Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Setting Remote AC Daikin Biar Dingin dan Sejuk

Cara Setting Remote AC Daikin Biar Dingin. Sudah banyak merk AC dengan kemampuan pendinginan yang berbeda-beda. Daikin termasuk salah satu merk AC populer yang memiliki cukup banyak pengguna. Tetapi, seringkali masih ada beberapa orang yang belum tahu bagaimana cara mengatur AC Daikin agar lebih dingin dan sejuk.

Pengaturan remote AC yang benar memang sangat mempengaruhi kinerja dan tingkat pendinginan pada AC itu sendiri, walaupun setiap AC memiliki suhu maksimalnya masing-masing. Pada remote AC Daikin, ada banyak opsi yang bisa Anda temukan, termasuk mode AC, ON/OFF, timer dan tombol temperatur.

Nah setiap opsi tersebut memiliki fungsi masing-masing dan bisa digunakan untuk memaksimalkan AC Daikin biar dingin. Pada artikel kali ini, kami akan memandu Anda untuk cara setting remote AC Daikin biar dingin maksimal dengan benar dan mudah. Berikut ini tutorial lengkapnya:

4 Cara Setting Remote AC Daikin Biar Dingin Maksimal



cara setting remote ac daikin

1. Atur Tingkat Kecepatan Kipas (Fan Speed)


Tips pertama yang perlu Anda coba adalah dengan menyesuaikan tingkat kecepatan fan AC Daikin. Pada remote AC Daikin biasanya terdapat tiga opsi untuk pengaturan kipas, yaitu kecepatan rendah - sedang - tinggi.

Kecepatan kipas AC yang paling tinggi sangat efektif untuk meningkatkan udara dingin pada AC Daikin selama cuaca diluar cukup panas. Namun ketika musim hujan, Anda bisa mengubah kembali pengaturan kecepatan kipas AC menjadi "sedang" atau "rendah".

Fungsi kipas pada AC Daikin sendiri adalah untuk menyebarkan udara dingin dari AC secara perlahan namun tetap stabil sampai akhirnya ruangan dirumah Anda menjadi terasa lebih sejuk, ini juga merupakan komponen penting pada AC.

2. Sesuaikan Arah Swing AC


Daun swing atau sayap juga berpengaruh dengan suhu dingin yang dihasilkan, ini merupakan mode yang ada pada remote AC Daikin. Jadi, tidak ada salahnya mencoba setting mode Swing pada remote AC Daikin dan atur arah swing ke tengah ruangan agar suhu dingin lebih terasa.

Sebaliknya, jika swing AC diarahkan ke belakang, sofa atau gorden maka suhu dingin yang dihasilkan akan terbuang sia-sia. Alasannya sederhana, yaitu karena swing AC berfungsi untuk mengarahkan udara dingin dari AC ke dalam ruangan, jadi arahnya juga harus diperhatikan ya!

3. Aktifkan Mode Cool


Selain mode fan dan swing, Anda juga harus mengaktifkan mode cool yang sudah terbukti ampuh untuk meningkatkan pendinginan pada AC Daikin. Anda bisa menemukan opsi "Mode Cool" pada remote AC Daikin.

Ketika mode ini diaktifkan, maka kompresor akan menyala dan mengeluarkan udara dingin kedalam ruangan. Ketika sensor pada AC mendeteksi bahwa suhu yang ditetapkan sudah tercapai, maka secara otomatis kompresor AC akan mati dan hanya kipas saja yang menyala.

Walaupun bisa dibilang ampuh untuk setting AC Daikin biar dingin dan sejuk, ternyata mode cool memiliki kekurangan lho! Yaitu dapat meningkatkan tagihan listrik bulanan Anda, karena kompresor membutuhkan energi listrik yang lebih besar agar mode cool bisa menyala dengan semestinya.

4. Bersihkan Filter AC


Selain memanfaatkan fitur yang tersedia pada remote AC Daikin, Anda juga perlu memeriksa filter AC secara rutin, karena jika filter ini kotor dan berdebu, maka AC tidak akan bisa bekerja dengan sempurna sehingga AC Daikin tidak dingin maksimal. Itu berarti Anda akan tetap menghabiskan jumlah uang yang sama untuk AC yang kurang maksimal.

Ketika filter AC sudah tersumbat kotoran, kemungkinan besar AC Daikin Anda akan menghasilkan suhu dingin yang kurang maksimal dan udara didalam ruangan tetap terasa panas padahal AC sudah menyala.

Pada merk AC tertentu juga ada yang sudah dilengkapi dengan sensor dan lampu indikator yang akan menyala untuk memberi tanda bahwa saatnya untuk membersihkan filter AC. Namun sayangnya, fitur ini belum tersedia pada AC Daikin.

Tetapi kami sarankan untuk membersihkan filter AC secara rutin agar mampu menghasilkan udara yang lebih dingin dan juga memperpanjang umur AC, karena selain untuk memaksimalkan pendinginan, pembersihkan filter AC juga bisa mencegah debu dan kotoran masuk kedalam kipas atau kompresor.

Kenapa AC Daikin Tidak Dingin?


Jika Anda sudah mengikuti semua tips diatas namun AC tetap tidak dingin, bisa jadi disebabkan karena ada kerusakan pada komponen tertentu, khususunya yang berfungsi untuk pendinginan. Baik itu kipas yang bermasalah, kompresor yang mati atau komponen lainnya.

Pastikan juga ruangan AC tidak terlalu terbuka, karena udara dingin akan terbuang sia-sia jika terlalu banyak ventilasi pada ruangan AC. Jadi, untuk memaksimalkan pendinginan juga bisa dilakukan dengan cara menutup ruangan sampai udara dingin benar-benar terasa.

Demikian artikel singkat yang bisa kami bagikan mengenai tutorial cara setting remote AC Daikin biar dingin. Kesimpulannya, Anda bisa memanfaatkan beberapa opsi yang ada pada remote AC Daikin untuk setting AC Daikin agar sejuk dan dingin maksimal. Semoga bermanfaat.

Lihat juga:
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.

Posting Komentar untuk "Cara Setting Remote AC Daikin Biar Dingin dan Sejuk"


close