Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Antena TV Digital Terbaik untuk Daerah Terpencil (Update 2024)

Antena TV adalah komponen yang paling penting pada televisi. Komponen ini berfungsi untuk menangkap sinyal sehingga bisa menonton siaran TV digital dengan jernih. Karena itu antena TV digital terbaik untuk daerah terpencil susah sinyal sangat dibutuhkan. Terutama pada daerah-daerah pegunungan dan pelosok.

Televisi sudah menjadi salah satu sumber hiburan utama yang Anda miliki. Tidak hanya sebagai hiburan, televisi juga menjadi sumber informasi mengenai dunia luar. Untuk mendukung fungsinya ini, Anda membutuhkan antena TV digital yang bagus apalagi jika Anda tinggal di daerah terpencil yang terbilang susah sinyal.

Antena TV digital yang bagus untuk daerah terpencil susah sinyal bisa menjadi andalan bagi Anda. Tangkapan sinyal bagus akan menghindarkan Anda dari tayangan 'semut' yang mengganggu. Sekarang ini orang-orang banyak yang beralih dari TV analog ke TV digital untuk mendukung penangkapan sinyal yang lebih baik.

Cara Memilih Antena TV Digital Terbaik untuk Daerah Susah Sinyal


Antena TV digital adalah perangkat penting untuk memastikan kualitas siaran televisi yang baik dan tajam. Namun, memilih antena TV digital untuk daerah terpencil yang tepat bisa menjadi tugas yang membingungkan. Berikut adalah panduan lengkap tentang cara memilih antena TV digital yang tepat untuk set top box Anda:

1. Tentukan Jenis Antena TV Digital yang Dibutuhkan


Tentukan jenis antena TV digitalyang dibutuhkan, apakah indoor atau outdoor. Antena indoor cocok untuk digunakan di dalam ruangan atau apartemen, sedangkan antena outdoor cocok untuk digunakan di luar rumah atau di area yang terbuka.

Perhatikan ukuran dan desain antena yang akan digunakan agar cocok dengan kebutuhan dan lingkungan tempat tinggal.

2. Cari Tahu Tentang Lokasi Pemancar TV


Cari tahu lokasi pemancar TV di wilayah Anda dan tentukan jarak antara rumah Anda dengan pemancar TV. Hal ini akan membantu Anda memilih antena TV digital yang sesuai dengan jarak dari pemancar TV. Semakin jauh jarak antara rumah dan pemancar TV, semakin kuat penguatan sinyal yang dibutuhkan oleh antena.

3. Periksa Frekuensi Siaran TV Digital


Periksa frekuensi siaran televisi yang ingin Anda tonton. Antena TV digital berbeda dalam menangkap frekuensi siaran televisi yang berbeda pula. Pastikan antena TV digital yang Anda pilih dapat menangkap frekuensi tersebut.

Ada dua jenis frekuensi siaran TV yaitu VHF dan UHF. Pastikan antena TV digital yang Anda pilih dapat menangkap kedua jenis frekuensi tersebut.

4. Perhatikan Fitur Penguat Sinyal


Beberapa antena TV digital dilengkapi dengan fitur penguat sinyal yang dapat meningkatkan kualitas sinyal televisi yang diterima. Fitur ini sangat berguna jika Anda tinggal di daerah dengan sinyal televisi yang lemah atau jauh dari pemancar TV.

Namun, pastikan fitur penguat sinyal yang ada pada antena TV digital tidak menyebabkan gangguan atau interferensi pada sinyal televisi yang diterima.

5. Pilih Kabel Coaxial yang Berkualitas Tinggi


Pastikan antena TV digital yang Anda pilih dilengkapi dengan kabel coaxial yang berkualitas tinggi. Kabel coaxial yang berkualitas jelek dapat mempengaruhi kualitas sinyal televisi.

Pilihlah kabel coaxial yang tahan lama dan memiliki peredam sinyal yang baik agar memaksimalkan kualitas siaran televisi sehingga set top box Anda mampu menangkap lebih banyak siaran TV digital dengan kualitas sinyal yang stabil.

6. Periksa Rentang Frekuensi Antena TV Digital


Pastikan antena TV digital untuk daerah terpencil yang Anda pilih memiliki rentang frekuensi yang luas untuk menangkap siaran TV yang berbeda. Antena TV digital untuk daerah susah sinyal yang memiliki rentang frekuensi yang luas akan lebih fleksibel dan dapat menangkap siaran televisi yang lebih banyak.

