Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Kapasitor Pompa Air dan Ukurannya

Kapasitor adalah komponen elektronik yang mampu menyimpan muatan listrik. Komponen ini dapat ditemukan pada pompa air dengan ukuran yang berbeda-beda. Hampir semua pompa air dilengkapi dengan kapasitor yang memiliki fungsi penting. Lalu apa fungsi kapasitor pompa air?

Umumnya, kapasitor yang digunakan pada pompa air berbentuk silinder dengan lebar diameter yang bervariasi, namun fisik komponen ini dapat berubah jika terjadi kerusakan atau terbakar, seperti menjadi menggelembung, retak dan berminyak.

Sedangkan ukuran kapasitor pompa air sudah disesuaikan dengan seberapa besar dinamo yang digunakan. Singkatnya, jika pompa air tersebut memiliki dinamo berukuran besar, maka ukuran kapasitor yang dipasang juga harus besar, seperti 20uF atau 30uF.

Fungsi Kapasitor Pompa Air



fungsi kapasitor pompa air

Walaupun komponen ini berukuran kecil dan sering dianggap sepele, namun nyatanya kapasitor pada pompa air memiliki fungsi penting lho! Tanpa komponen ini mungkin pompa air dirumah Anda tidak akan berfungsi. Berikut ini pembahasan lengkapnya:

1. Kapasitor Pompa Air Sebagai Start


Ini adalah fungsi utama dari kapasitor, baik itu pada pompa air, kipas angin atau kulkas. Kapasitor berfungsi sebagai start atau pendorong awal ketika pompa air pertamakali dinyalakan, dinamo pompa air akan berputar dengan bantuan arus listrik yang sudah tersimpan di kapasitor.

Jadi, jika kapasitor dilepas dan pompa air dinyalakan, maka hanya akan terdengar dengungan saja atau dalam artian pompa air tersebut tidak berputar. Jadi, jika pompa air dirumah Anda rusak tidak berputar dan hanya berdengung saja, kemungkinan besar kapasitornya bermasalah.

2. Kapasitor Pompa Air Sebagai Running


Selain itu, ada beberapa pompa air yang dilengkapi dengan 2 kapasitor, yang pertama adalah berfungsi sebagai start (memiliki nilai lebih besar) sedangkan yang kedua adalah kapasitor running (memiliki nilai yang lebih kecil).

Pada umumnya, running kapasitor pada pompa air berfungsi untuk membedakan fase antara lilitan bantu dan lilitan utama dan juga berfungsi untuk menentukan arah putaran dinamo yang tergantung pada penempatan kapasitor tersebut.

Pemasangan kapasitor running juga tidak boleh sembarang dan ukurannya pun harus sesuai dengan nilai dinamo pompa air, jika terlalu besar akan mengakibatkan dinamo mendengung, cepat panas dan terbakar.


Berapa Ukuran Kapasitor Pompa Air?


Ada banyak ukuran kapasitor pompa air, mulai dari yang paling kecil sampai paling besar. Semakin kuat daya dorong pompa air maka akan semakin besar ukuran kapasitor yang diperlukan.

Pada pompa air biasa seperti Shimizu, hanya diperlukan kapasitor dengan ukuran mulai dari 6uF, 8uF dan 15uF. Sedangkan pada pompa air dengan daya dorong yang kuat, seperti Jet Pump biasanya dilengkapi dengan kapasitor berukuran lebih besar, mulai dari 20uF sampai 30uF.

Jadi, kapasitor pompa air memiliki ukuran yang berbeda-beda, yaitu sebagai berikut:

  • 6uF
  • 8uF
  • 15uF
  • 16uF
  • 20uF
  • 30uF

Berapa Harga Kapasitor Pompa Air?


Perlu Anda ketahui, harga kapasitor untuk pompa air juga bervariasi dan tergantung berapa besar ukurannya. Jadi, semakin besar ukuran kapasitor maka akan semakin tinggi pula harganya.

Anda dapat membeli komponen ini di toko elektronik offline ataupun online, seperti Tokopedia, Bukalapak dan Lazada. Umumnya, kapasitor pompa air dijual dengan harga mulai dari Rp. 16.000 - Rp. 165.000.

Ukuran Kapasitor Harga Kapasitor Marketplace
6uF/450v Kisaran Rp 16.000 Tokopedia
8uF/450v (York) Kisaran Rp 29.000 Lazada
15uF/400v-450v Kisaran Rp 33.000 Tokopedia
20uF/450v (Shimizu) Kisaran Rp 77.300 Bukalapak
30uF/300v-450v (Shimizu)  Kisaran Rp 165.000 Tokopedia

Baca juga: Fungsi Tabung Pompa Air (Pressure Tank)

Nah, demikian artikel singkat yang dapat kami bagikan mengenai fungsi kapasitor pompa air dan ukurannya. Kesimpulannya, hampir semua pompa air dilengkapi kapasitor dengan ukuran yang berbeda-beda, tergantung nilai dinamo pompa air tersebut. Semoga bermanfaat.
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.