Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Frekuensi Nex Parabola Ku Band Terkuat 2022

Frekuensi Nex Parabola Ku Band merupakan salah satu layanan TV berbayar yang bisa dikatakan sebagai pendatang. Provider TV milik Emtek Group ini menggunakan parabola sebagai satelit pengantar sinyal untuk menyajikan konten-konten TV yang informatif, baik lokal, nasional, hingga internasional.

Meskipun terbilang baru, Nex Parabola memiliki perkembangan yang cukup baik, dan cenderung meningkat. Mengingat channel ini sudah bisa disebut-sebut bersaing dengan K Vision yang mana lebih dahulu berdiri.

Frekuensi Nex Parabola Ku Band Terbaru 2022



frekuensi nex parabola ku band

Nex Parabola menggunakan Frekuensi Ku Band pada satelit SES 9 bagi para pengguna dengan koordinat 108.2 E (bujur timur), yang menggunakan perangkat parabola mini.

Kualitas sinyal frekuensi Nex Parabola Ku Band ini memiliki kualitas sinyal yang baik dan memudahkan dalam mendapatkan tracking sinyal. Pada satelit SES 9, Nex Parabola mempunyai 3 unit transponder yang memiliki frekuensi berbeda satu sama lain.

1. Transponder Nex Parabola Ku Band 11921 V 45000


Frekuensi paling kuat pada Nex Parabola Ku Band adalah sekitar 11921 V 45000. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan frekuensi ini sebagai patokan ketika sedang menentukan pointing arah antena nex parabola. Adapun frekuensi transpondernya adalah 11921 MHz dengan polaritas vertikal dan simbol rate 45000 kSps/kHz.

Nex Parabola menghadirkan kualitas tontonan dengan format video MPEG 4 ataupun SD, dengan akses berbayar atau FTV. Daftar channel pada frekuensi ini umumnya adalah stasiun TV Nasional Indonesia dan juga inhouse dari SCM.

Channel yang terdapat dalam frekuensi ini di antaranya adalah: SCTV HD, Indosiar HD, TVRI, RCTI, MNC TV, GTV, TVOne, NET, O Shop, Rajawali TV, Metro TV, Trans TV, Trans 7, ANTV, Kompas TV, iNews.

Champions (TV 1 HD, TV 2 HD, TV 3, TV 4), Citra (Culinary & Travel, Drama, Drama Plus, Entertainment, Dangdut, Muslim, Bioskop), Zee Bioskop, ZooMoo Asia, Zing Asia, Bali United TV, Horee!, dan Hip Hip Horee!

2.  Transponder Nex Parabola Ku Band 11861 V 45000


Frekuensi Nex Parabola Ku Band 11861 V 45000 memiliki frekuensi transponder 11861 MHz, dengan polaritas vertikal dan simbol rate-nya 45000 kSps/kHz. Ada deretan channel premium yang bisa dibeli oleh pelanggan.

Beberapa channel yang ditawarkan di antaranya adalah: MM Channel, Mentari TV, Mola TV 1, Mola TV 2, Rock Extreme, BBC Earth Asia5, Animax Asia, HGTV Asia, Persib TV, Skor TV, BBC Lifestyle Asia, GEM, FTV, BBC World News Asia Pacific, TLC Southeast Asia.

M Channel, GMS, Asian Food Network, Da Ai TV Indonesia, Nick Jr ASIA, Nex Info, Nex Info 2, Nickelodeon South East Asia, Discovery Channel Southeast Asia, Animal Planet Southeast Asia, MTV South East Asia, One.

O Channel, O Channel HD Plus, JTV, Qurn TV, AXN East Asia, Thrill, Pet TV, DreamWorks TV Asia, GPR TV, Rock Entertainment, TV Pintar, Celestial Classic Movies, TV Edukasi, TV Mu, Ajwa TV.

3. Frekuensi Nex Parabola 11861 H 45000


Frekuensi selanjutnya adalah Nex Parabola Ku Band 11861 H 45000. Adapun frekuensi transpondernya berada pada 11861 MHz, serta polaritas horisontal dan simbol rate 45000 kSps/kHz. Format video MPEG 4 ataupun SD.

Channel yang terdapat pada frekuensi ini sebagian besar adalah channel Islami, di antaranya adalah: TV Edukasi, Bin Baz TV, C Music, Aula Media TV, UFA 24, Insan TV, Muadz TV, Ashiil TV, Izzah TV, Surau TV, Hijrah TV, Ahsan TV, Sunna TV.

