote TV Polytron Tidak Merespon? Coba Cek Sensor Pada TV


Jika remote TV Polytron masih tidak berfungsi, cek kembali receiver TV. Pastikan receiver TV masih dalam keadaan baik dan tidak ada gangguan pada bagian penerima sinyal. Jika ada gangguan pada penerima sinyal, sebaiknya segera perbaiki atau ganti dengan yang baru.

Sensor TV yang rusak seringkali menjadi penyebab kenapa remote TV Polytron tidak berfungsi. Untuk memastikannya mungkin Anda perlu mencoba remote TV Polytron tersebut ke TV lain. Apabila berfungsi, berarti yang bermasalah adalah sensor pada TV tersebut, bukan remotenya.


5. Bersihkan Remote TV Polytron


Jangan lupa untuk membersihkan remote TV Polytron Anda secara teratur. Debu atau kotoran yang menempel pada remote TV dapat menyebabkan gangguan pada tombol atau sensor pada remote TV. 

Bersihkan remote TV Polytron menggunakan lap bersih dan kering agar remote TV tetap berfungsi dengan baik.

6. Kerusakan Komponen Pasir


Penyebab kerusakan yang pertama bisa diakibatkan karena komponen pasir atau kondensator ataupun di resistor. Kerusakan pertama ini sangat jarang dijumpai pada remote tv polytron. Tetapi tidak menutup kemungkinan hal ini terjadi pada remote TV Polytron Anda dan menjadikannya tidak berfungsi sama sekali.

Bagaimana cara mengatasinya? Nah, untuk mengetahui kerusakan yang terjadi karena komponen pasir Anda haru membongkar remote terlebih dahulu dan menelusuri kerusakan yang terjadi.

Dalam hal ini Anda harus teliti dan berhati-hati, sebab untuk orang yang tidak tahu menahu perihal elektro akan memilih membeli remote baru daripada memperbaikinya.

BACA JUGA: Kode Remote TV Polytron Tabung dan LED

7. Kerusakan pada Komponen Aktif


Kerusakan yang kedua bisa disebabkan karena terjadinya gangguan pada komponen aktif, yakni di bagian transistor atau di area IC. Sama halnya dengan kerusakan yang terjadi pada komponen pasif, Anda juga wajib melakukan pembongkaran remote jika terjadi kerusakan di area IC.

Hal ini dilakukan karena Anda harus melakukan penggantian pada komponen yang rusak dengan komponen sejenis. Jika tidak diganti dengan komponen sejenis atau setipe maka remote TV tidak dapat digunakan seperti sedia kala. 

Jika Anda tidak paham perihal komponen yang terdapat di dalam remote alangkah baiknya jika Anda membawa remote tersebut kepada ahlinya untuk diperbaiki. Jika kerusakan yang terjadi sudah terlalu parah maka Anda akan disarankan untuk melakukan pembelian remote TV Polytron.

8. Jalur PCB Rusak


Jenis kerusakan ketiga dan cara mengatasi remote tv polytron tidak berfungsi disebabkan adanya kerusakan pada jalur PCB. Jika kerusakan yang mengakibatkan remote tidak berfungsi disebabkan karena jalur PCB, maka untuk memperbaikinya Anda harus menyambung jalur yang rusak.

Tidak jauh berbeda dengan cara-cara sebelumnya, Anda juga harus membuka remote dan mencari jalur yang tidak berfungsi. Baru setelah ditemukan penggantian jalur yang rusak bisa dilakukan. Setelah jalur kembali tersambung remote TV akan dapat difungsikan seperti sedia kala.

BACA JUGA: Cara Setting TV Digital Polytron

9. Casing Pecah


Kerusakan keempat yang mengakibatkan remote TV polytron tidak merespon dengan baik adalah karena terjadinya keretakan atau pecah pada casing remote. Mau disadari atau tidak, mulai sekarang Anda harus tahu bahwa casing remote yang pecah tak hanya membuat komponen yang ada di dalamnya menjadi rapuh, tetapi remote juga dapat mengalami kerusakan permanen.

Oleh karena itu, casing remote yang rusak harus segera dilakukan penggantian. Hal ini untuk menghindari kerusakan parah yang terjadi pada remote TV. Selain rusak, jika tidak cepat diganti Anda akan rentan mengalami salah pencet. Akhirnya remote tidak bisa memberikan perintah dengan baik.

10. Komponen CF Rusak


Penyebab kenaap remote TV Polytron tidak berfungsi dengan baik adalah karena terjadinya kerusakan pada komponen CF. Komponen ini memiliki fungsi utama sebagai pembangkit frekuensi pembawa data atau perintah yang asalnya dari remote control.

Apabila komponen pada pengendali tersebut mengalami kerusakan maka perintah yang dikirimkan tidak akan bekerja dengan baik.

Komponen-komponen yang dimaksud biasanya di dalam remote TV Polytron berbentuk kotak dan berkaki 2 atau bisa jadi 3 dan memiliki warna biru,hitam, kuning, orange. Jika Komponen ini rusak maka Anda harus segera melakukan penggantian untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

BACA JUGA: Cara Menyambungkan HP ke TV Polytron

11. Ganti Remote TV Polytron


Jika setelah melakukan beberapa langkah di atas, remote TV Polytron masih tidak berfungsi, kemungkinan besar remote TV sudah rusak dan perlu diganti dengan yang baru. Sebaiknya beli remote TV Polytron yang asli dan pastikan cocok dengan seri dan tipe TV Polytron Anda.

Demikian informasi yang dapat disampaikan perihal penyebab dan cara mengatasi remote TV Polytron tidak berfungsi dengan baik. Apabila Anda tidak ahli dalam bidang elektro atau perbaikan remote maka alangkah baiknya Anda membawa ke tukang service.
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.