Arti Simbol Remote AC Sharp Terlengkap & Terbaru 2021 - JandelaTV

Arti Simbol Remote AC Sharp Terlengkap & Terbaru 2021

Sebagian besar pengguna AC Sharp hanya mengetahui fungsi dari tombol On/Off atau penyesuaian suhu saja. Namun ternyata masih banyak tombol-tombol lainnya dengan simbol dan fungsi yang berbeda. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui arti simbol remote AC Sharp untuk hasil yang maksimal.

Sharp merupakan salah satu merk HVAC yang menawarkan fitur lengkap dengan banyak pilihan simbol di remotenya. Jika Anda pengguna baru AC merk ini, pasti masih bingung mengenai fungsi dari setiap simbol/lambang yang ada.

Biasanya setiap produsen AC akan memberikan buku panduan (manual book) jika Anda membeli AC baru. Di dalam buku panduan tersebut berisi semua informasi mengenai cara setting AC, termasuk fungsi dan arti simbol AC.


Arti Simbol Remote AC Sharp Terbaru


arti simbol remote ac sharp

Lihat juga: Cara Mematikan Timer AC untuk Semua Merk

Di bawah ini kami sudah membahas mengenai arti dan fungsi dari setiap simbol remote AC Sharp lengkap beserta gambarnya:

1. Arti Lambang On dan Off


arti lambang remote ac sharp 1

Pasti Anda sudah mengetahui fungsi dari lambang ini, karena ini adalah lambang umum yang selalu ada pada setiap merk AC.

Lambang ON/OFF biasanya ditandai dengan garis vertikal. Sedangkan tombol plus dan minus berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan suhu AC.

2. Arti Lambang Salju (Mode Cool)


arti lambang remote ac sharp 2

Simbol salju adalah salah satu mode yang paling banyak digunakan. Jika Anda menekan tombol ini, maka AC akan memulai pendinginan secara cepat.

Namun mode ini akan meningkatkan tagihan listrik bulanan Anda, karena AC dipaksa untuk bekerja secara maksimal agar proses pendinginan lebih cepat. Jadi tidak heran kenapa mode ini hanya digunakan ketika cuaca sedang sangat panas saja.

3. Arti Lambang Matahari AC Sharp


arti lambang remote ac sharp 3

Lambang matahari atau Mode Heat berfungsi untuk menghasilkan udara panas / hangat kedalam ruangan. Biasanya mode ini diaktifkan jika cuaca sedang sangat dingin.

4. Arti Lambang Tetesan Air (Mode Dry)


arti lambang remote ac sharp 4

Mode Dry (kering) biasanya berbentuk tetesan air. Meskipun menggunakan simbol air, mode dry berfungsi untuk mengurangi kelembaban di dalam ruangan sambil tetap menghasilkan udara dingin.

Ketika Anda mengaktifkan mode ini, secara otomatis komponen AC, yaitu kompresor akan menyala dan mati secara berulang-ulang dalam jeda yang singkat. Sementara itu, kipas angin (fan) akan tetap berputar, namun dengan kecepatan yang lebih rendah.

5. Arti Lambang Kipas (Mode Fan)


arti lambang remote ac sharp 5

Jika udara di dalam ruangan tidak terlalu panas, Anda dapat mengaktifkan mode ini. Jika mode ini diaktifkan, maka AC akan menyala namun hanya pada bagian kipasnya saja. Oleh karena itu, mode Fan sangat ampuh untuk mengurangi biaya tagihan listrik.

Lihat juga: Kode Error AC Sharp Lengkap dengan Solusinya

6. Arti Simbol Indikator Bar (Fan Speed)


fungsi simbol remote ac sharp

Simbol indikator bar atau Fan Speed membantu Anda untuk mengetahui tingkat kecepatan kipas. Singkatnya, semakin tinggi bar maka semakin cepat juga putaran kipasnya.

7. Arti Simbol AC Sharp Huruf A (Mode Otomatis)


arti simbol ac sharp

Mode otomatis biasanya ditandai dengan huruf "A" atau panah berputar seperti pada gambar di atas. Lambang huruf A berfungsi untuk mempertahankan suhu, baik saat mode pendinginan ataupun pemanasan.