Sunnah Jalan Pasti TV, Al-Iman TV, Salam TV, Niaga TV, Media Sunnah Aceh, DM TV Malang, Rodja TV, MGI TV, ATV, DRW TV, Quran TV, Jogja Istimewa TV.

Bagaimana Cara Mencari Frekuensi Nex Parabola Ku Band?


Cara memasang frekuensi Nex Parabola Ku Band ini cukup mudah dan tidak begitu rumit. Sebelumnya, Anda bisa membeli satu set perangkat nex parabola pada toko yang Anda percayai. Harga dari Nex Parabola Ku Band ini juga relatif murah.

Bagaimana memasang frekuensi Nex Parabola Ku Band? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Memasang Antena Nex Parabola


Pertama, Anda perlu memasang antena setelah melakukan perakitan. Tidak perlu khawatir untuk tingkat kerumitan dan kesulitannya karena akan ada manual guide yang bisa jadi petunjuk dalam memasang antena Nex Parabola Ku Band.

Anda perlu memasang LNB parabolanya dengan mengarahkan konektor LNB parabola pada bagian bawah atau pada bagian samping kanan – kiri. Jangan lupa untuk memasang kabel antenanya supaya tersambung dengan TV Anda.

Siapkan tiang parabola dan tempatkan pada area yang terbuka dan tidak terhalang pohon atau bangunan. Pastikan juga Anda memasang tiang parabola tersebut dalam posisi tegak lurus secara vertikal. Tujuannya adalah untuk memudahkan Anda ketika hendak mencari Frekuensi Nex Parabola Ku Band nantinya.

Ketika tiangnya sudah terpasang dengan baik dan tegak, maka Anda lanjutkan dengan memasang komponen disk parabola. Namun, Anda bisa memasangnya secara longgar saja bagian bautnya. Hal ini perlu Anda sesuaikan dengan arah pointing disk yang sesuai nantinya.

2. Setting Receiver Nex Parabola


Menu setting adalah langkah selanjutnya yang perlu Anda perhatikan. Atur setting dari frekuensi transponder dan antena Nex parabola.

Anda perlu menambahkan dulu satelit SES 9 pada daftar satelit receiver Nex Parabola jika belum ada pengaturannya. Anda bisa melihat bagian data parameter satelit pada daftar frekuensi yaitu 11921 V 45000 atau 11861 H 45000.

Anda juga bisa mengaturnya ke frekuensi antena universal, yaitu 9750 – 10600. Tetapi dianjurkan menggunakan frekuensi yang pertama untuk pengaturan awal Nex Parabola. Selanjutnya, pada bagian frekuensi, pilih frekuensi Nex Parabola Ku Band.

Jangan lupa untuk menyimpan pengaturan jika sudah benar. Selanjutnya, Anda perlu menyambungkan kabel antena pada bagian konektor LNB receiver. Tanda setting sudah diatur dengan benar adalah indikator intensitas sinyal yang akan muncul. Jika belum, Anda bisa mengulangi langkah pengaturan Nex Parabola kembali.

3. Mengatur Pointing Arah Nex Parabola


Ketika receiver sudah diatur dengan benar, maka Anda selanjutnya bisa mulai mengatur pointing arah antena. Tujuannya adalah untuk mendapatkan sinyal frekuensi nex parabola yang tepat dan tampilan pada layar TV jelas.

Anda perlu mengarahkan bagian disk parabola mini untuk menghadap ke bagian atas, seperti ketika payung terbalik. Coba gerakkan disk parabola ke kanan dan kiri untuk mengetahui perbedaan posisinya. Ketika Anda menggerakkan disk parabola, Anda juga perlu melihat indikator sinyal pada layar TV.

Anda bisa menghentikan pergerakan disk tersebut ketika Anda sudah mendapatkan frekuensi nex parabola ku band yang tepat. Anda hanya perlu menggerakkan perlahan-lahan disk hingga didapat kualitas sinyal yang maksimal.

Setelah kualitas sinyal dianggap sudah yang paling baik, kemudian Anda bisa mengencangkan semua baut pada bagian disk parabola dengan kuat. Mulai scan satelit SES 9 untuk mendapatkan tayangan Nex Parabola pada monitor TV Anda.

Lihat juga:
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.

Posting Komentar untuk "Frekuensi Nex Parabola Ku Band Terkuat 2022"


close