Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Memilih Booster TV yang Bagus dan Berkualitas

Cara Memilih Booster TV - Terkadang televisi membutuhkan booster antena untuk mendapatkan jangkauan sinyal yang lebih luas. Alat ini bisa meningkatkan jangkauan sinyal antena TV sehingga gambar yang ditampilkan jadi jernih dan siaran yang ditangkap bisa lebih banyak lagi.

Namun sebelum membeli atau memasang booster TV, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan agar Anda bisa memilih Booster TV dengan kualitas terbaik dan mampu memberikan gambar yang lebih bagus dan penerimaan sinyal yang maksimal.

Cara Memilih Booster TV yang Bagus




Booster antena TV ini bisa dengan mudah Anda dapatkan dimana saja. Baik itu di toko elektronik yang ada di daerahmu atau bisa juga membeli melalui marketplace apabila Anda tidak ingin repot-repot keluar rumah.

Nah dibawah ini ada beberapa tips untuk memilih Booster TV yang bagus sebelum Anda membelinya:

1. Pilih yang Bodinya Kokoh


Tips pertama, pastikan bodi booster televisi yang Anda pilih itu benar-benar bagus dan kokoh. Dalam artian benar-benar kokoh dan tidak mudah rusak meski diterjang angin.

Alangkah lebih bagus, kalau Anda memilih booster yang terbuat dari material metal. Hal dikarenakan material jenis ini lebih kokoh dan awet. Selain itu juga tahan air, anti petir, serta anti karat.

2. Harga Terjangkau


Supaya lebih hemat, Anda bisa membeli booster TV dengan harga yang terjangkau. Tapi, jangan juga yang terlalu murah karena biasanya kualitasnya juga murahan.

Harga booster TV yang bagus namun masih tergolong terjangkau berkisar 200 hingga 300 ribuan.

3. Pilih Booster TV Eksternal


Booster TV eksternal biasanya dijual dengan harga yang lebih mahal dibandingkan Booster TV indoor. Tetapi, memang biasanya Booster eksternal ini sudah dilengkapi dengan kotak tahan panas berbahan karet.

Yang berfungsi untuk melindungi Booster TV dari cuaca panas, kelembaban atau sejenisnya sehingga Booster antena TV tidak mudah rusak dan bisa digunakan untuk jangka waktu yang cukup lama. Karena booster eksternal ini diletakan diluar ruangan dekat dengan antena TV.

4. Dilengkapi Filter Smartphone


Ada beberapa Booster TV yang belum dilengkapi dengan filter smartphone, sehingga ketika Anda meletakan ponsel didekat Booster TV maka akan mengganggu frekuensi antena sehingga kualitas gambar yang tampil ditelevisi juga ikut terganggu.

Hal ini dikarenakan adanya interferensi dari sinyal smartphone, baik itu 3G, 4G ataupun LTE. Nah untuk membantu mengatasi masalah ini, kami sarankan Anda untuk memilih Booster TV modern yang sudah dilengkapi dengan filter smartphone untuk mengurangi interferensi dari ponsel.

Jadi sebelum membeli booster TV yang bagus, Anda harus memastikan apakah booster tersebut sudah dilengkapi dengan filter smartphone atau tidak. Tetapi memang masih jarang yang jual Booster modern seperti ini di indonesia.

5. Power Supply Berkualitas


Apabila Anda membeli booster, wajib memilih booster TV yang power supply-nya berkualitas. Sebab, power Supply ini sangat menentukan jauh tidaknya tangkapan sinyal televisi Anda.

Jika memang power supply-nya bagus, sudah pasti dapat menangkap sinyal meskipun lokasi Anda jauh dari pemancar sinyal.

6. Bisa Digunakan Pada Lebih dari Satu Jenis Antena


Booster TV yang bagus sudah pasti bisa diterapkan pada berbagai jenis antena. Baik itu antena UHF maupun VHF.

Booster jika bisa dipakai di lebih dari satu jenis antena, tentu saja lebih mudah dalam penggunaannya. Ketika Anda harus mengganti antena suatu saat nanti, Anda tidak perlu lagi mengganti boosternya.

7. Pengontrol Frekuensi


Cara memilih booster TV selanjutnya adalah pilih yang memiliki fitur pengontrol frekuensi. Adanya fitur yang satu ini membuat saluran televisi Anda semakin kaya sehingga lebih banyak channel yang bisa ditonton.

Jadi, tidak hanya channel-channel TV Indonesia saja, tetapi channel TV luar negeri juga bisa Anda tonton. Pengalaman menonton TV pun menjadi lebih menyenangkan.

8. Dilengkapi dengan Sistem Heat Sinking


Dengan adanya sistem heat sinking membuat suhu booster tetap terjaga, artinya tidak terlalu panas meskipun digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Suhu yang stabil membuat booster menjadi lebih awet dan tidak mudah rusak.

Itulah dia beberapa tips dan cara memilih booster TV yang bagus untuk dijadikan pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli booster antena TV. Awas, jangan sampai salah pilih ya biar pengalaman menontonmu jadi lebih baik lagi. 

Lihat juga:

Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.