8 Alat Penyambung HP ke TV: Dengan dan Tanpa Kabel - JandelaTV

8 Alat Penyambung HP ke TV: Dengan dan Tanpa Kabel

Ada banyak alat penyambung HP ke TV tanpa kabel atau dengan kabel yang memungkinkan Anda untuk memindahkan tampilan layar HP ke layar TV yang lebih besar. Ini sangat berguna jika Anda ingin menikmati suasana berbeda ketika bermain video game atau streaming film di layar TV yang lebih besar dan suara yang lebih kuat juga tentunya.

Saat ini hampir semua layanan streaming menawarkan dukungan untuk berbagai platform dan perangkat yang berbeda-beda sehingga memudahkan Anda menonton film favorit diberbagai perangkat yang ada dirumah. Baik itu TV, laptop atau komputer.

Namun tidak semua orang ingin menyambungkan HP ke TV hanya untuk menonton film saja, tetapi ada juga yang memiliki tujuan lain. Seperti melihat album foto, mendengarkan musik atau bahkan membuka file. Cara termudah untuk memindahkan tampilan layar HP ke TV adalah dengan kabel HDMI.

Biasanya, kabel HDMI dilengkapi dengan konektor HDMI dikedua ujungnya. Android termasuk smartphone yang paling mudah untuk dikoneksikan ke TV, karena Anda hanya perlu membeli kabel HDMI to Mikro USB saja. Namun masih ada alat lain yang lebih praktis dan mudah. Berikut ini rekomendasi alat untuk menyambungkan HP ke TV LED, LCD, Smart TV & tabung terbaik dengan dan tanpa kabel.



Alat Penyambung HP ke TV Tanpa Kabel (Wireless)


Menyambungkan TV ke HP tanpa kabel relatif lebih mudah dan praktis, karena tidak membutuhkan banyak kabel sehingga ruang TV Anda akan tetap rapih.

Meskipun demikian, Anda perlu membeli alat (dongle) terlebih agar bisa screen mirroring dari HP ke TV tanpa kabel. Berikut ini rekomendasi dongle TV terbaik yang bisa Anda coba:

1. Google Chromecast


alat penyambung hp ke tv
Sumber gambar: Google

Saat ini dongle Chromecast sudah mencapai generasi ketiga yang dilengkapi dengan Google TV. Alat ini memungkinkan Anda untuk berbagi layar HP ke TV LED, LCD atau tabung secara nirkabel, tetapi pada PC Windows, Mac, iPhone atau iPad, Anda perlu mengunduh salah satu dari banyak aplikasi Chromecast yang ada agar alat ini bisa berfungsi dengan semestinya.

Ukuran dongle ini bisa dikatakan kecil (minimalis) dengan kabel HDMI yang bisa dicolokkan ke port HDMI TV. Sementara port USB di TV bisa digunakan sebagai pemasok daya agar alat Google Chromecast ini bisa menyala.

Ini adalah salah satu rekomendasi alat yang perlu Anda coba, karena Chromecast menawarkan resolusi yang cukup tinggi, yaitu sekitar 1920 x 1080 pixel. Sedangkan dongle Chromecast + Google TV memiliki resolusi yang lebih tinggi lagi hingga 3840 x 2160 pixel.

Pro:

  • Kapasitas RAM cukup besar (512 MB)
  • Dilengkapi dengan processor 1.2GHz
  • Sudah dilengkapi dengan tiga antena adaptif

Kontra:

  • Tidak ada remote control
  • Perlu mengunduh aplikasi
  • Waktu boot aplikasi yang relatif lambat

2. Dongle Anycast HDMI


alat untuk menyambungkan hp ke tv
Sumber gambar: Any-Cast

Anycast adalah alat screen mirroring yang menggunakan jaringan Wi-Fi sebagai pengirim dan penerima sinyal. Alat ini bekerja secara nirkabel untuk memindahkan layar HP Android atau iOS ke TV, monitor dan layar besar lainnya dengan resolusi full HD.

Dongle Anycast dapat digunakan untuk casting video, game atau film tanpa harus beralih ke mode screen mirroring terlebih dahulu. Kelebihan dari alat ini adalah sudah mendukung banyak sistem operasi, termasuk Android, iOS, Windows dan Macintosh. Plus Anycast juga kompatibel untuk HP keluaran lama hingga yang terbaru.

