Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Bluetooth Hidup Sendiri di Android (Update 2022)

Tidak sedikit orang yang belum mengetahui bagaimana cara mengatasi bluetooth hidup sendiri di Android, pasalnya masalah seperti ini memang sulit untuk diperbaiki jika Anda belum mengerti apa penyebab sebenarnya, pada artikel kali ini kami akan membahas secara lengkap mulai dari penyebab dan solusinya agar masalah bluetooth segera teratasi.

Sampai sekarang, Bluetooth masih memiliki peran penting terutama pada smartphone Android, memiliki fungsi untuk mengirim file jarak dekat tanpa kabel (nirkabel) dengan kecepatan transfer bervariasi, tergantung pada kecanggihan teknologi Android tersebut.

Walaupun sudah banyak aplikasi yang berfungsi untuk mengirim file jarak jauh, bahkan bisa dibilang lebih cepat dibanding bluetooth, tetapi tetap saja aplikasi itu membutuhkan fungsi bluetooth sehingga seringkali bluetooth hidup sendiri secara otomatis ketika Anda membuka aplikasi SHAREit dan aplikasi pengirim file lainnya.


Bagi Anda yang belum tahu apa saja penyebab dan solusi bluetooth hidup sendiri terus dan tidak bisa dimatikan, kami akan membahasnya secara lengkap pada artikel ini, jadi, kami sarankan Anda untuk membacanya sampai selesai ya!

Solusi Bluetooth Hidup Sendiri di Android


bluetooth hidup sendiri

Baiklah, sampai disini Anda akan menemukan beberapa tips yang bisa dicoba agar pertanyaan kenapa bluetooth nyala sendiri bisa terjawab, solusi dibawah ini sesuai pengalaman pribadi dan ada beberapa yang mengutip dari sumber terpercaya. Langsung saja ikuti beberapa tips berikut:

1. Bersihkan Aplikasi Latar Belakang


Cara pertama yang bisa Anda coba adalah dengan menghentikan semua aplikasi yang berjalan dilatar belakang, terkadang ada beberapa aplikasi lain yang menyebabkan bluetooth terus menyala, salah satunya adalah SHAREit.

Biasanya, setelah mengirim atau menerima file melalui SHAREit, fungsi bluetooth menjadi error dan terus menerus menyala sendiri walaupun sudah dimatikan, solusinya adalah dengan mencoba menghentikan semua aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Bagaimana caranya? tentunya sangat mudah, biasanya hanya dengan menekan tombol Recent (disamping tombol home) lalu klik icon silang pada layar, kurang lebih seperti gambar dibawah ini:

bluetooth hidup sendiri

Gambar diatas kami ambil dari tampilan layar Android Xiaomi, kurang lebihnya tidak jauh berbeda seperti itu. Metode ini juga berlaku untuk HP Vivo, Oppo, Samsung, Realme dan lain-lain. Adapun cara lainnya yang bisa Anda coba jika solusi diatas belum berhasil.

2. Restart Android


Sebenarnya ini adalah cara paling simple dan selalu berhasil, Anda bisa untuk mencoba menyalakan ulang Android, jika memang permasalahan tersebut disebabkan karena ada kesalahan fungsi sistem, dan kami selalu menyarankan untuk mencoba restart terlebih dahulu, ini juga tidak hanya untuk  solusi masalah bluetooth nyala sendiri saja, tetapi malfungsi lain yang mungkin terjadi pada Android Anda.

Untuk merestart Android caranya adalah: Tekan dan tahan tombol Power, kemudian pilih nyalakan ulang (Restart) dan tunggu sampai HP Anda mati lalu masuk ke menu awal seperti biasanya. Setelah itu, periksa lagi apakah bluetooth masih nyala sendiri tiba tiba atau tidak.

3. Bersihkan Data Bluetooth


Setiap aplikasi yang terinstal pastinya akan menyimpan data tersendiri, baik itu aplikasi bawaan maupun pihak ketiga yang Anda download sendiri, biasanya jika aplikasi tersebut sudah terlalu banyak data yang tersimpan akan menyebabkan beberapa masalah (bug).

Tidak ada salahnya Anda mencoba untuk menghapus data Bluetooth, caranya sangat mudah, Anda hanya perlu membuka pengaturan manajer aplikasi, lalu pilih bluetooth dan klik opsi dengan tulisan "Hapus Data" agar lebih jelasnya, kurang lebih seperti gambar dibawah ini:

bluetooth hidup sendiri

Jika di  HP Xiaomi, Anda hanya perlu membuka Pengaturan >Aplikasi Terinstal > Bluetooth > kemudian hapus data seperti gambar diatas.

Sedangkan untuk menghapus data aplikasi bluetooth di HP Vivo caranya adalah: Buka Pengaturan > Pengaturan Lainnya > Aplikasi Terpasang, kemudian cari aplikasi Bluetooth melalui kolom pencarian diatas. Terakhir, klik aplikasi Bluetooth dan pilih opsi "Hapus Data".