7. Pilih Antena TV Digital dengan Desain yang Sesuai


Pilih antena TV digital dengan desain yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada antena TV digital dengan bentuk yang ramping dan minimalis untuk penggunaan dalam ruangan, serta antena TV digital yang lebih besar untuk penggunaan di luar rumah.

Pastikan desain antena TV digital yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda dan tidak mengganggu estetika rumah Anda apabila Anda memilih menggunakan antena indoor. Tetapi tips ini mungkin tidak terlalu penting jika Anda memilih antena outdoor.

8. Perhatikan Harga Antena TV Digital


Perhatikan harga antena TV digital yang Anda pilih. Antena TV digital dengan harga yang mahal tidak selalu menjamin kualitas yang lebih baik.

Ada banyak antena TV digital dengan harga yang terjangkau dan memiliki kualitas yang baik. Bandingkan harga antena TV digital yang berbeda dan pilih yang sesuai dengan anggaran Anda.

9. Cek Review dan Rating Antena TV Digital Sebelum Membelinya


Sebelum membeli antena TV digital, cek review dan rating antena tersebut dari pengguna lain. Review dan rating yang positif menunjukkan antena TV digital yang dipilih memiliki kualitas yang baik dan dapat diandalkan.

Perhatikan juga rating dari lembaga sertifikasi terkait kualitas dan keamanan antena TV digital yang ingin Anda beli. Pastikan merk antena tersebut memang sudah dipercaya dan memiliki banyak pengguna, sehingga minim resiko dari kualitas antena yang jelek.

10. Periksa Garansi Antena TV Digital


Pastikan antena TV digital yang Anda pilih dilengkapi dengan garansi yang memadai. Garansi yang baik dapat memberikan perlindungan bagi konsumen jika terjadi kerusakan atau masalah pada antena TV digital yang dibeli. Pastikan juga memahami syarat dan ketentuan garansi dari produsen antena TV digital yang dipilih.

Dalam memilih antena TV digital yang tepat, pastikan Anda mempertimbangkan beberapa faktor seperti jenis antena, lokasi pemancar TV, frekuensi siaran TV, fitur penguat sinyal, kabel coaxial yang berkualitas tinggi, rentang frekuensi antena TV digital, desain yang sesuai, harga antena TV digital, review dan rating, serta garansi antena TV digital.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, Anda dapat memilih antena TV digital terbaik untuk daerah terpencil sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

7 Rekomendasi Antena TV Digital Terbaik untuk Daerah Terpencil Susah Sinyal


7

Antena PX HDA-5000

Indoor / Outdoor Analog dan Digital

Mulai dari Rp 199.000


antena tv indoor untuk daerah susah sinyal
Lihat Harga Produk ini
6

Antena TV PF HDX 82

Outdoor Analog dan Digital


antena tv terbaik untuk daerah susah sinyal
5

Antena TV PF HDU 25

Outdoor Analog dan Digital

Mulai dari Rp 169.900


antena tv untuk daerah lembah susah sinyal
Lihat Harga Produk ini
4

Antena Digital PF HD 14

Indoor Analog dan Digital

Mulai dari Rp 37.000

antena tv terbaik untuk daerah pelosok
Lihat Harga Produk ini
3

Antena Intra INT-555DGT

Outdoor Analog dan Digital

antena tv untuk daerah pegunungan
2

Antena Toyosaki AIO 200

Indoor / Outdoor Analog dan Digital

Mulai dari Rp 113.000

Antena untuk daerah susah sinyal
Lihat Harga Produk ini
1

Antena TV Digital PF HDU 19

Outdoor Analog dan Digital

Mulai dari Rp 139.000

antena tv untuk daerah susah sinyal
Lihat Harga Produk ini

Kelebihan Menggunakan Antena TV Digital Dibanding Analog


Menggunakan antena TV digital di set top box atau televisi akan memberikan beberapa keuntungan seperti gambar dan suara yang dihasilkan akan lebih jernih serta stabil dibandingkan antena analog.

Hal ini karena memang antena TV digital didesain khusus untuk mendapatkan penerimaan sinyal digital terbaik secara maksimal. Sehingga kemungkinan besar Anda juga akan mendapatkan lebih banyak siaran TV digital walaupun tinggal didaerah terpencil yang tergolong susah sinyal.

Itulah rekomendasi merk antena TV digital terbaik untuk daerah terpencil susah sinyal. Jika Anda tinggal di daerah terpencil yang susah sinyal salah satu antena TV Digital di atas bisa menjadi pilihan yang bagus untuk Anda.

Lihat juga:
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.