Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghubungkan Speaker Bluetooth ke TV Paling Mudah

Apakah Anda baru pertama kali akan menggunakannya dan bingung cara menghubungkan speaker Bluetooth ke TV? Jangan khawatir karena kami sudah menyiapkan solusi terbaiknya untuk Anda dimana dapat dijadikan sebagai bahan referensi.

Seperti sudah diketahui bahwa kehadiran dari jenis speaker Bluetooth inilah ternyata semakin banyak dipilih oleh masyarakat. terutama bagi mereka yang ingin menghasilkan suara jauh lebih deep sekaligus menggelegar nantinya.

Dibandingkan dengan jenis speaker lainnya, maka speaker Bluetooth inilah mempunyai sejumlah kelebihan terutama terletak pada suara yang dihasilkan. Selain dihubungkan pada perangkat audio, jenis speaker inipun juga sering dihubungkan ke dalam perangkat TV yang sudah dilengkapi fitur bluetooth.
 

Cara Menghubungkan Speaker Bluetooth ke TV Android


cara menghubungkan speaker bluetooth ke tv

Sebenarnya setiap merk speaker Bluetooth sendiri sudah menyediakan buku petunjuk bagaimana penggunaannya termasuk juga ketika akan dihubungkan ke TV. Saat ini, TV memang tidak digunakan buat menikmati siaran lokal saja, tetapi juga dapat digunakan untuk menonton film ataupun karaoke.

Bahkan tidak jarang dari pengguna akan menambahkan Bluetooth speaker demi meningkatkan pengalaman menonton tv jauh lebih menarik. Mengingat nantinya suara yang dihasilkan jauh lebih jernih, baik sekaligus kencang.

Sebenarnya untuk menghubungkan speaker Bluetooth ke TV ternyata tergantung dengan model ataupun merk tv yang digunakan. Apabila Anda ingin menggunakan jenis speaker ini, maka pastikan bahwa TV di rumah sudah smart tv yakni telah terdapat fitur Bluetooth di perangkat.

CATATAN: Cara ini hanya diperuntukan untuk televisi yang sudah dilengkapi dengan bluetooth. Contohnya adalah Android TV Samsung, LG atau merk lain.

Nah berikut ini panduan untuk menghubungkan speaker Bluetooth pada perangkat TV Anda:

1. Silahkan Nyalakan TV Dahulu


Untuk menghubungkan speaker bluetooth ke TV, langkah pertama adalah Anda dapat menyalakan TV terlebih dahulu dengan cara menghubungkannya pada sumber listrik dan tekan power.

BACA JUGA: Cara Menyambungkan HP ke TV LG

2. Aktifkan Bluetooth pada TV Dahulu


Setelah itu, Anda dapat segera mencari menu settings Bluetooth pada perangkat TV. Biasanya pilihan tersebut berada dibawah ikon pengaturan dengan adanya logo gear. Apabila Bluetooth pada TV masih belum aktif, maka silahkan geser tombol ke arah kanan dahulu hingga on.

Ketika membuka menu inilah, maka Anda dapat melihat perangkat yang tersambung dengan TV ataupun pengaturan lainnya. Silahkan biarkan dahulu tv menampilkan menu settings Bluetooth ini.

3. Aktifkan Bluetooth Speaker


Sekarang, Anda dapat beralih ke bagian speaker Bluetooth, dimana dapat dinyalakan terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk mulai menghubungkannya dengan perangkat TV. Tekan tombol Bluetooth pada speaker dan tahan hingga lampunya sudah aktif.

4. Tunggu Hingga TV dan Speaker Terhubung


Anda dapat lihat pada menu settings Bluetooth yang terdapat di TV dan lihat apakah terdapat Bluetooth speaker terdeteksi ataukah tidak. Silahkan hubungkan speaker dengan tv sesuai dengan petunjuk yang ada.

BACA JUGA: Cara Menyambungkan HP ke TV Polytron

Kelebihan Menggunakan Speaker Bluetooth untuk TV


Tidak dapat dipungkiri bahwa keberadaan dari jenis speaker inilah semakin banyak diminati oleh masyarakat. Hal tersebut tidak lepas dari sejumlah kelebihan yang ditawarkan oleh jenis speaker satu ini.

Dimana kelebihan pertama adalah Anda tidak perlu ribet dengan urusan perkabelan. Dengan adanya koneksi wireless inilah, speaker juga lebih mudah buat dibawa kemana-mana, terutama kalau Anda suka dengan kegiatan traveling.

Kelebihan kedua adalah berkaitan dengan kualitas suaranya dimana tidak perlu diragukan lagi. Bahkan mampu menghasilkan suara jernih dengan dentuman yang dijamin berikan kepuasan tersendiri bagi pengguna. Selain itu, daya tahan baterainya juga cukup kuat dan bahkan dapat bertahan hingga 10 jam.

BACA JUGA: Alat Penyambung HP ke TV Terbaik

Jika Anda ingin mendengarkan TV lebih puas, maka penggunaan dari speaker Bluetooth adalah pilihan paling tepat. Dan pastikan memahami dahulu cara menghubungkan speaker Bluetooth ke TV dengan baik dahulu.
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.