Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Agar TV Jernih dengan Antena Dalam (Indoor)

Mengatur antena dalam untuk mendapatkan gambar TV yang jernih memang cukup sulit, apalagi jika daerah Anda memiliki jangkauan sinyal yang lemah. Tetapi ada beberapa cara agar TV jernih dengan antena dalam sehingga TV bisa menangkap lebih banyak siaran.

Dalam beberapa hal, menggunakan antena dalam memang lebih praktis dibandingkan harus meletakannya diatap atau tiang. Tetapi kekurangannya adalah antena TV dalam ruangan tidak bisa menerima sinyal secara maksimal, sehingga gambar TV tidak jernih atau bahkan ada beberapa siaran yang tidak bisa terpindai.

Jadi, pada artikel ini kami akan memberikan tips sederhana yang bisa dicoba untuk mendapatkan gambar TV LED, LCD atau tabung yang lebih jernih walaupun Anda menggunakan antena dalam. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Cara Agar TV Jernih dengan Antena Dalam


cara agar tv jernih dengan antena dalam


1. Cek Posisi Menara Pemancar Sinyal Terdekat


Mengapa ini sangat penting? mengetahui lokasi menara pemancar sinyal terdekat bisa membantu Anda untuk menentukan posisi terbaik tentang kemana Anda harus mengarahkan bagian depan antena. 

Antena TV dalam ruangan akan mendapatkan sinyal lebih kuat jika posisinya tepat kearah menara pemancar sinyal terdekat.

Bagaimana cara melakukannya? Anda bisa menemukan arah dan jarak pemancar sinyal (Broadcast Transmitters) terdekat secara manual dengan cara mencari informasi di internet atau menggunakan aplikasi OpenSignal di Playstore (Android). 


Aplikasi ini cukup membantu, karena bisa menunjukan arah yang tepat untuk meletakan antena dalam dengan jangkauan sinyal yang maksimal. 

Aplikasi OpenSignal sebenarnya dikhususkan untuk operator seluler yang dapat menampilkan data lokasi dan jarak secara real-time, jadi pastikan data internet dinyalakan saat mencoba aplikasi ini. 

Tidak ada salahnya Anda mencoba aplikasi ini terlebih dahulu dan mengarahkan antena ke arah pemancar sinyal yang terdeteksi oleh aplikasi Opensignal.

2. Posisikan Antena Lebih Tinggi


Cara lain agar TV jernih dengan antena dalam adalah memposisikan antena lebih tinggi (didekat plafon). Antena dalam yang diletakan lebih tinggi biasanya akan mendapatkan sinyal yang kuat dibandingkan meletakannya diatas meja atau dudukan TV.

Satu satunya masalah yang mungkin Anda temukan saat memasang antena didekat plafon atau langit langit adalah kabel antena yang pendek. Jadi mungkin Anda harus memperpanjang kabel antena sendiri agar bisa diletakan lebih tinggi lagi (didalam ruangan).

3. Letakan Antena Dekat Jendela


Jika tips sebelumnya tidak berhasil membuat siaran TV menjadi jernih, maka cobalah untuk meletakan antena didekat jendela. Semakin sedikit penghalang antara antena dan pemancar sinyal, maka akan semakin baik.

Itulah alasannya kenapa mengarahkan bagian depan antena keluar jendela bisa menjadi pilihan yang bagus agar TV jernih dengan antena dalam, asalkan tidak ada penghalang besar diluar jendela, seperti pohon atau dinding.

4. Jauhkan Antena dari Logam


Benda berbahan logam didekat antena dapat menghalangi sinyal dan menyebabkan gangguan sinyal digital sehingga kualitas gambar TV tidak maksimal. Jadi, jika Anda menempatkan antena didekat benda berbahan logam mungkin tidak akan memberikan hasil yang positif.

5. Pindai Ulang Siaran TV


Cara lain untuk membuat gambar TV jernih pakai antena dalam adalah rutin memindai ulang siaran TV, terutama ketika posisi antena dipindahkan. Hal ini juga bisa berguna untuk memastikan apakah posisi antena sudah tepat atau belum.

Biasanya jika sudah tepat posisi antenanya, maka TV akan menangkap siaran lokal lebih banyak lagi. Jadi tidak ada salahnya untuk memindai ulang channel TV, misalnya setiap sebulan sekali atau lebih, karena mungkin saja ada siaran TV baru yang belum terdeteksi sebelumnya.

6. Pasang Booster TV


Jika antena dalam Anda kesulitan menerima sinyal, maka disarankan untuk memasang penguat sinyal TV atau dikenal dengan sebutan (Booster TV) yang cukup ampuh untuk meningkatkan sinyal antena.

Sudah banyak merk booster TV dengan harga bervariasi yang bisa Anda temukan ditoko elektronik terdekat atau melalui online store.


Cara menggunakan Booster TV juga sangat mudah, yaitu dengan mencolokan kabel dari antena ke input booster, kemudian colokan kabel antena output dari booster ke tuner TV. Namun sebelum itu, pastikan Anda sudah mencolokan kabel booster TV ke stop kontak.

7.  Coba Jenis Antena Indoor Lain


Jika semua cara diatas tidak berhasil membuat gambar TV jernih dengan antena dalam ruangan, maka kami menyarankan Anda untuk memilih jenis antena indoor sesuai dengan kondisi di daerah Anda. 

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli antena indoor, salah satunya adalah:

Pilih antena indoor sesuai kebutuhan: Kebanyakan antena TV sudah bisa menerima sinyal TV analog, digital bahkan HD selama lokasinya dekat dengan menara pemancar sinyal tersebut.

Jadi jika Anda tinggal didaerah pedesaan yang mungkin jauh dari menara pemancar sinyal manapun, maka Anda harus memilih antena indoor untuk pedesaan juga. Sekarang sudah banyak antena indoor yang dirancang khusus untuk daerah terpencil dan susah sinyal.

8. Beralih ke Antena Outdoor


Antena outdoor tentunya lebih baik dibandingkan indoor, karena jangkauan sinyalnya lebih luas sehingga gambar yang ditampilkan di TV bisa lebih bersih. 

Bahkan sekarang ini sudah ada multi antena atau bisa digunakan untuk outdoor (luar ruangan) dan indoor (dalam ruangan). Menurut Tokopedia, salah satu antena outdoor/indoor terbaik adalah PX DA-5120, Anda bisa membelinya di online store atau toko elektronik terdekat.

Selain itu, mungkin masih ada lagi antena outdoor jangkauan luas dengan harga yang lebih mahal tentunya. Tetapi tetap saja, jangan terlalu berasumsi bahwa rentang jarak jangkauan yang ada diiklan akan 100% akurat. Disarankan untuk melihat rekomendasi dan review antena TV sebelum membelinya.

Anda bisa mencoba semua cara agar TV jernih dengan antena dalam. Jadi, yang paling berpengaruh dengan jernih atau tidaknya gambar yang dihasilkan adalah: posisi antena, benda disekitar antena, jarak ke pemancar sinyal dan jenis antena.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.

Posting Komentar untuk "8 Cara Agar TV Jernih dengan Antena Dalam (Indoor)"


close