Kode Remot TV SHARP Tabung dan LED Terlengkap - JandelaTV

Kode Remot TV SHARP Tabung dan LED Terlengkap

Kode remot TV Sharp bisa diterapkan pada remot TV universal (multifungsi). Saat ini ada dua merk remot universal yang paling populer, yaitu Joker dan Chunghop. Ini adalah remot yang bisa digunakan untuk beberapa merk TV sekaligus hanya dengan mengubah kode remotnya saja.

Walaupun ini remot serbaguna, tetapi seringkali masih ada beberapa merk TV yang belum didukung, namun untungnya TV Sharp tabung, LED, LCD dan Aquos sudah bisa menggunakan remot multifungsi ini, karena TV Sharp memang salah satu merk TV populer yang memiliki banyak pengguna.

Umumnya, jika Anda membeli TV Sharp baru pasti akan mendapatkan remot bawaan yang tidak mengharuskan Anda untuk memasukan kode TV Sharp terlebih dahulu, biasanya remot ini dikenal dengan sebutan "non universal".

Jika Anda ingin mencoba menggunakan remot Joker, Chunghop, Chunghe, Voltan, Visero atau universal lainnya di TV Sharp, maka Anda perlu mencatat kode terlebih dahulu sesuai tipe TVnya, apakah TV Sharp tabung, LED atau LCD, karena setiap tipe TV Sharp memiliki variasi kode remote yang berbeda-beda.



Daftar Kode Remot TV Sharp Tabung, LED & LCD


kode remot tv sharp

1. Kode TV Sharp Tabung


TV Sharp tabung memiliki banyak kode remot yang masing-masing terdiri dari 3 digit angka, Anda perlu mencoba satu persatu kode dibawah ini sampai menemukan kode yang benar-benar sesuai. Diantaranya adalah: 003, 018, 016, 025, 135, 136, 137.

Kode diatas bisa dicoba untuk TV Sharp tabung keluaran lama, seperti Qbeat, Alexander, Piccolo, C Vision, Batique Slim, Expression dan lain-lain.

2. Kode TV Sharp LED


Ada lebih sedikit variasi kode untuk TV Sharp LED/LCD, diantaranya adalah: 136, 137, 003, 018, 135.

Setelah mengetahui kode remot yang cocok untuk tipe TV Sharp Anda, sekarang saatnya untuk memasukan kode tersebut ke remot TV universal. Anda bisa mengikuti tutorial lengkapnya berikut ini:

Cara Memasukan Kode Remot TV Sharp


kode remot tv sharp tabung, led, lcd

1. Cara Setting Kode Remot Manual


Setelah mengetahui daftar kode TV Sharp, sekarang Anda perlu mengatur kode tersebut ke remote universal. Berikut ini langkah-langkah setting remot universal TV Sharp yang benar dan mudah:

  1. Pertama pastikan Anda menggunakan Remot Multi.
  2. Kedua, silakan tekan dan tahan tombol "SET" pada remot sampai lampu indikator menyala seperti pada gambar diatas.
  3. Pada saat lampu menyala, Anda harus memasukan 3 digit angka seperti diatas sesuai merk dan tipe TV, maka secara otomatis lampu akan mati.
  4. Jika tidak mati secara otomatis, Anda harus menekan tombol "SET" sekali lagi.
  5. Ulangi langkah diatas jika Anda belum menemukan kode yang cocok.

Catatan: Jika lampu indikator tidak menyala setelah tombol SET ditekan, coba untuk menahan tombol SET lalu tekan tombol Power sampai lampu indikator warna merah menyala. Kemudian masukan kode remote yang sebelumnya sudah dicatat.

2. Cara Setting Kode Remot Otomatis


Selain cara diatas, masih ada cara lain yang bisa dicoba dan bisa menjadi solusi jika tidak ada satupun kode remot yang berfungsi untuk TV Sharp Anda. Secara singkat, metode kedua ini memungkinkan remot universal terhubung secara otomatis ke TV Anda.
 
  1. Tekan & tahan tombol [SET] pada remote TV sampai lampu indikator merah menyala.
  2. Pada saat lampu menyala, arahkan remote ke TV, lalu tekan tombol Vol + atau Vol - pada remote TV.
  3. Jika berhasil, TV akan merespon dan volume akan bertambah atau berkurang sendiri.
  4. Setelah itu, tekan tombol Power untuk mematikan lampu indikator.

Untuk lebih jelasnya, kami sarankan untuk melihat tutorial lengkap beserta gambar yang sudah kami bagikan sebelumnya yaitu "cara memasukan kode remot TV".

Penyebab Remot TV Sharp Tidak Berfungsi


Jika kedua cara diatas tidak ada yang berhasil dan remot universal tetap tidak merespon, kemungkinan ada beberapa masalah yang tidak Anda ketahui. Berikut ini penyebab remot universal TV Sharp tidak berfungsi:

1. Kode Remot Salah


Masalah pertama bisa jadi karena kode yang Anda masukan tidak cocok atau salah, karena pada umumnya setiap tipe TV Sharp memiliki kode yang berbeda-beda, jadi silakan coba dengan kode lainnya yang sudah kami cantumkan diatas.

2. Baterai Remot Habis


Penyebab kedua dikarenakan baterai yang sudah lemah atau bahkan habis, untuk memastikannya Anda bisa mencoba menggunakan baterai lain, atau mengeceknya dengan memanfaatkan kamera ponsel. Bagaimana caranya? ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Pertama, buka kamera pada ponsel Anda.
  • Kedua, arahkan sensor TV ke kamera.
  • Kemudian tekan salah satu tombol pada remot TV sambil tetap mengarahkan sensornya ke kamera.
  • Jika remot masih berfungsi, akan terlihat ada cahaya putih yang terpancar dari sensor remot jika dilihat dari kamera ponsel.

3. Besi Penghubung Baterai Berkarat


Penyebab terakhir bisa dikarenakan besi pada kotak baterai remot sudah berkarat, hal ini menyebabkan arus listrik dari baterai tidak mengalir sempurna, jadi pastikan Anda membersihkan karatnya dengan menggunakan cairan tiner.

Baca juga: Kode Remot TV Coocaa Terlengkap

Perbedaan Remot TV Sharp Universal & Non Universal


Sudah ada beberapa TV Sharp yang dilengkapi dengan remote universal dan ada juga yang bukan (non universal). Untuk mengetahui apakah remote TV Sharp Anda adalah remote universal bisa dilakukan dengan mudah.

Langkah pertama adalah memeriksa apakah ada tombol "Set" atau "Mode"? Jika ada, berarti itu adalah remote universal, karena kedua tombol tersebut berfungsi untuk menyimpan kode remote yang lain yang nantinya bisa digunakan untuk berbagai merk TV.

Selain itu, remote Sharp multifungsi juga ditandai dengan adanya lampu LED yang berfungsi sebagai indikator dan akan menyala ketika salah satu tombol ditekan atau pada saat masuk mode Setup.

Harga Remot TV Sharp


kode remot tv sharp

Untuk harganya sangat bervariasi, mulai dari yang murah yaitu Rp. 15.000 sampai dengan Rp. 140.000, tidak heran kenapa ada beberapa yang menjual dengan harga mahal, biasanya remot tersebut adalah asli (original).

Jadi wajar saja dijual dengan harga yang cukup mahal. Anda bisa mendapatkannya di toko elektronik online maupun offline.

Cukup sekian artikel yang bisa kami bagikan mengenai kode remot TV sharp beserta cara settingnya, temukan kode remot untuk merk TV lainnya hanya di JandelaTV. Semoga bermanfaat, terimakasih.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close