Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pasang Parabola Mini Sendiri di Rumah (Step by Step)

Parabola merupakan perangkat untuk menangkap siaran atau gelombang radio dan meneruskan ke televisi untuk menampilkan siaran. Perlu beberapa hal yang harus Anda perhatikan dan pertimbangkan dalam memilih parabola mini agar tidak menyesal nantinya. Cara pasang parabola mini dapat Anda kerjakan sendiri di rumah dengan cara yang tidak terlalu sulit.

Memilih Parabola Mini



Berikut ini terdapat beberapa tips yang sebaiknya Anda perhatikan saat memilih parabola mini K Vision, MNC Vision, Venus, Spyro atau yang lainnya.

1. Kondisi Receiver


Receiver atau penerima berfungsi mengolah sinyal dari jaringan menjadi gambar yang terlihat pada televisi Anda. Sebaiknya memilih receiver yang sesuai dengan jenis televisi agar sesuai dan aman untuk pemrograman. 

Misalnya saja jika Anda memiliki TV LCD maka dapat menggunakan receiver mpg4 HD yang dilengkapi soket HDMI.

2. Jumlah LNB


Jumlah LNB (Low-noise Block) harus disesuaikan dengan kebutuhan, jenis televisi dan juga jenis receiver. Semakin besar jumlah LNB maka semakin banyak pula channel yang Anda dapatkan. Namun, Anda juga dapat menambah jumlah LNB pada parabola mini terbaik dengan atau tanpa biaya tambahan sesuai ketentuan.

3. Jumlah Televisi


Langkah selanjutnya adalah Anda harus mempertimbangkan jumlah televisi di rumah dan ada atau tidak rencana menambah televisi. Jika jumlah televisi di rumah bertambah maka Anda harus menambah jumlah LNB. Selain itu, Anda juga harus mengganti receiver ke jenis yang lebih bagus jika televisi semakin bertambah.

4. Jenis Tiang Parabola


Tiang untuk penyangga parabola mini harus berkualitas dan kokoh sehingga tidak mudah patah. Karena parabola yang Anda gunakan akan ditempatkan di luar rumah sehingga sering terkena panas maupun hujan. Tiang yang bagus untuk penyangga parabola adalah yang terbuat dari galvanil.

5. Kualitas Kabel


Kabel yang berkualitas adalah yang terbuat dari serabut serat ground yang padat dan berdiameter besar. Kabel antena yang berkualitas dapat membuat penerimaan sinyal baik, kabel tidak mudah panas, dan terhindar dari korsleting listrik. Pemilihan kabel antena parabola mini yang berkualitas sangat penting untuk parabola jenis C band.

6. Jenis Parabola


Jenis parabola yang bisa Anda pilih adalah jenis dish dan solid dengan spesifikasi masing-masing. Parabola dish memiliki sinyal kuat meskipun hujan dan tahan akan terpaan angin untuk model jaring. Parabola solid sangat tepat untuk frekuensi KU Band dan lebih mudah terpengaruh cuaca seperti hujan dan angin.

7. Ukuran Parabola


Parabola besar lebih baik dalam menangkap sinyal, tetapi perlu lebih banyak ruang, pemasangan lebih rumit, dan lebih mahal. Parabola mini tidak memerlukan banyak ruang, mudah pemasangan, dan harga parabola mini lebih murah. Namun, Anda harus puas dengan channel terbatas, membayar iuran, dan sinyal terganggu saat hujan dengan parabola mini.

8. Biaya per bulan


Anda bisa memilih parabola yang mengharuskan Anda membayar setiap bulan atau memilih yang membayar di awal pemasangan saja. Jika memilih membayar setiap bulan maka Anda bisa menikmati lebih banyak channel, begitupun sebaliknya. Anda hanya perlu mempertimbangkan keperluan saja atau jika ada, pilih yang bebas iuran.

Cara Pasang Parabola Mini



Anda bisa memasang sendiri parabola mini merk K Vision, Spyro, MNC Vision atau Venus di rumah dengan cara berikut:

1. Mempersiapkan Alat dan Menentukan Tempat


Siapkan alat yang akan Anda perlukan seperti obeng dan kunci ring pas. Kemudian tentukan tempat pemasangan parabola yang sebaiknya tidak terlalu tinggi maupun rendah. Anda juga harus menghindari pemasangan di tempat yang terhalang dinding, atau atau pohon.

2. Memasang Parabola


Anda harus memasang parabola dengan lurus dan seimbang, serta kokoh agar tidak mudah tertiup angin. Jangan tempatkan parabola di dekat kabel atau sumber listrik lain yang bisa menyebabkan korsleting. Pastikan juga Anda sudah mengencangkan baut-baut dan mengarahkan arah parabola.

3. Memasang LNB dan Konektor


Cara pasang parabola mini selanjutnya adalah menghubungkan LNB ke receiver. Pasangkan konektor ke antena kemudian kabel receiver ke televisi agar sinyal dan channel tersalur ke TV. Pada tahap ini Anda akan mengetahui kualitas gambar dan channel apa saja yang ditangkap receiver.

4. Mengatur Satelit dan Sinyal


Anda bisa mencari satu channel terlebih dahulu untuk mengetahui kualitas gambar dan setting sesuai ketentuan. Setelah itu Anda bisa mengatur sinyal dengan mengarahkan parabola ke arah kanan atau kiri. Atau gunakan saja motor penggerak agar lebih praktis.

Itulah tadi cara memilih parabola mini terbaik dan cara pasang parabola mini K Vision, Spyro, Tanaka Nusantara, Lgsat, Venus ataupun MNC Vision. Jika Anda ingin lebih praktis maka Anda bisa menggunakan jasa pemasangan profesional.

Lihat juga:

Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.

Posting Komentar untuk "Cara Pasang Parabola Mini Sendiri di Rumah (Step by Step)"


close