Sayangnya dongle Anycast hanya bisa berfungsi jika layar HP dalam kondisi menyala. Jadi ini mungkin sedikit membuat baterai HP menjadi lebih cepat habis karena layar harus tetap dalam kondisi standby. Tetapi Anycast bisa tetap menjadi pilihan alat penyambung HP ke TV terbaik dengan harga yang cukup terjangkau.


Pro:

  • Mendukung banyak sistem operasi
  • Resolusi tinggi hingga 1080p/60 fps
  • Ukuran kecil dan mudah untuk di set up

Kontra:

  • Tidak ada antena internal
  • Kapasitas RAM kecil
  • Perangkat hardware tidak bisa di upgrade

3. Apple TV 4K


alat penghubung hp ke tv led
Sumber gambar: Apple

Brand terkenal 'Apple' ternyata tidak hanya memproduksi smartphone dan laptop saja, perusahaan besar ini juga ternyata sudah memasarkan produk adapter terbarunya yang dilengkapi dengan spesifikasi menakjubkan, yaitu sudah mendukung konten 4K dan suara Dolby-HDR untuk TV Anda.

Dengan alat ini, Anda bisa streaming film secara nirkabel melalui layanan Airplay menggunakan perangkat apple yang kompatibel, seperti iPad, iPhone dan PC macOS. Ini termasuk salah satu alat alternatif Chromecast dan Anycast terbaik yang ditenagai dengan chipset A10X Fusion.

Prosessor ini juga digunakan pada iPad pro dan sangat bisa diandalkan untuk bermain video game iPhone dan iPad di layar TV selama berjam-jam. Selain itu, Anda dapat mengakses berbagai layanan TV online populer termasuk Netflix, Hotstar, Youtube dan HBO. Tidak heran kenapa Apple TV 4K dibandrol dengan harga yang cukup tinggi.

Pro:

  • Desain elegan, bersih dan mewah
  • Mendukung teknologi 4K HDR Gaming
  • Mudah untuk Screen Mirroring dengan perangkat iOS

Kontra:

  • Harga sangat mahal
  • Ketergantungan pada produk Apple
  • Biaya perawatan yang lebih mahal

4. Adapter Microsoft Wireless Display


alat penyambung hp ke tv lcd
Sumber gambar: Microsoft

Microsoft Wireless Display adapter terlihat seperti stik HDMI kecil dengan teknologi screen mirroring nirkabel yang sangat canggih. Alasannya karena alat ini bisa digunakan hampir untuk semua keperluan Miracast, seperti bermain game, melihat album foto, memutar musik dan streaming film. 

Ini juga merupakan adaptor yang sangat mudah digunakan, Anda hanya tinggal mencolokan konektor HDMI/USB ke TV dan kemudian menyambungkannya dengan PC Windows atau smartphone Anda. 

Perlu dicatat, alat ini hanya bisa digunakan untuk smartphone Android dan PC Windows, artinya adaptor ini tidak kompatibel untuk smartphone iOS dan macOS. Walaupun begitu, sudah banyak orang yang merekomendasikan alat ini untuk menyambungkan HP ke TV.

Pro:

  • Simple, mudah diatur dan digunakan
  • Dilengkapi dengan kualitas audio visual terbaik
  • Bekerja dengan baik pada Android dan Windows OS

Kontra:

  • Kabel terlalu pendek
  • Dijual dengan harga yang cukup mahal
  • Tidak mendukung smartphone iOS dan Macintosh OS

5. Dongle Mirascreen


cara menyambungkan hp ke tv
Sumber gambar: Mirascreen

Rekomendasi alat penghubung HP ke TV tanpa kabel adalah Mirascreen HDMI dongle yang memungkinkan Anda untuk mentransfer tampilan layar HP ke TV dengan resolusi tinggi hingga 1080p.

Ini termasuk salah satu alternatif dari Chromecast dan Anycast yang dijual dengan harga cukup terjangkau namun tetap menawarkan fitur pendukung layaknya dongle Miracast yang lain.

Sudah banyak tipe dari Mirascreen dongle yang kompatibel untuk berbagai sistem operasi, termasuk smartphone Android, iOS, PC Windows dan Macintosh. Dongle ini memanfaatkan konektivitas Wi-Fi untuk memindahkan tampilan layar HP ke TV secara nirkabel.

Hebatnya, dongle ini bisa mengubah TV jadul (tabung) menjadi layaknya smart TV dengan syarat sudah dilengkapi port HDMI dan USB sebagai pemasok daya untuk Mirascreen agar bisa berfungsi dengan baik.