4. Perbarui Sistem Android


Banyak orang yang mangabaikan notifikasi yang mengingatkan bahwa sudah ada versi terbaru untuk dipasang, ini tidak kalah penting, pasalnya pembaruan sistem sangat berperan untuk tetap menstabilkan kinerja Android Anda dan memperbaiki error yang ada.

Masalahnya, jika Anda masih menggunakan sistem Android versi lama, tidak menutup kemungkinan akan banyak bug di dalamnya, baik itu aplikasi pihak ketiga atau bawaan termasuk bluetooth, jadi pastikan Android sudah terpasang sistem terbaru ya!

Untuk cara perbaruinya sangat mudah, jika sudah ada notifikasi pembaruan software Anda hanya perlu mengklik notifkasi tersebut lalu nyalakan data seluler dan tunggu sampai prosesnya selesai. Atau khusus untuk pengguna Vivo bisa mengikuti langkah dibawah ini:

  • Pastikan HP sudah terkoneksi internet.
  • Pastikan juga baterai HP tidak kurang dari 50%.
  • Kemudian buka menu [Pengaturan].
  • Scroll kebawah lalu pilih [Pembaruan Sistem].
  • Pilih [Perbarui/Update] jika tersedia software versi terbaru.
  • Tunggu sampai proses pembaruan sistem selesai.

Jika Anda pengguna HP Xiaomi Redmi, Poco atau Xiaomi Series lainnya, kami sarankan untuk memperbarui MIUI ke versi terbaru.

5. Ubah Pengaturan Lokasi atau GPS


Sekarang ini hampir setiap Android sudah dilengkapi dengan fitur GPS, yang berfungsi untuk melacak keberadaan ponsel dan lokasi terbaru kita, ternyata ada beberapa pilihan pengaturan GPS yang bisa diubah, diantaranya adalah Hemat baterai, Akurasi tinggi dan Perangkat saja.

Jika Anda mengaktifkan pengaturan GPS pada posisi Akurasi Tinggi, maka secara lokasi ditentukan dengan menggunakan Wifi, Bluetooth atau jaringan seluler, jadi setiap kali memindai lokasi biasanya Wi-Fi dan Bluetooth akan menyala sendiri secara otomatis.

Bahkan GPS yang membutuhkan fungsi bluetooth juga akan secara otomatis menyalakan bluetooth walaupun sebenarnya sudah kita matikan, ini bertujuan untuk menentukan lokasi secara akurat dan Anda bisa menonaktifkannya melalui pengaturan.

Caranya, silakan Anda ubah pengaturan GPS ke mode "Hemat Baterai" atau ke mode "Khusus Perangkat" saja dan jangan menggunakan mode Akurasi Tinggi, atau Anda bisa menonaktifkan Akses Lokasi jika GPS memang tidak benar-benar diperlukan. Dibawah ini tampilan pengaturan Lokasi Android di HP Xiaomi:

bluetooth hidup sendiri

Jadi, kami sarankan ubah pengaturan lokasi ke mode paling bawah, yaitu Khusus Perangkat, namun jika di mode hemat baterai tidak ada keterangan menggunakan Bluetooth untuk menentukan lokasi, berarti tidak masalah, dan bukan itu penyebabnya.

6. Hapus Data MI Drop


Tips ini khusus pengguna Android Xiaomi saja, MI Drop adalah aplikasi pengirim file bawaan xiaomi yang tidak jauh berbeda dengan SHAREit. Aplikasi ini membutuhkan fungsi dari beberapa aplikasi bawaan, termasuk Bluetooth.

Solusinya, Anda bisa segera menghapus data aplikasi MI Drop, caranya sama dengan menghapus data Bluetooth seperti tips diatas tadi, Anda harus membuka Pengaturan > Aplikasi Terinstal > MI Drop kemudian "hapus data".

Baca juga: Penyebab & Solusi Youtube Pause Sendiri di Android

Penyebab Bluetooth Nyala Sendiri dan Tidak Bisa Dimatikan


Dari beberapa solusi diatas, kita bisa menyimpulkan bahwa penyebab bluetooth error yang hidup sendiri dan tidak bisa dimatikan diantara adalah:

  • Malfungsi sistem Android
  • Pengaturan GPS yang mengharuskan Bluetooth aktif
  • Perintah MI Drop untuk menghidupkan Bluetooth secara otomatis
  • Terlalu banyak data yang tersimpan di aplikasi Bluetooth
  • Aplikasi pihak ketiga yang membuat perintah Bluetooth menyala sendiri otomatis
  • Sistem Android sudah lama tidak diperbarui, termasuk aplikasi bluetooth yang masih versi lama
  • Kerusakan hardware, tepatnya pada IC yang mengontrol fungsi bluetooth dan Wi-Fi.

Cukup sekian artikel singkat dengan judul cara mengatasi Bluetooth hidup sendiri di Android. Kesimpulannya, 6 tips diatas bisa dicoba untuk mematikan bluetooth yang menyala otomatis di Android Xiaomi, Vivo, Samsung, OPPO dan lainnya. Kunjungi Segaptek untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai teknologi, termasuk smartphone Android.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.

close