Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mengatasi Pompa Air Berisik Beserta Penyebabnya

Mesin pompa air yang berisik tidak boleh dibiarkan terlalu lama, apalagi jika Anda menempatkan pompa tersebut didalam rumah atau di halaman belakang. Suara berisik dan getaran kuat setiap kali pompa dinyalakan tentunya akan mengganggu Anda ketika sedang santai atau beristirahat.

Suara berisik itu menandakan bahwa ada yang salah pada pompa air dirumah Anda, jika terus dibiarkan kemungkinan besar suara akan semakin kencang atau bahkan pompa air tidak akan berfungsi lagi.

Pada artikel ini, kami akan memberikan beberapa cara jitu untuk mengatasi pompa air yang berisik. Pembahasan yang akan dibahas pada artikel ini diantaranya adalah:
  • Penyebab pompa air berisik.
  • Cara mengatasi suara berisik pompa air.

Penyebab dan Cara Mengatasi Pompa Air Berisik



Dibawah ini ada beberapa penyebab dan tips yang bisa Anda coba sebagai upaya untuk mengurangi bahkan menghilangkan suara berisik pada pompa air.
 

1. Bearing atau Laher Rusak


pompa air berisik

Jika pompa air berisik tidak seperti biasanya, bisa jadi suara berisik itu disebabkan karena ada masalah pada bagian bearing. Biasanya komponen ini sudah berkarat karena terlalu sering terkena air.

Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mengganti bearing, dengan tujuan untuk menghilangkan suara berisik dan mencegah kerusakan yang lebih parah lagi. Namun tidak ada salahnya untuk mengoleskan oli atau minyak terlebih dahulu sebelum menggantinya.

Setiap bearing pada pompa air umumnya digunakan dalam waktu cukup lama, itulah alasannya kenapa komponen ini harus rutin diganti. Pastikan Anda membeli bearing sesuai dengan merk pompa air yang digunakan, karena bentuk dan ukuran bearing pompa air tidak selalu sama.

Untuk lebih mamastikan lagi apakah bearing masih layak digunakan atau tidak adalah dengan cara memutar rotor manual menggunakan tangan, jika ternyata ketika rotor diputar terdengar suara yang berisik, kemungkinan besar bearing tersebut memang sudah rusak.
 

2. Impeller Bermasalah

 
pompa air berisik

BACA JUGA: Fungsi Kapasitor Pompa Air Lengkap dengan Ukurannya

Impeller aus adalah masalah yang paling sering ditemukan pada pompa air rumahan. Kebanyakan kerusakan pada impeller disebabkan karena ada debu, pasir atau daun yang masuk kedalam pompa air dan akhirnya menyebabkan suara pompa air berisik setiap kali pompa dinyalakan.

Jadi, Anda bisa mencoba membongkar pompa terlebih dahulu dan membersihkan semua kotoran, pasir, daun bahkan batu-batu kecil yang masuk kedalam pompa, pastikan tidak ada benda keras lainnya, terutama pada bagian impeller.

Hal ini penting dilakukan karena jika dibiarkan terlalu lama maka pompa tidak akan bisa menghisap air karena daya vakumnya semakin berkurang akibat terlalu banyak kerikil dan material lainnya yang tergerus oleh impeller.
 

3. Ubah Tingkat Kecepatan Pompa


Pada beberapa pompa air modern sudah dilengkapi dengan pengatur kecepatan (speed control) hingga 3 tingkat, sedangkan pompa air keluaran lama hanya ada satu atau dua tingkat saja. Inilah sebabnya kenapa pompa air keluaran lama selalu mengeluarkan suara yang lebih bising.

Kecepatan ini juga sangat berpengaruh dengan suara berisik yang dihasilkan. Sebelum mengganti komponen pompa air, ada baiknya Anda coba untuk mengubah kecepatan pompa terlebih dahulu, baik itu menurunkan atau menaikkannya sampai mengetahui tingkat kecepatan yang tepat.
 

4. Gunakan Kotak Peredam Suara

 
pompa air berdengung

BACA JUGA: Fungsi Tabung Pompa Air (Pressure Tank)

Ada tips yang mungkin sedikit aneh namun terbukti ampuh untuk mengurangi suara pompa air yang berisik. Kotak kedap suaraini bisa dibuat dengan bahan fiberglass atau atau lapisan kayu karena kedua bahan ini bisa menjadi peredam suara yang jauh lebih baik dibandingkan kotak biasa.
 

5. Melakukan Perawatan Pompa Air Secara Rutin


Mesin pompa air seharusnya mampu bertahan hingga bertahun-tahun jika terus dilakukan pemeliharaan secara rutin, baik itu membersihkannya ataupun mengganti komponen penting pada pompa air.

Anda dapat melakukan perawatan khusus seperti mengoleskan pelumas pada laher, memasang pelindung pompa dari genangan air, tidak membiarkan pompa air terus menyala dalam waktu lama tanpa menghisap air.

Perhatikan juga daya hisap pompa air dari waktu kewaktu, jika ternyata daya vakumnya semakin melemah, segera perbaiki atau ganti komponen terkait masalah tersebut.
 

Akhir Kata


Demikian artikel singkat yang bisa kami bagikan kali ini mengenai 5 penyebab dan cara mengatasi pompa air berisik atau berdengung. Beberapa tips diatas bisa dicoba untuk semua merk pompa air, termasuk Shimizu. Semoga bermanfaat.
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.