8. Simbol Bulan atau Orang (Mode Quiet)


arti simbol remote pada AC Sharp

Mode Quiet (sunyi) biasanya ditandai dengan gambar orang atau bulan dan pohon cemara, seperti pada gambar di atas. Jika mode ini diaktifkan, secara otomatis AC akan mengurangi suara bising yang berasal dari komponen di dalamnya, termasuk kipas.

9. Simbol Hembusan Angin Vertikal (Mode Swing)


arti simbol remote ac sharp terbaru

Simbol hembusan angin vertikal atau mode swing memungkinkan Anda untuk mengarahkan udara AC secara vertikal. Biasanya mode ini selalu ada pada setiap merk AC, termasuk Sharp Plasmacluster atau yang lainnya.

10. Simbol Hembusan Angin Horizontal (Mode Swing)


fungsi simbol remote ac sharp

Simbol hembusan angin horizontal atau mode swing memungkinkan Anda untuk mengarahkan udara AC secara horizontal. Biasanya setiap merk AC selalu dilengkapi dengan mode ini, termasuk pada AC Sharp.

11. Pendinginan Turbo (Mode Turbo)


fungsi lambang remote ac sharp

Agar AC Sharp cepat dingin, Anda dapat mengaktifkan mode tubo yang ditandai dengan gambar orang atau simbol petir. Singkatnya, mode turbo memaksa AC untuk menghasilkan suhu maksimum antara 15 sampai 30 menit.

Lihat juga: Cara Setting Remote AC Universal

Arti Lambang Remote AC Sharp Lainnya



Simbol Arti Simbol Fungsi Simbol
arti simbol remote ac sharp terbaru 1 Mode Tidur atau Mode Malam Memungkinkan suhu AC turun secara otomatis ketika malam hari.
arti simbol remote ac sharp terbaru 2 Mode Eco atau Mode Hemat Mode ini berfungsi untuk mengurangi konsumsi daya hingga 50%.
arti simbol remote ac sharp terlengkap i-See Sensor Ini adalah sensor super cerdas yang memiliki dua fungsi, salah satunya mengatur arah angin.
simbol remote ac sharp Presence Sensor Sensor ini memungkinkan AC mati dan menyala secara otomatis dan mendeteksi ada atau tidaknya orang di dalam ruangan.
arti simbol remote ac sharp Mode Antivirus Mirip dengan mode Ionizer. Mode Antivirus berfungsi untuk menghilangkan bakteri atau partikel berbahaya dengan cara mengeluarkan ion negatif ke udara.

Kalau dirasa masih kurang, Anda bisa menonton video di bawah ini:


Lihat juga: Penyebab AC Mati Sendiri dan Solusinya

Arti Tombol Temp Pada Remote AC Sharp


Sebenarnya tombol temp adalah singkatan dari "temperatur" yang berfungsi untuk menampilkan tingkat suhu yang sebelumnya sudah diatur. Tombol ini bisa ditemukan pada hampir semua merk AC termasuk Sharp.

Biasanya informasi suhu akan tampil pada display remot AC. Ini adalah tombol umum yang paling sering digunakan. Tombol temp memungkinkan pengguna mengetahui tingkat suhu dengan mudah.

Kenapa Saya Harus Tahu Fungsi Simbol Pada Remote AC Sharp?


Alasannya sederhana: Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dapat mengaktifkan mode dingin ataupun panas. Sedangkan jika Anda hanya ingin mengaktifkan kipas AC saja, Anda bisa memilih mode Fan.

Jadi, simbol pada remote AC sangat penting diketahui agar Anda tidak lagi ragu untuk mengaktifkannya. Selain itu, dengan mengetahui arti dari setiap simbol yang ada, tagihan listrik bulanan Anda bisa menjadi lebih hemat, yaitu dengan cara mengaktifkan mode Eco.

Nah, demikian artikel yang bisa kami bagikan mengenai arti simbol remote AC Sharp terbaru. Sebenarnya, arti lambang-lambang di atas berlaku untuk merk AC yang lainnya. Semoga bermanfaat.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.

Belum ada Komentar untuk "Arti Simbol Remote AC Sharp Terlengkap & Terbaru 2021"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close