Pro:

  • Kualitas gambar cukup baik
  • Mudah digunakan bahkan untuk pemula
  • Berfungsi dengan baik di perangkat iOS

Kontra:

  • Aplikasi Mirascreen belum sempurna
  • Dijual dengan harga yang cukup mahal
  • Jumlah produk terbatas


Alat Penyambung HP Android dan iOS ke TV dengan Kabel (Wired)


Banyak alat yang bisa digunakan untuk menstranfer tampilan HP ke TV dengan kabel, khususnya melalui port HDMI. Berikut ini beberapa rekomendasi alat yang bisa dicoba:

1. Kabel MHL


alat penyambung hp ke tv tabung

MHL adalah salah satu kabel penghubung smartphone Android dan tablet ke TV. Alat ini dilengkapi dengan sistem cerdas yang memungkinkan daya, video dan audio ditransfer melalui port Micro USB dari HP Anda.

Sebenarnya HDMI-MHL bisa digunakan untuk TV model LED, LCD, Smart TV bahkan tabung (CRT) asalkan sudah memiliki setidaknya satu port HDMI khusus untuk memindahkan tampilan HP Anda ke layar TV yang lebih besar. Anda hanya tinggal mencolokkan kabel Micro USB to HDMI untuk melakukan screen mirroring menggunakan alat ini. 

Samsung sendiri sudah lama menyertakan HDMI-MHL pada setiap paket produknya, khususnya adalah smartphone Android, ini menandakan bahwa MHL termasuk salah satu alat penting yang sangat memiliki banyak kegunaan.

Ada banyak merk dan tipe dari alat ini yang bisa Anda temukan ditoko offline ataupun online dengan harga yang bervariasi. Sebelum membelinya, pastikan bahwa kabel MHL pilihan Anda sudah tepat dan bukan produk abal-abal.

Pro:

  • Murah dan mudah digunakan
  • Dilengkapi dengan kabel yang lentur

Kontra:

  • Kabel terlalu pendek
  • Banyaknya MHL berkualitas rendah

2. Slimport


alat untuk menyambungkan hp android ke tv

Jika dilihat dari bentuknya, Slimport hampir mirip dengan MHL. Satu-satunya perbedaan Slimport dengan MHL adalah bisa digunakan walaupun tanpa input daya dari USB. Slimport juga sudah mendukung banyak perangkat, seperti HP, tablet dan laptop.

Untuk menggunakan alat ini, Anda perlu mencolokan Mikro USB yang ada ke port USB di HP Anda, sedangkan kabel USB dari Slimport dicolokan ke port USB TV dan terakhir mencolokan kabel HDMI untuk menghubungkan adaptor ke TV.

Pro:

  • Desain slim dan elegan
  • Bisa sambil mengisi daya ponsel

Kontra:

  • Warna yang kurang menarik
  • Terkadang tidak berfungsi pada perangkat tertentu

3. Kabel USB Type C to HDMI


alat untuk menyambungkan hp ke tv

Sekarang ini hampir semua smartphone sudah dilengkapi dengan USB type C terbaru yang mampu transfer file dengan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan tipe USB sebelumnya. Jika Anda pengguna Android high-end yang sudah menggunakan USB type C dan ingin memindahkan tampilan HP ke TV, maka Anda bisa memilih kabel USB type C to HDMI.

Ini adalah kabel yang sangat bermanfaat bagi pengguna Android terbaru, pasalnya kabel USB type C to HDMI memungkinkan Anda untuk berbagi layar HP ke TV sehingga akan lebih puas ketika menonton serial favorit, bermain video game atau mendengarkan musik.

Ada banyak merk dan tipe dari kabel ini yang bisa Anda temukan ditoko aksesoris smartphone offline ataupun online dengan harga yang bervariasi. Kami menyarankan Anda untuk memilih merk kabel USB type C ke HDMI yang sudah dikenal agar nantinya tidak mengecewakan.

Pro:

  • Harga murah
  • Banyak pilihan merk dan tipe

Kontra:

  • Hanya bisa digunakan untuk USB tipe C
  • Tidak bekerja pada perangkat tertentu

Itulah rekomendasi 8 alat penyambung HP ke TV tanpa kabel dan dengan kabel yang cocok hampir untuk semua perangkat, termasuk smartphone, tablet, PC Windows, Macintosh OS, Android dan juga iOS. Kami harap sekarang Anda sudah menemukan pilihan alat yang tepat. Semoga bermanfaat.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.

Belum ada Komentar untuk "8 Alat Penyambung HP ke TV: Dengan dan Tanpa Kabel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close